EFEKTIVITAS METODE ILHAM TERHADAP MINAT DAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADITS
Keywords:
Metode Ilham, Kemampuan Membaca Al-Quran, Al-Quran HaditsAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh SMP Islam Ulun Nuha untuk meningkatkan minat membaca Al-Quran telah melakukan berbagai cara dalam pendidikannya, misalnya metode pendidikan Qira’ati ataupun metode pendidikan lainnya. Metode-metode yang telah diterapkan dengan baik, namun dalam kenyataannya belum memenuhi hasil yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode ilham terhadap minat dan kemampuan membaca al-quran siswa pada mata pelajaran al-quran hadits. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode ILHAM yaitu guru memeragakan bacaan ayat secara fasih dan benar kemudian ayat yang disampaikan oleh guru tidak lebih dari tiga kalimat, selanjutnya guru tidak memberi materi baru hafalan, sebelum materi yang sedang dihafal betul-betul dikuasai.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Aep Saepudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.











