MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI METODE PWIM (PICTURE WORD INDUCTIVE MODEL) PADA KELAS 3 (TIGA) MI NURUL FALAH

Authors

  • Rahman Tanjung STIT Rakeyan Santang
  • Vina Febiani Musyadad STIT Rakeyan Santang
  • Muhamad Rosad STIT Rakeyan Santang

Keywords:

Karangan Narasi, Picture Word Inductive Model.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya peserta didik yang mengalami kesulitan ketika menulis karangan narasi. Melihat permasalahan tersebut di atas perlu diadakannya perbaikan dengan menerapkan model PWIM (Picture Word Inductive Model). Model pembelajaran ini berupaya meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi melalui model PWIM (Picture Word Inductive Model) sebagai cara untuk memudahkan peserta didik dalam menyusun kerangka karangan narasi serta memperbaiki pemakaian huruf kapital dan penggunaan tanda baca. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan dua siklus tindakan, dimana setiap tindakan meliputi perencanaan tindakan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan, tahap analisis data dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan keterampilan pendidik dalam pembelajaran menulis narasi melalui model induktif kata bergambar mengalami peningkatan, pada siklus I perolehan skor 60,65 dengan kriteria baik, pada siklus II perolehan skor, meningkat menjadi 80,15 dengan kriteria baik. Aktivitas peserta didik dalam pembelajaran keterampilan menulis karangan narasi melalui model PWIM (Picture Word Inductive Model), mengalami peningkatan. Pada siklus I perolehan skor 60,65 dengan kriteria cukup,  pada siklus II perolehan skor meningkat menjadi 80,15 dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar peserta didik berupa keterampilan menulis karangan narasi mengalami peningkatan. Pada siklus 1 nilai rata-rata 65,65 dengan persentase ketuntasan 67,7%, pada siklus II nilai rata-rata 80,15 dengan persentase ketuntasan 85,5%.

References

Anitah. (2009). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Apiyani, A. (2022). Implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Madrasah Dalam Meningkatkan Keprofesian. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 499–504.

Arifudin, O. (2022). Perkembangan Peserta Didik (Tinjauan Teori-Teori Dan Praktis). Bandung: CV Widina Media Utama.

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.

Arikunto. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Dalman. (2014). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Dominic & Mollykutty. (2014). Effectiveness of the Picture-Word Inductive. Model of Teaching on Vocabulary Acquisition in English among Elementary School Pupils with different Learning Styles. Educational Journal., 2(1), 19-29.

Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.

Hanafiah, H. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru melalui Supervisi Klinis Kepala Sekolah. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4524–4529.

Mayasari, A. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173–179.

Mayasari, A. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175.

MF AK. (2021). Pembelajaran Digital. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Miftahul, H. (2013). Model-Model Pengajaran dan pembelajaran. Pustaka Pelajaran.

Nurbaeti, N. (2022). Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Literasi Anak Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 3(2), 98–106.

Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Rahman, N. H. (2021). Pengaruh Media Flashcard Dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa Pada Materi Mufrodat Bahasa Arab. Jurnal Tahsinia, 2(2), 99–106.

Sulaeman, D. (2022). Implementasi Media Peraga dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 71–77.

Tanjung, R. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menulis Jurnal Ilmiah. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 1(1), 42–52.

Tarigan. (2013). Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.

Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.

Ulfah, U. (2022). Kepemimpinan Pendidikan di Era Disrupsi. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 153–161.

VF Musyadad. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1936–1941.

Downloads

Published

2023-06-29

Issue

Section

Artikel

How to Cite

MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI METODE PWIM (PICTURE WORD INDUCTIVE MODEL) PADA KELAS 3 (TIGA) MI NURUL FALAH. (2023). Jurnal Primary Edu, 1(2), 215-223. http://jurnal.rakeyansantang.ac.id/primary/article/view/51

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2