PEMANFAATAN ALAT PERAGA MENGENAL MACAM-MACAM SUKU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SD/MI
Keywords:
Alat Peraga, Hasil Belajar, IPS, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk pemanfaatan alat peraga dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) materi mengenal macam-macam suku di Indonesia di Sekolah Dasar. Penelitian ini didasarkan pada rendahnya minat dan hasil belajar siswa terhadap materi keberagaman suku bangsa, yang dianggap abstrak dan kurang kontekstual. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus yang masing-masing terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN karawang wetan 1, yang berjumlah 20 siswa. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga seperti mengenal macam-macam suku, rumah adat, tarian daerah dan pakaian adat. Berhasil meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi serta meningkatkan hasil belajar secara signifikan. Rata-rata nilai siswa mengalami peningkatan dari pra-siklus ke siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan alat peraga efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS, khususnya pada materi keberagaman suku bangsa di Indonesia, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna karena siswa dapat memahami keberagaman suku secara visual dan interaktif.
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Enah Enah, Reza Reftiani, Irna Afriyani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.











