EVALUASI KINERJA GURU MELALUI LESSON STUDY DI SEKOLAH DASAR WILAYAH TELUKJAMBE TIMUR
Keywords:
Lesson Study, Kompetensi Pedagogik, Hasil Belajar, Pendidikan DasarAbstract
Lesson study merupakan pendekatan inovatif dalam pengembangan profesionalisme guru yang berorientasi pada peningkatan kualitas pembelajaran melalui kolaborasi dan refleksi sistematis. Model ini telah diterapkan di berbagai negara dan terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan pedagogik guru serta hasil belajar siswa. Namun, implementasi lesson study di Indonesia masih menghadapi berbagai tantangan, seperti kurangnya pemahaman guru tentang konsep lesson study dan keterbatasan waktu dalam pelaksanaannya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lesson study terhadap kompetensi pedagogik guru dan hasil belajar siswa di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode mixed methods, dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif dikumpulkan melalui tes hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan lesson study serta angket kompetensi pedagogik guru, sementara data kualitatif diperoleh melalui wawancara dan observasi. Analisis data kuantitatif dilakukan menggunakan uji-t berpasangan, sedangkan data kualitatif dianalisis melalui teknik analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada kompetensi pedagogik guru setelah mengikuti lesson study, terutama dalam hal perencanaan pembelajaran, strategi pengajaran, dan evaluasi hasil belajar. Selain itu, hasil belajar siswa juga meningkat secara signifikan setelah diterapkannya lesson study. Implikasi dari penelitian ini menegaskan bahwa lesson study dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan mutu pendidikan di tingkat sekolah dasar. Oleh karena itu, penerapan lesson study perlu didukung oleh kebijakan yang mendorong partisipasi aktif guru dalam program pengembangan profesional berkelanjutan.
References
Apiyani, A. (2022). Implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Madrasah Dalam Meningkatkan Keprofesian. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 499–504. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.443
Arifudin, O. (2020). PKM Pembuatan Kemasan, Peningkatan Produksi Dan Perluasan Pemasaran Keripik Singkong Di Subang Jawa Barat. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, 4(1), 21–36.
Arifudin, O. (2021). Pengaruh Kelas Sosial, Pengalaman dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Penggunaan Kartu Kredit. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(1), 286–298.
Arifudin, O. (2022). Teacher Personality Competence In Building The Character Of Students. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(1), 5–12. https://doi.org/https://doi.org/10.47353/ijedl.v1i1.3
Bairizki, A. (2021). Manajemen Perubahan. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Darmawan, I. P. A. (2021). Total Quality Management Dalam Dunia Pendidikan" Model, Teknik Dan Impementasi". Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.
Dudley. (2020). Teacher learning in lesson study: What interaction-level discourse analysis revealed about how teachers utilize student thinking. International Journal of Lesson and Learning Studies, 9(3), 189-204.
Fardiansyah, H. (2022). Manajemen Pendidikan (Tinjaun Pada Pendidikan Formal). Bandung: Widina Media Utama.
Fernandez & Yoshida. (2018). Lesson study as a form of professional development: A review of research findings. Journal of Mathematics Teacher Education, 21(4), 367-398.
Fitria, N. (2023). Manajemen Pengelolaan Media Pembelajaran Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(03), 2239–2252.
Hadiansah, D. (2021). Membaca Perspektif Balanced Scorecard. Bandung: Azka Hafidz Maulana Foundation.
Hanafiah, H. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru melalui Supervisi Klinis Kepala Sekolah. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4524–4529. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1049
Harris & Jones. (2019). Teacher professional learning through lesson study: A case of collaboration and reflection. Educational Action Research, 27(5), 730-746.
Hasbi, I. (2021). Administrasi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktik). Bandung : Widina Bhakti Persada.
Hoerudin, C. W. (2023). E-Learning as A Learning Media Innovation Islamic Education. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 15(1), 579–594.
Huang & Shimizu. (2020). Lesson study: An international review of the research. ZDM Mathematics Education, 52(1), 1-15.
Juhadi, J. (2020). Pengaruh Sistem Pengendalian Internal Dan Audit Internal Terhadap Pelaksanaan Good Corporate Governance. Jemasi: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 16(2), 17-32. https://doi.org/https://doi.org/10.35449/jemasi.v16i2.138
Kartika, I. (2020). Peran Guru Dalam Proses Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(1), 31–39.
Kartika, I. (2021). Upaya Mewujudkan Karakter Peserta Didik Pada Pembudayaan Kehidupan Beragama (Religious Culture) Di Sekolah. Jurnal Al-Amar, 2(2), 221–232.
Kartika, I. (2022). Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 3(1), 81–94.
Kartika, I. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 4(2), 147–160.
Lewis & Perry. (2021). Improving instructional practice through lesson study: A meta-analysis of research findings. American Educational Research Journal, 58(2), 321-350.
Mardizal, J. (2023). Model Kepemimpinan Transformational, Visioner dan Authentic Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Era 4.0. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 2994–3003.
Mayasari, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Nilai Melalui Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa. Antologi Kajian Multidisiplin Ilmu (Al-Kamil), 1(1), 47–59.
Murata. (2019). Examining the sustainability of lesson study as a teacher professional development model. International Journal of Educational Research, 98, 35-47.
Rock & Wilson. (2018). The impact of lesson study on preservice teachers’ pedagogical knowledge. Teacher Development, 22(3), 403-418.
Rusmana, F. D. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Transaksional Dengan Kinerja Karyawan BRI Syariah Subang. Jurnal Makro Manajemen, 5(2), 157–163.
Silaen, N. R. (2021). Kinerja Karyawan. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Siregar, R. T. (2021). Komunikasi Organisasi. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Sofyan, Y. (2020). Analisis Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasi Karyawan Bank Swasta Nasional Di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 4(2), 73–87.
Stigler & Hiebert. (2021). The role of lesson study in improving mathematics instruction: Evidence from international perspectives. Mathematics Education Research Journal, 33(2), 245-263.
Supriani, Y. (2022). Peran Manajemen Kepemimpinan dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 332–338. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.417
Susanto. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Prenada Media Grup.
Takahashi. (2022). Understanding the core principles of lesson study and its impact on student learning. Journal of Education and Learning, 11(4), 299-314.
Tanjung, R. (2019). Manajemen Pelayanan Prima Dalam Meningkatkan Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Pembelajaran (Studi Kasus di STIT Rakeyan Santang Karawang). Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 3(1), 234–242.
Tanjung, R. (2020). Analisis Pengaruh Penilaian Kinerja Dan Kompensasi Terhadap Produktivitas Kerja Pada PDAM Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 71–80. https://doi.org/https://doi.org/10.32502/jimn.v10i1.2719
Tanjung, R. (2022). Manajemen Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi pada Lembaga Pendidikan Islam. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 339–348.
Ulfah, U. (2021). Implikasi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) Bagi Pemberdayaan Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengembangkan Kompetensi Konselor. Jurnal Tahsinia, 2(1), 67–77. https://doi.org/10.57171/jt.v2i1.293
Ulfah, U. (2023). Analisis Teori Taksonomi Bloom Pada Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen dan Pendidikan, 4(1), 13–22.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Kumiko Azizah, Hasna Nadia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.











