PENDAMPINGAN UMKM PADA PROSES PRODUKSI DAN PEMASARAN KUE BOLEN
Keywords:
Desa, Ekonomi Keluarga, Kue BolenAbstract
Proses pemberdayaan ekonomi masyarakat dilakukan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Rakeyan Santang sebagai perguruan tinggi yang berada di wilayah Jawa Barat untuk ikut berkontribusi dalam menanggulangi dampak yang ditimbulkan oleh Covid 19 khususnya terkait dengan bidang pendidikan dan ekonomi keluarga Tujuan pengabdian yakni pemberdayaan masyarakat merupakan upaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup dan menyelesaikan permasalahan yang dialami masyarakat dan dilakukan berdasarkan kearifan dan potensi lokal serta upaya peningkatan keterampilan melalui pelatihan mengelola sumberdaya alam secara berkelanjutan. Metode pengabdian yang dilakukan yakni dengan melakukan sosialisasi, dan pendampingan pada masyarakat. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan terlihat bahwa semua kegiatan berjalan dengan baik dan lancar. Dosen dan Mahasiswa mampu dan bersungguh-sungguh dalam menghadapi dunia sosial dan mengabdi kepada masyarakat secara nyata, sehingga kedepannya mampu menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari dengan segala ilmu dan pengalaman yang dimilikinya. Dosen dan Mahasiswa juga mampu memberikan sumbangan berupa pikiran, pembaharuan, pembinaan, dan mentransfer ilmu yang diperoleh di bangku kuliah kepada masyarakat.
References
Amir. (2013). Analisis Pertumbuhan Ekonomi, Investasi, dan Inflasi di Indonesia. Jurnal Kajian Ekonomi., 1(2), 15–25.
Arifudin, O. (2019). Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Di PT. Global (PT.GM). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(2), 184–190.
Arifudin, O. (2020). Pengaruh Penjualan Personal Dan Lokasi Terhadap Volume Penjualan (Survey Pada Dealer Kamera Digital Panasonic Di Kota Bandung). Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 15(2), 232–241.
Arifudin, O. (2021). Manajemen Strategik Teori Dan Implementasi. Banyumas : Pena Persada.
Arifudin, O. (2022). Analysis Of Learning Management In Early Childhood Education. Technology Management, 1(1), 16–26.
Damayanti, F. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Pegawai Bank BRI Syariah Kabupaten Subang. Islamic Banking: Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Perbankan Syariah, 6(1), 35–45.
Fasa, I. (2020). Eksistensi Bisnis Islami Di Era Revolusi Industri 4.0. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.
Labetubun, M. A. H. (2021). Sistem Ekonomi Indonesia. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Sari, S. W. dan R. M. (2015). Pendampingan Pengembangan Geblek Pedas Pada Wirausaha Pembuatan Geblek Di Dusun Dusun Balong V, Desa Banjarsari, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 4(3), 206–210.
Silaen, N. R. (2021). Kinerja Karyawan. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Sudirman, A. (2020). Prilaku konsumen dan perkembangannya di era digital. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Tambajong, G. (2013). Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Penjualan Sepeda Motor Yamaha Di PT. Sarana Niaga Megah Kerta Manado. Jurnal EMBA, 1(1), 1291–1301.
Tanjung, R. (2020). Pengembangan UKM Turubuk Pangsit Makanan Khas Kabupaten Karawang. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 323–332.
Tulus. (2012). Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Indonesia: Isu-Isu Penting. Jakarta: LP3ES.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Vina Febiani Musyadad, Rini Novianti Yusuf, Sri Sumarti, Ervan Noviyani, Nurhabibi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.