PENDAMPINGAN MENYUSUN MODUL PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI IN HOUSE TRAINING
Keywords:
Modul, Penguatan Profil Pelajar Pancasila, IHTAbstract
Sangat penting bagi sebuah instansi terutama lembaga pendidikan untuk mengadakan IHT bagi personel dan tenaga pendidikannya guna meningkatkan kompetensi dan kesiapan dalam menghadapi situasi seperti sekarang. Tujuan pengabdian yakni untuk meningkatkan kemampuan Guru SD Negeri Karangmulya I dalam penyusunan modul proyek penguatan profil pelajar pancasila melalui kegiatan In House Training (IHT). Adapun secara terperinci tujuan pelatihan ini dideskripsikan menjadi 3 yaitu: 1) Peserta mengetahui miskonsepsi penerapan kurikulum merdeka di sekolah; 2) Peserta mengetahui Teknik menyusun modul proyek penguatan profil pelajar pancasila; 3) Peserta mampu menyusun tujuan proyek sebagai acuan proses pembelajaran. Kegiatan pengabdian ini melibatkan kepala sekolah dan guru-guru dari SD Negeri Karangmulya I. Metode pengabdian yang dilakukan yakni dengan melakukan pelatihan, dan pendampingan pada Guru. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan terlihat bahwa peningkatan pengetahuan dan kompetensi guru dalam menyusun modul proyek sederhana. Hal ini terlihat dari hasil penyusunan modul proyek yang menjadi lebih terstruktur dan sistematis terkait penjabaran tujuan proyek.
References
Apiyani, A. (2022). Implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Madrasah Dalam Meningkatkan Keprofesian. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 499–504.
Arifudin, O. (2018). Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Tenaga Kependidikan STIT Rakeyan Santang Karawang. MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(3), 209–218.
Arifudin, O. (2020). Pendampingan Peningkatan Inovasi Produk Makanan Khas Subang Jawa Barat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(6), 1094–1106.
Arifudin, O. (2022). Perkembangan Peserta Didik (Tinjauan Teori-Teori Dan Praktis). Bandung: CV Widina Media Utama.
Diana. (2021). Urgensi In House Training dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di Masa Pandemi Covid. Basicedu., 5(5), 3290–3298.
Faturohman. (2012). Guru Profesional. Bandung : PT. Refika Aditama.
Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.
Hanafiah, H. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru melalui Supervisi Klinis Kepala Sekolah. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4524–4529.
Kasmad. (2015). Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Tematik Terpadu Melalui Kegiatan In House Training Bagi Guru Kelas 1 SD. Jurnal Konseling Gusjigang., 1(2), 12–24.
Musyadad, V. F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ipa Pada Konsep Perubahan Lingkungan Fisik Dan Pengaruhnya Terhadap Daratan. Jurnal Tahsinia, 1(1), 1–13.
Pidarta. (2007). Wawasan Pendidikan. Surabaya: Universitas Unesa.
Sujoko. (2012). Peningkatan Kemampuan Guru Mata Pelajaran melalui In House Training. Jurnal Pendidikan Penabur, 11(18), 27–39.
Sulaeman, D. (2022). Implementasi Media Peraga dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 71–77.
Supriadi. (2013). Komunikasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tanjung, R. (2020). Pengembangan UKM Turubuk Pangsit Makanan Khas Kabupaten Karawang. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 323–332.
Ulfah, U. (2022). Kepemimpinan Pendidikan di Era Disrupsi. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 153–161.
Yulmi. (2021). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Kelengkapan Mengajar Melalui In House Training. Peneliti Guru Indonesia. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 6(1), 136–141.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Chika Gianistika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.