PENANAMAN NILAI-NILAI TAUHID PADA ANAK USIA DINI

Authors

  • Mia Siti Nurazizah STIT Al-Azami Cianjur
  • Muhammad Rijaal Qurrota A'yuni STIT Al-Azami Cianjur
  • Endan Hamdan Ridwan STIT Al-Azami Cianjur
  • Rista Erika STIT Al-Azami Cianjur
  • Eva Manfaatin STIT Al-Azami Cianjur

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v6i2.623

Keywords:

Penanaman Tauhid, Anak Usia Dini

Abstract

Berbagai persoalan manusia terus terjadi bahkan tidak sedikit mereka yang beragama Islam memiliki andil dalam persoalan tersebut. Terutama persoalan akhlak yang tidak mencerminkan seorang muslim yang seharusnya, misalnya korupsi, nepotisme, dan perbuatan kriminal lainnya. Jika ditarik garis panjangnya, hal tersebut berawal dari gagalnya proses penanaman nilai-nilai tauhid pada anak usia dini. Penanaman nilai-nilai tauhid pada anak usia dini menjadi penting karena menjadi titik awal seseorang agar memiliki pondasi yang kuat saat ia beranjak dewasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan penanaman nilai-nilai tauhid pada anak usia dini sehingga mampu menjadi muslim sejati yang diharapkan di masa yang akan datang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun tahapan penanaman nilai-nilai tauhid pada anak usia dini bisa dilakukan dengan cara: 1) Mengenalkan Allah dengan cara sederhana, 2) Pengajaran tentang hukum-hukum Islam yang paling dasar, 3) Pembiasaan membaca Al-Qur’an, dan 4) Mengenalkan hak dan kewajiban terhadap Allah dan orang lain.

References

Arif, M. (2024). Tantangan dan Peluang dalam Inovasi Pembelajaran Islam di Era Digital. Global Education Journal, 2(1), 73–80.

Arifin, A. (2024). The Relationship Between Classroom Environment, Teacher Professional Development, and Student Academic Performance in Secondary Education. International Education Trend Issues, 2(2), 151–159.

Arifin, B. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.

Arifudin, O. (2020). Pendampingan UMKM Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Dan Hasil Penjualan Opak Makanan Khas Jawa Barat. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 313–322.

Arifudin, O. (2021). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Arifudin, O. (2022). Teacher Personality Competence In Building The Character Of Students. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(1), 5–12. https://doi.org/https://doi.org/10.47353/ijedl.v1i1.3

Arifudin, O. (2024). Research Trends Education Management In Indonesia. Journal of Education Global, 1(2), 165–173.

Arifudin, O. (2025). Application Of Steam Learning Methods To Increase Student Creativity And Innovation. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 3(1), 97–108.

As-Shidqi, M. H. (2025). Menggali Potensi Transformasi Islam Dan Perencanaan Pendidikan. JUMADIL: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–15.

Djafri, N. (2024). Development Of Teacher Professionalism In General Education: Current Trends And Future Directions. International Journal of Teaching and Learning, 2(3), 745–758.

Farid, M. (2025). Mekanisme Pengambilan Keputusan Berbasis Sistem Informasi Manajemen Dalam Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Tahsinia, 6(1), 86–103.

Hoerudin, C. W. (2023). E-Learning as A Learning Media Innovation Islamic Education. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 15(1), 579–594.

Iskandar, I. (2025). Improving Village Entrepreneurship Through The Role Of The Mudharabah Agreement. International Journal Of Science Education and Technology Management (IJSETM), 4(1), 23–39.

Judijanto, L. (2025). Ethics And Security In Artificial Intelligence And Machine Learning: Current Perspectives In Computing. International Journal of Society Reviews (INJOSER), 3(2), 374–380.

Juhadi, J. (2020). Pengaruh Sistem Pengendalian Internal Dan Audit Internal Terhadap Pelaksanaan Good Corporate Governance. Jemasi: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 16(2), 17-32. https://doi.org/https://doi.org/10.35449/jemasi.v16i2.138

Kartika, I. (2020). Peran Guru Dalam Proses Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(1), 31–39.

Kartika, I. (2021). Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Model Berbasis Aktivitas Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen dan Pendidikan, 2(1), 36–46.

Kartika, I. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 4(2), 147–160.

Kartika, I. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 5(2), 171–187.

Kusmawan, A. (2025). The Relationship Between Teacher Involvement in Curriculum Development and Student Learning Outcomes. International Journal of Educatio Elementaria and Psychologia, 2(1), 1–12.

Lahiya, A. (2025). Education Administration Reform: A Case Study On The Implementation Of The Merdeka Curriculum. INJOSEDU: International Journal of Social and Education, 2(2), 29–37.

Nata. (2014). Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Ningsih, I. W. (2021). The Influence of Tilawati Method Satisfaction Branch of JABODETABEK and Banten on Service Quality of Central Tilawati Method (The Analysis of Tilawati Method Training Studies). At-Ta’dib, 16(1), 101–118.

Ningsih, I. W. (2022). Implementasi Study Living Qur’an di Pesantren Mahasiswa Institut Ilmu Al-Qur’an Jakarta. Journal Analytica Islamica, 11(2), 340–352.

Ningsih, I. W. (2023). The Use of the Tilawati Mobile Android Application as an Effort to Assist the Learning Process of Reading the Qur’an for the Elderly Community in the Bogor Mengaji Class. Teumulong: Journal of Community Service, 1(2), 82–91.

Ningsih, I. W. (2024). The Implementation Of Character Education Values In Indonesia In Realizing The Ideal Human Being (Insan Kamil). Qiro’ah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 14(2), 168–178.

Nuary, M. G. (2024). Teacher Strategies In Instilling Nationalist Values In The Millennial Generation In The Technological Era. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 954–966.

Paturochman, I. R. (2024). Pluralism And Multiculturalizm Education. International Journal Of Society Reviews, 2(3), 564–573.

Ramli, A. (2024). Analysis of the Influence of Organizational Commitment on Work Discipline of Public High School Teachers. Journal on Education, 6(2), 12927–12934.

Rifky, S. (2024). Professionalism Of Educators In Learning Development. International Journal of Teaching and Learning, 2(2), 579–588.

Rohimah, R. B. (2024). Madrasah’s Contribution To The Empowerment Of The Village Community In Indonesia. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 1088–1101.

Rusmana, F. D. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Transaksional Dengan Kinerja Karyawan BRI Syariah Subang. Jurnal Makro Manajemen, 5(2), 157–163.

Sappaile, B. I. (2024). The Role of Artificial Intelligence in the Development of Digital Era Educational Progress. Journal of Artificial Intelligence and Development, 3(1), 1–8.

Sehudin, S. (2023). Sejarah Dan Perkembangan Ilmu Tajwid Di Pulau Jawa. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen dan Pendidikan, 4(1), 1–12.

Sembiring, I. M. (2024). Pendidikan Agama Islam Berwawasan Global Sebagai Dasar Paradigma Dan Solusi Dalam Menghadapi Era Society 5. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 305–314.

Sinurat, J. (2022). Pengembangan Moral & Keagamaan Anak Usia Dini. Bandung: CV Widina Media Utama.

Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319.

Zaelani, I. (2025). The Role And Implementation Of Zakat In The Development Of The Real Sector. International Journal Of Science Education and Technology Management (IJSETM), 4(1), 15–22.

Downloads

Published

2025-02-28

How to Cite

Siti Nurazizah, M. ., Rijaal Qurrota A’yuni, M. ., Hamdan Ridwan, E. ., Erika, R. ., & Manfaatin, E. (2025). PENANAMAN NILAI-NILAI TAUHID PADA ANAK USIA DINI. Jurnal Tahsinia, 6(2), 169–180. https://doi.org/10.57171/jt.v6i2.623

Issue

Section

Artikel