INOVASI RASA DAN PERBAIKAN PENGEMASAN PADA UMKM RANGGINANG MAK HAJI AAT DI DESA SUMURGEDE RW 03
Keywords:
Inovasi, Rangginang, UMKMAbstract
Rangginang yang diproduksi dibagi menjadi tiga macam rasa, yaitu original, terasi dan gula merah. Lemahnya karakteristik produk yang dimiliki Rangginang ibu hj atikah telah memberi masalah yang cukup serius bagi individu untuk menembus pasar yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan inovasi tentang rangginang dari sisi kemasan produk, harga produk, dan rasa produk rangginang Ibu hj atikah. Metode pelaksanaan pengabdian yakni dengan 3 tahapan yakni tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan terlihat bahwa Ibu hj atikah telah menyetujui dan mampu memenuhi inovasi terkait dengan produknya rangginang. Ibu hj atikah telah memberikan harga yang beda kepada pembeli untuk produk yang sudah matang maupun belum matang (siap untuk digoreng). Sebagaimana hal tersebut juga terjadi di UMKM sejenis. Ibu hj atikah menawarkan tiga macam rasa, yaitu original, terasi dan gula merah. Minimnya pilihan rasa rangginang ibu hj atikah yang ditawarkan kepada konsumen membuat beberapa individu berharap bahwa Ibu hj atikah dapat menambah beberapa varian rasa baru bagi produk rangginangnya dalam rangka meningkatkan minat konsumen untuk membeli rangginang ibu hj atikah. Implikasi manajerial bagi ibu hj atikah adalah menambah variasi rasa, menggunakan bahan lainnya untuk kemasan seperti plastik klip, mengganti warna dan pemberian logo/label produk.
References
Agus. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Arifudin, O. (2019). Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Di PT. GLOBAL (PT.GM). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(2), 184–190.
Arifudin, O. (2020). Pendampingan UMKM Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Dan Hasil Penjualan Opak Makanan Khas Jawa Barat. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 313–322.
Arifudin, O. (2021). Manajemen Strategik Teori Dan Implementasi. Banyumas : Pena Persada.
Arifudin, O. (2022). Implementation Of Internal Quality Assurance System In Order To Improve The Quality Of Polytechnical Research. International Journal of Social Science, Education, Communication and Economics (SINOMICS JOURNAL), 1(3), 297–306.
Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.
Athik Hidayatul Ummah. (2021). Komunikasi Korporat Teori Dan Praktis. Bandung: Widina Media Utama.
Bairizki, A. (2021). Manajemen Perubahan. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Darmawan, I. P. A. (2021). Total Quality Management Dalam Dunia Pendidikan" Model, Teknik Dan Impementasi". Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.
Fasa, I. (2020). Eksistensi Bisnis Islami Di Era Revolusi Industri 4.0. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Fitria, N. (2020). Analisis Faktor-Faktor Terhadap Pengambilan Keputusan Calon Mahasiswa Untuk Memilih Jurusan Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 1(2), 120–127.
Hadiansah, D. (2021). Membaca Perspektif Balanced Scorecard. Bandung: Azka Hafidz Maulana Foundation.
Haris, I. (2023). Pengenalan Teknis Penggunaaan Software Turnitin Dan Mendeley Dekstop Untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa Baru. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 172–178.
Juhadi, J. (2020). Pengaruh Sistem Pengendalian Internal Dan Audit Internal Terhadap Pelaksanaan Good Corporate Governance. Jemasi: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 16(2), 17-32.
Labetubun, M. A. H. (2021). Sistem Ekonomi Indonesia. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Miftahuddin. (2020). Efektivitas Program Promosi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Little Bandung Dalam Meningkatkan Pemasaran Industri Kreatif Kota Bandung (Studi Kasus Little Bandung Store Di Petaling Jaya – Malaysia). Tesis. Bandung: Universitas Komputer Indonesia.
Putri dan Agustina. (2014). Peningkatan Kualitas Produksi Rengginang Ketan Menggunakan Teknologi Pengering Buatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(1), 6–14.
Ridwan dkk. (2020). Pengembangan Usaha Rumah Kerupuk Rengginang Sebagai Peluang Dalam Peningkatan Pendapatan Kaum Wanita Di Kelurahan Biringere Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai. Adz Dzahab, 1(1), 5–12.
Shavab, F. A. (2021). Dasar Manajemen & Kewirausahaan (Sebuah Tinjauan Teori Dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.
Siregar, R. T. (2021). Komunikasi Organisasi. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Sofyan, Y. (2020). Studi Kelayakan Bisnis Telur Asin H-Organik. Jurnal Ecodemica, 4(2), 341–352.
Sudirman, A. (2020). Prilaku konsumen dan perkembangannya di era digital. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Surya, C. M. (2023). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Bermain Finger Painting. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 9–14.
Tanjung, R. (2020). Pengembangan UKM Turubuk Pangsit Makanan Khas Kabupaten Karawang. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 323–332.
Tanjung, R. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menulis Jurnal Ilmiah. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 1(1), 42–52.
Yuniarti dkk. (2020). Rengginang, Produksi Dan Pemasaran. NoerFikri Palembang., 1(1), 15–31.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Gina Kania

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.