UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN FINGER PAINTING
Keywords:
Kreativitas, Bermain, Finger PaintingAbstract
Masalah pada mitra pengabdian adalah bahwa anak belum dapat menyebutkan warna, anak belum dapat melipat kertas origami, dan anak belum dapat berkreativitas dengan pencampuran warna. Tujuan pengabdian yakni untuk dapat meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan bermain finger painting di RA Al-Barkah Pulokalapa, yang beralamat di jalan Syech Quro, Dusun Krajan II desa Pulokalapa Kecamatan Lemahabang Kabupaten Karawang. Metode pengabdian yang dilakukan yakni dengan melakukan sosialisasi, dan praktikum pada para siswa. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan terlihat bahwa kegiatan finger painting dapat meningkatkan kreativitas anak yang meliputi aspek yang diamati yaitu: kelancaran, keluwesan, dan keaslian. Hal ini menunjukkan bahwa finger painting dapat meningkatkan kreativitas anak dengan baik. Melalui kegiatan finger painting dapat meningkatkan motivasi dalam menuangkan ide-idenya sehingga kreativitas anak dapat meningkat secara signifikan.
References
Apiyani, A. (2022). Implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Madrasah Dalam Meningkatkan Keprofesian. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 499–504.
Arifudin, O. (2019). Manajemen Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Perguruan Tinggi. MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(1), 161–169.
Arifudin, O. (2020). PKM Pembuatan Kemasan, Peningkatan Produksi Dan Perluasan Pemasaran Keripik Singkongdi Subang Jawa Barat. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, Vol 4(No 1), 21–36.
Arifudin, O. (2021). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.
Arifudin, O. (2022). Analysis Of Learning Management In Early Childhood Education. Technology Management, 1(1), 16–26.
Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.
Hanafiah, H. (2022). Penanggulangan Dampak Learning Loss dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Sekolah Menengah Atas. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1816–1823.
Munandar. (2009). Pengembang Kreativitas Anak Usia Dini. Jakarta: Rineka Cipta.
Rachmawati. (2005). Strategi pengembangan kreativitas pada anak. Jakarta: Kencana.
Sofyan, Y. (2020). Peranan Konseling Dosen Wali Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Di Perguruan Tinggi Swasta Wilayah LLDIKTI IV. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 10(2), 237–242.
Sulaeman, D. (2022). Implementasi Media Peraga dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 71–77.
Supriani, Y. (2022). Peran Manajemen Kepemimpinan dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 332–338.
Tanjung, R. (2020). Pengembangan UKM Turubuk Pangsit Makanan Khas Kabupaten Karawang. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 323–332.
Tanjung, R. (2022). Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29–36.
Ulfah, U. (2022). Kepemimpinan Pendidikan di Era Disrupsi. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 153–161.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Candra Mochamad Surya, Momon, Wardina Soraya Athiroh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.