UPAYA MENINGKATKAN PENDIDIKAN RAMAH ANAK BERBASIS LITERASI DIGITAL

Authors

  • Awaludin Awaludin Institut Agama Islam Bogor (IAIB) ,

Keywords:

Pendidikan Ramah Anak, Berbasis Literasi Digital

Abstract

Pengabdian ini dilatarbelakangi penggunaan internet yang terus menerus meningkat memiliki dampak positif maupun negatif seperti internet yang memberikan informasi tanpa melalui edit dan saringan atau user-generated content. Berita dan informasi buruk dari internet yang didapat pelajar dapat memancing mereka melakukan aksi bullying maupun hoax di media sosial. Kegagapan dan ketidakmampuan pelajar bermedia sosial maupun dalam memanfaatkan dunia digital akan berdampak buruk pada sikap dan karakter siswa. Perlu keterampilan untuk menerima, menyaring, dan menggunakan informasi dari internet yang disebut dengan literasi digital. Tujuan pengabdian ini yakni upaya meningkatkan pendidikan ramah anak berbasis literasi digital. Metode pelaksanaan pengabdian yakni dengan 3 (tiga) tahapan yakni tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Berdasarkan pelaksanaan kegiatan pendampingan terlihat bahwa kegiatan pengabdian ini berjalan lancar sehingga peserta mampu menguasai materi sosialisasi dengan hasil peningkatan yang signifikan. Antusiasme mitra selama kegiatan termasuk tinggi dan keinginan mereka untuk meningkatkan kemampuan di setiap materi yang diberikan oleh tim sangat besar. Kegiatan pengabdian melalui sosialisasi dan diskusi ini telah berhasil menjadikan mitra dapat lebih mengembangkan potensinya sebagai Sekolah Ramah Anak. Mitra telah mampu menerima, menyaring, menggunakan alat komunikasi serta informasi digital secara kritis, inovatif, dan ramah anak.

Published

2024-01-30

Issue

Section

Artikel

How to Cite

UPAYA MENINGKATKAN PENDIDIKAN RAMAH ANAK BERBASIS LITERASI DIGITAL. (2024). Jurnal Bakti Tahsinia, 2(1), 76-86. https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/jbt/article/view/710