DAMPAK DIGITALISASI MANAJEMEN PENDIDIKAN TERHADAP EFISIENSI ADMINISTRASI SEKOLAH

Authors

  • Dede Sugandi STIT Rakeyan Santang
  • Rodhiyah Rodhiyah STIT Rakeyan Santang

Keywords:

Manajemen Pendidikan, Efisiensi Administrasi, Sistem Informasi Sekolah, Tata Kelola Sekolah.

Abstract

Transformasi digital dalam dunia pendidikan telah menjadi keniscayaan di era revolusi industri 4.0, termasuk dalam tata kelola administrasi sekolah. Digitalisasi manajemen pendidikan dipandang sebagai strategi penting untuk meningkatkan efisiensi kerja administratif, mempercepat proses pelaporan, dan meminimalisasi kesalahan data. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak digitalisasi manajemen pendidikan terhadap efisiensi administrasi di SDIT Harapan Umat. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi sebagai instrumen pengumpulan data. Sumber data terdiri dari kepala sekolah, staf administrasi, serta guru yang terlibat langsung dalam sistem administrasi digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem manajemen berbasis digital seperti e-administrasi, aplikasi akademik, dan sistem pelaporan keuangan telah meningkatkan efisiensi kerja secara signifikan. Terdapat penurunan waktu kerja administratif hingga 40%, peningkatan akurasi data, dan kemudahan dalam akses informasi. Selain itu, digitalisasi juga mendukung transparansi serta koordinasi antar lembaga internal sekolah. Implikasi dari temuan ini menunjukkan bahwa digitalisasi bukan hanya mempermudah pekerjaan administratif, namun juga mendorong budaya kerja yang lebih profesional, akuntabel, dan berorientasi mutu. Penelitian ini juga memberikan rekomendasi agar sekolah-sekolah dasar lainnya mulai membangun sistem informasi manajemen pendidikan yang terintegrasi dengan dukungan kebijakan yang berkelanjutan.

Published

2024-02-27

Issue

Section

Artikel

How to Cite

DAMPAK DIGITALISASI MANAJEMEN PENDIDIKAN TERHADAP EFISIENSI ADMINISTRASI SEKOLAH. (2024). Jurnal Primary Edu, 2(1), 76-91. http://jurnal.rakeyansantang.ac.id/primary/article/view/82

Most read articles by the same author(s)