PENDAMPINGAN MAJELIS TAKLIM AL IMDAD PASCA PANDEMIC COVID 19

Authors

  • Nasem Nasem STIT Rakeyan Santang
  • Firda Rahayu Agustin STIT Rakeyan Santang
  • Een Kurniasih STIT Rakeyan Santang
  • Cunayah Cunayah STIT Rakeyan Santang
  • Ranis Anisa STIT Rakeyan Santang

Keywords:

Pendampingan, Majelis, Taklim, Pandemi

Abstract

Pengabdian masyarakat ini dilatarbelakangi mulai saat pandemic covid 19, di mana kegiatan majlis talim Al-Imdad yang terletak di dusun Leuweung Kaung di Desa Mekarmulya Kecamatan Telukjambe Barat Kabupaten Karawang ini terhenti total, tidak ada lagi aktivitas pembelajaran di majlis taklim dan ini terjadi sampai kurang lebih dua tahun lamanya. Tujuan dari kegiatan ini adalah : 1) Kembali menghadirkan kegiatan rutin yang sudah lama tidak dilakukan, 2) Memotivasi masyarakat agar tetap semangat untuk menuntut ilmu., 3) Memperkuat keimanan melalui kegiatan pengajian majelis taklim.Adapun metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah: 1) melakukan silaturahmi kepada perangkat desa, mulai kepala desa, pak RT dan pak RW, serta sesepuh masyarakat, 2) melaksanakan pendampingan kepada ibu-ibu majlis taklim Al-Imdad, 3) monitoring dan evaluasi. Hasil yang dicapai, pada awalnya jumlah ibu-ibu yang ikut majelis taklim hanya berjumlah 8 orang, namun kemudian meningkat sampai 15 orang, karena alam kegiatan majlis taklim Al-Imdad ini bukan hanya belajar tentang ilmu agama, namun disisipi juga keterampilan UMKM untuk meningkatkan ekonomi keluarga.

References

Amatul. (2016). Paradigma Pendidikan Alternatif : Majelis Taklim Sebagai Wadah Pendidikan Masyarakat. Jurnal Pusaka Media Kajian Dan Pemikiran Islam, 1(7), 27–37.

Arifudin, O. (2020). Peranan Konseling Dosen Wali Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Di Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 10(2), 237–242.

Arifudin, O. (2021). Manajemen Strategik Teori Dan Implementasi. Banyumas : Pena Persada.

Arifudin, O. (2022). Teacher Personality Competence In Building The Character Of Students. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(1), 5–12.

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.

Darmawan, I. P. A. (2021). Total Quality Management Dalam Dunia Pendidikan" Model, Teknik Dan Impementasi". Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Fitria, N. (2023). Manajemen Pengelolaan Media Pembelajaran Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(03), 2239–2252.

Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.

Hanafiah, H. (2022). Implementation Of Character Strengthening In Boarding School Students. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(2), 49–54.

Haris, I. (2023). Pengenalan Teknis Penggunaaan Software Turnitin Dan Mendeley Dekstop Untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa Baru. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(2), 172–178.

Mawati, A. T. (2023). Dampak Pergantian Kurikulum Pendidikan Terhadap Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Primary Edu, 1(1), 69–82.

Mayasari, A. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173–179.

Moh As’ adi dan Muttaqin. (2019). Pendampingan Kegiatan Keagamaan Di Masjid Al Falah Dusun Krajan Desa Siliragung Kecamatan Siliragung Banyuwangi. ABDI KAMI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 105–114.

Nurbaeti, N. (2022). Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Literasi Anak Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 3(2), 98–106.

Pardiyanto. (2020). Kebijakan Pemerintah Dalam Upaya Pencegahan Wabah Covid 19. SPEKTRUM, 17(2), 26–36.

Rahman, N. H. (2021). Pengaruh Media Flashcard Dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa Pada Materi Mufrodat Bahasa Arab. Jurnal Tahsinia, 2(2), 99–106.

Sinurat, J. (2022). Pengembangan Moral & Keagamaan Anak Usia Dini. Bandung: CV Widina Media Utama.

Supriani, Y. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Dalam Pembelajaran. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 1(1), 1–10.

Supriani, Y. (2022). Peran Manajemen Kepemimpinan dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 332–338.

Supriani, Y. (2023). Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Plamboyan Edu, 1(1), 95–105.

Tanjung, R. (2020). Pengembangan UKM Turubuk Pangsit Makanan Khas Kabupaten Karawang. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 323–332.

Ulfah, U. (2022). Peran Guru Dalam Upaya Pengembangan Bakat Dan Minat Peserta Didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 3(1), 9–16.

Ulfah, U. (2023). Analisis Teori Taksonomi Bloom Pada Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 4(1), 13–22.

Yunus, N. R. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lockdown. SALAM: Jurnal Sosial & Budaya Syar-i FSH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 7(3), 231–239.

Downloads

Published

2023-01-08

How to Cite

Nasem, N., Rahayu Agustin, F. ., Kurniasih, E. ., Cunayah, C., & Anisa, R. . (2023). PENDAMPINGAN MAJELIS TAKLIM AL IMDAD PASCA PANDEMIC COVID 19 . Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 78–88. Retrieved from https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/JBT/article/view/121

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)