SOSIALISASI PRAMUKA SEBAGAI UPAYA PENGUATAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Yudi Wahyu Widiana STIT Rakeyan Santang
  • Oni Lerian STIT Rakeyan Santang
  • Marni Aprilianti STIT Rakeyan Santang
  • Indraeni Indraeni STIT Rakeyan Santang

Keywords:

Pramuka, Penguatan Karakter, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Kegiatan kepramukaan memberikan manfaat dalam upaya meningkatkan karakter kepramukaan siswa sekolah dasar (SD). Melalui pelatihan dan sosialisasi kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mendukung pelaksanaan jamran di tingkat SD melalui pelatihan, pendampingan, dan sosialisasi kepada siswa. Namun dalam pelaksanaanya sering kali menghadapi tantangan seperti kurangnya persiapan, keterbatasan pengetahuan siswa. Kegiatan ini dilaksanakan guna membekali siswa dengan keterampilan dasar kepramukaan serta membentuk karakter yang disiplin, mandiri, dan berjiwa sosial. Metode pengabdian yang dilakukan yakni dengan melakukan tahapan awal, tahapan pelaksanaan dan tahapan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini menunjukan adanya peningkatan karakter kepramukaan siswa dalam membentuk karakter yang disiplin, mudah berkomunikasi, kreatif, mandiri, berjiwa sosial dan karakter lain yang ada di kepramukaan serta peningkatan partisipasi aktif siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Program ini juga mendapat respon positif dari pihak sekolah, yang mengapresiasi pengembangan karakter siswa melalui kegiatan pramuka yang akan dikembangkan dalam kegiatan Jambore Ranting (Jamran) di sekolah dasar.

References

Amreta et al. (2018). Pengaruh Kegiatan Pramuka Terhadap Karakter Siswa Madrasah Ibtidaiyah Di Era Digital. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 26-38.

Aprilianti et al. (2023). Pelatihan Pendidikan Karakter Disiplin Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di SD Islam Raudhatul Jannah. PASAI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat., 2(2), 49–56.

Arifin, B. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.

Arifudin, O. (2020). Pendampingan UMKM Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Dan Hasil Penjualan Opak Makanan Khas Jawa Barat. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 313–322.

Arifudin, O. (2022). Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Membina Karakter Peserta Didik. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 829–837.

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.

Arifudin, O. (2024). Research Trends Education Management In Indonesia. Journal of Education Global, 1(2), 165–173.

Arifudin, O. (2025). Application Of Steam Learning Methods To Increase Student Creativity And Innovation. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 3(1), 97–108.

Gazali et al. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik Melalui Ekstrakurikuler Pramuka. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 201–211. https://doi.org/10.30651/aks.v3i2.1898

Hayati & Utomo. (2020). Penanaman Karakter Gotong Royong dan Tanggung Jawab melalui Metode Pembiasaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 524-532.

Kartika, I. (2020). Peran Guru Dalam Proses Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(1), 31–39.

Kartika, I. (2021). Upaya Mewujudkan Karakter Peserta Didik Pada Pembudayaan Kehidupan Beragama (Religious Culture) Di Sekolah. Jurnal Al-Amar, 2(2), 221–232.

Kartika, I. (2022). Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 3(1), 81–94.

Kusmawan, A. (2025). The Relationship Between Teacher Involvement in Curriculum Development and Student Learning Outcomes. International Journal of Educatio Elementaria and Psychologia, 2(1), 1–12.

Lahiya, A. (2025). Education Administration Reform: A Case Study On The Implementation Of The Merdeka Curriculum. INJOSEDU: International Journal of Social and Education, 2(2), 29–37.

Lickona. (2013). Pendidikan Karakter (Panduan Lengkap Mendidik siswa menjadi Pintar dan Baik). Bandung:Penerbit Nusa Media.

Mayasari, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Nilai Melalui Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa. Antologi Kajian Multidisiplin Ilmu (Al-Kamil), 1(1), 47–59.

Paturochman, I. R. (2024). Pluralism And Multiculturalizm Education. International Journal Of Society Reviews, 2(3), 564–573.

Rusmana, F. D. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Transaksional Dengan Kinerja Karyawan BRI Syariah Subang. Jurnal Makro Manajemen, 5(2), 157–163.

Samini et al. (2023). Analisis Penerapan Model Self Directed Learning Terhadap Kemandirian Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Di SDN 01 Wonorejo Kecamatan Gondangrejo Tahun Pelajaran 2022/2023. Journal On Education, 6(1), 7941–7959. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.4204

Sinurat, J. (2022). Pengembangan Moral & Keagamaan Anak Usia Dini. Bandung: CV Widina Media Utama.

Tanjung, R. (2020). Pengembangan UKM Turubuk Pangsit Makanan Khas Kabupaten Karawang. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 323–332.

Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319.

Downloads

Published

2025-01-30

How to Cite

Wahyu Widiana, Y. ., Lerian, O. ., Aprilianti, M. ., & Indraeni, I. (2025). SOSIALISASI PRAMUKA SEBAGAI UPAYA PENGUATAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Bakti Tahsinia, 3(1), 25–34. Retrieved from https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/JBT/article/view/342

Issue

Section

Artikel