PENERAPAN MODEL ADDIE UNTUK MENINGKATKAN INTENSITAS MENGHAFAL DAN KEMAMPUAN HAFALAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN TAHFIDZ

Authors

  • Dadan Nugraha STIT At-Taqwa Gegerkalong

Keywords:

Model ADDIE, Intensitas Menghafal, Kemampuan Hafalan, Tahfidz.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Perkembangan zaman dan pesatnya teknologi membuat peserta didik lebih tertarik kepada media sosial dibandingkan dengan membiasakan menghafal al-Qur’an. Metode konvensional yang digunakan pada proses pembelajaran Tahfidz dinilai belum mampu meningkatkan intensitas menghafal dan kemampuan hafalan peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model addie untuk meningkatkan intensitas menghafal dan kemampuan hafalan peserta didik pada mata pelajaran tahfidz. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model ADDIE cocok diterapkan dalam proses pembelajaran Tahfidz, karena mampu meningkatkan rata-rata intensitas menghafal sebesar 9,23 dan meningkatkan rata-rata kemampuan hafalan sebesar 5,3. Respon peserta didik pada penerapan model ADDIE untuk meningkatkan intensitas menghafal dan kemampuan hafalan peserta didik kelas kelas V di Mafatih Islamic School berada pada angka 4,13, menunjukkan klasifikasi tinggi karena berada pada rentang nilai 3,5-4,5.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-09-28

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENERAPAN MODEL ADDIE UNTUK MENINGKATKAN INTENSITAS MENGHAFAL DAN KEMAMPUAN HAFALAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN TAHFIDZ. (2023). Antologi Kajian Multidisiplin Ilmu (Al-Kamil), 1(1), 235-247. https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/alkamil/article/view/639