EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS TERHADAP PRESTASI KOGNITIF SISWAPADA MATA PELAJARAN SKI
Keywords:
Model Pembelajaran, Kooperatif Tipe TPS, Prestasi KognitifAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa siswa pada mata pelajaran SKI. Diantara faktor yang diduga menjadi penyebab rendahnya prestasi belajar siswa adalah cara mengajar guru. Cara mengajar akan menentukan keberhasilan belajar siswa. Metode yang tidak tepat akan menyebabkan prestasi siswa tidak sesuai yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap prestasi kognitif siswapada mata pelajaran SKI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe TPS, cocok dan efektif digunakan di SDIT Ibnu Abbas Tarakan. Keefektifan model tersebut, dapat diukur dari hasil belajar siswa rata-rata tes awal sebesar 55,00 menunjukan rendahnya prestasi siswa pada mata pelajaran SKI. Setelah proses pembelajaran terjadi peningkatan hasil belajar pada tes awal siswa yang rata- ratanya 50, (dengan nilai tertinggi 70 dan terkecil 40) meningkat menjadi rata-rata hasil belajar siswa 68,90 (dengan nilai terkecil 50 dan nilai terbesar 85).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ahmad Zaeni Dahlan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.











