IMPLEMENTASI KETELADANAN GURU DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN DAN KEPEDULIAN LINGKUNGAN DI SMP PIUS BAKTI UTAMA GOMBONG
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v6i2.652Keywords:
Kesadaran Lingkungan, Keteladan Guru, Lingkungan Hidup, Permasalahan LingkunganAbstract
Kesadaran dan kepedulian pada lingkungan menjadi salah satu aspek penting yang harus dimiliki oleh siswa. Di tengah berbagai permasalahan lingkungan saat ini, setiap orang perlu memberikan perhatian untuk menjaga lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengalaman guru dalam menumbuhkan kesadaran dan kepedulian lingkungan. Menggunakan Interpretative Phenomenological Analysis, penelitian ini menggali pengalaman para guru melalui wawancara yang selanjutkan dikonfirmasi dengan melakukan wawancara kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keteladanan guru dalam perilaku peduli lingkungan mampu menginspirasi siswa untuk peduli pada lingkungan sekitar. Meskipun tantangan terbesar dalam konsistensi perilaku ramah lingkungan adalah faktor eksternal, seperti budaya sekolah yang belum mendukung dan pengaruh dari orang lain, keteladanan guru dapat menjadi kunci utama untuk mengatasi tantangan tersebut. Penelitian ini menjadi menjadi contoh bahwa keteladanan guru masih menjadi faktor penting dalam membentuk karakter siswa, terutama dalam menumbuhkan kesadaran dan kepedulian lingkungan.
References
Arifin, B. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.
Arifudin, O. (2020). Pendampingan UMKM Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Dan Hasil Penjualan Opak Makanan Khas Jawa Barat. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 313–322.
Arifudin, O. (2021). Pengaruh Kelas Sosial, Pengalaman dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Penggunaan Kartu Kredit. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(1), 286–298.
Arifudin, O. (2024). Research Trends Education Management In Indonesia. Journal of Education Global, 1(2), 165–173.
Arifudin, O. (2025). Application Of Steam Learning Methods To Increase Student Creativity And Innovation. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 3(1), 97–108.
Djafri, N. (2024). Development Of Teacher Professionalism In General Education: Current Trends And Future Directions. International Journal of Teaching and Learning, 2(3), 745–758.
Evangelyne & Hardini. (2024). Evaluasi Gerakan Peduli Lingkungan Hidup melalui Program Adiwiyata di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu., 8(3), 1975–1984. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i3.7648
Fransiskus. (2015). Laudato Si, Terpujilah Engkau, (M. Harun, Ed.). DOKPEN KWI.
Hanafiah, H. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru melalui Supervisi Klinis Kepala Sekolah. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4524–4529. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1049
Hasnidar. (2019). Pendidikan Estetika Dan Karakter Peduli Lingkungan Sekolah. Jurnal Serambi Ilmu, 20(1), 1–11.
Judijanto, L. (2025). Ethics And Security In Artificial Intelligence And Machine Learning: Current Perspectives In Computing. International Journal of Society Reviews (INJOSER), 3(2), 374–380.
Juhadi, J. (2020). Pengaruh Sistem Pengendalian Internal Dan Audit Internal Terhadap Pelaksanaan Good Corporate Governance. Jemasi: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 16(2), 17-32. https://doi.org/https://doi.org/10.35449/jemasi.v16i2.138
Kartika, I. (2020). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(2), 137–150.
Kartika, I. (2021). Upaya Mewujudkan Karakter Peserta Didik Pada Pembudayaan Kehidupan Beragama (Religious Culture) Di Sekolah. Jurnal Al-Amar, 2(2), 221–232.
Kartika, I. (2022). Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 3(1), 81–94.
Kusmawan, A. (2025). The Relationship Between Teacher Involvement in Curriculum Development and Student Learning Outcomes. International Journal of Educatio Elementaria and Psychologia, 2(1), 1–12.
Lahiya, A. (2025). Education Administration Reform: A Case Study On The Implementation Of The Merdeka Curriculum. INJOSEDU: International Journal of Social and Education, 2(2), 29–37.
Lawe Payong et al. (2024). Analisis Konten Penerapan Pendidikan Lingkungan Berdasarkan Ecosophy Arne Naess Pada Channel Youtube Romo Ndeso 1. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 11(1), 172–183. https://doi.org/https://doi.org/10.31604/jips.v11i1.2024
Meika & Putra. (2021). Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Peduli Terhadap Lingkungan Pada Sekolah Adiwiyata di SD. Jurnal Mimbar Ilmu., 26(3), 346–354.
Muchlisoh. (2020). Penghitungan Indeks Perilaku Peduli Lingkungan Hidup di Daerah Istimewa Yogyakata.
Mulyatno. (2022). Program Pembelajaran Merawat Bumi sebagai Implementasi Pendidikan Memerdekakan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(5), 1349–1358.
Nita et al. (2023). Konsep Guru Dalam Pandangan Ki Hajar Dewantara Dan Dari Perspektif Pendidikan Islam. Journal Ability : Journal of Education and Social Analysis, 4(1), 170–180.
Nuary, M. G. (2024). Teacher Strategies In Instilling Nationalist Values In The Millennial Generation In The Technological Era. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 954–966.
Nurulloh. (2019). Pendidikan Islam dan Pengembangan Kesadaran Lingkungan. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 237–247. https://doi.org/https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.366
Paturochman, I. R. (2024). Pluralism And Multiculturalizm Education. International Journal Of Society Reviews, 2(3), 564–573.
Purwanti, D. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Implementasinya. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2), 14–20. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2.17622
Raditya. (2024). Pendidikan lingkungan hidup menurut Paus Fransiskus dan YB. Mangunwijaya. Universitas Santa Dharma.
Ramli, A. (2024). Analysis of the Influence of Organizational Commitment on Work Discipline of Public High School Teachers. Journal on Education, 6(2), 12927–12934.
Rifky, S. (2024). Professionalism Of Educators In Learning Development. International Journal of Teaching and Learning, 2(2), 579–588.
Rosela & Gunansyah. (2022). Peran Guru Dalam Penanaman Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JPGSD, 10(5), 1450–1461.
Roswita. (2020). Adiwiyata-program-based school management model can create environment-oriented school. Journal of Management Development, 39(2), 181–195. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/JMD-01-2019-0005
Sappaile, B. I. (2024). The Role of Artificial Intelligence in the Development of Digital Era Educational Progress. Journal of Artificial Intelligence and Development, 3(1), 1–8.
Shinebourne & Smith. (2011). It is Just Habitual: An Interpretative Phenomenological Analysis of the Experience of Long-Term Recovery from Addiction. International Journal of Mental Health and Addiction, 9(3), 282–295. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s11469-010-9286-1
Smith et al. (2009). Interpretative phenomenological analysis: Theory, methods, and research. Sage Publication.
Sriyana et al. (2024). Peran Guru Sebagai Pamong-Among Dalam Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Ditinjau Dari Pendidikan Kristen. KAIROS: Jurnal Ilmiah, 4(1), 1–11.
Sunandari et al. (2023). Pentingnya Peduli Lingkungan terhadap Penanaman Nilai Karakter pada Siswa. Journal on Education, 4(4), 11627–11631.
Tanjung, R. (2020). Manajemen Mitigasi Bencana. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319.
Willig & Stainton. (2017). The SAGE handbook of qualitative research in psychology. SAGE Publications Inc.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Valentina Purwasari Sedya Mulya, Rian Antony

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.