INTEGRASI ADMINISTRASI PENDIDIKAN BERBASIS TEKNOLOGI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA ERA SOCIETY 5.0
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v5i6.587Keywords:
Administrasi Pendidikan, Teknologi, Kualitas Pendidikan, Society 5.0.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya mengintegrasikan administrasi dan manajemen pendidikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia era society 5.0. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui integrasi administrasi pendidikan berbasis teknologi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia Era Society 5.0. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi antara administrasi dan manajemen pendidikan memiliki dampak yang signifikan terhadap kualitas pendidikan di Indonesia era society 5.0. Integrasi dan manajemen pendidikan yang direncanakan dengan baik dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Peningkatan kualitas pendidikan harus didukung oleh kebijakan yang jelas, pelatihan sumber daya manusia, dan teknologi yang memadai. Dengan demikian, artikel ini menekankan perlunya perhatian dari berbagai pihak untuk menciptakan sistem pendidikan yang lebih efisien dan responsif, guna mengatasi tantangan yang dihadapi oleh pendidikan di Indonesia era society 5.0.
References
Angelya, A. A., Nurmalasari, Saputra, E. R., Amani, N., Sukatin, & Hariyanto, M. (2022). Pengorganisasian dalam Manajemen Pendidikan. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 2(3), 97–105.
Apiyani, A. (2024). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan Islam. Jurnal Tahsinia, 5(4), 499–511.
Ardhianto, R. A., Hayadi, B. H., Yusuf, F. A., Pahliana, S., & Rodiyah, S. (2024). Administrasi Pendidikan. 4(1), 1–7.
Arif, M. (2024). Tantangan dan Peluang dalam Inovasi Pembelajaran Islam di Era Digital. Global Education Journal, 2(1), 73–80.
Arifin, A. (2024). The Relationship Between Classroom Environment, Teacher Professional Development, and Student Academic Performance in Secondary Education. International Education Trend Issues, 2(2), 151–159.
Arifudin, O. (2020). PKM Pembuatan Kemasan, Peningkatan Produksi Dan Perluasan Pemasaran Keripik Singkong Di Subang Jawa Barat. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, 4(1), 21–36.
Arifudin, O. (2021). Pengaruh Kelas Sosial, Pengalaman dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Penggunaan Kartu Kredit. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(1), 286–298.
Arifudin, O. (2022). Teacher Personality Competence In Building The Character Of Students. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(1), 5–12.
Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.
Arifudin, O. (2024). Research Trends Education Management In Indonesia. Journal of Education Global, 1(2), 165–173.
Asir, A. (2014). Agama Dan Fungsinya Dalam Kehidupan Umat Manusia. Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Keislaman, 1(1), 57.
Auliya, F. D., Oktaviani, D., & Ummah, S. I. (2024). Pengembangan Board Game Catur Matematika Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Matriks Serta Barisan Dan Deret. Algoritma: Jurnal Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Kebumian, Dan Angkasa, 2(4), 130–147.
Azmi, F., & Syukri, M. (2023). Filsafat Manajemen Pendidikan Islam. Dewa Publishing.
Bintang, A. R., Hasibuan, R. P., Fadhel, M., Sabri, A., & Hidayatullah, R. (2024). Strategi Pendidikan Inovatif Untuk Keterampilan Global Dalam Konteks Generasi Emas 2045. Journal of Regional Development and Technology Initiatives, 2, 49–61.
Djafri, N. (2024). Development Of Teacher Professionalism In General Education: Current Trends And Future Directions. International Journal of Teaching and Learning, 2(3), 745–758.
Fardiansyah, H. (2022). Manajemen Pendidikan (Tinjaun Pada Pendidikan Formal). Bandung: Widina Media Utama.
Fatimah, M., & Ilyas, M. (2024). Administrasi Guru Dan Kegiatan Belajar Mengajar. Jurnal Al-Abshor: Juirnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 61–69.
Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.
Hartati, S. (2022). Evaluasi Kinerja Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menerapkan Konsep Manajemen Mutu, Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 13422–13433.
Hasbiyallah, H., & Ihsan, I. M. N. (2019). Administrasi Pendidikan Perspektif Ilmu Pendidikan Islam.
Ichsan, F. N., & Hadiyanto. (2021). Implementasi Perencanaan Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Bangsa Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan, 13(2), 225–412.
Indriawati, P. (2019). Manajemen Pendidikan Paud It Yayasan Nurul Amaliah Balikpapan. Kompetensi, 12(1), 16–24.
Jamil, F. R., Ramli, A., & Sudadi. (2023). Konsep Dasar Administrasi Pendidikan, Fungsi Dan Ruang Lingkupnya. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 5(1), 53–62.
Kartika, I. (2021). Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Model Berbasis Aktivitas Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 36–46.
Kartika, I. (2022). Implementasi Manajemen Mutu Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 3(2), 144–157.
Kartini, N. E., Nurdin, E. S., Hakam, K. A., & Syihabuddin. (2022). Telaah Revisi Teori Domain Kognitif Taksonomi Bloom dan Keterkaitannya dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jurnal Basicedu, 6(4), 7292–7302.
Meylinda, L., Rafeely, M., Nathaniela, M. B., & Senoaji, P. S. (2024). Pengaruh Pengawasan Masyarakat Dalam Proses Birokrasi Pemerintah Kabupaten Sumedang. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(6), 745–757.
Muhajjirin, Haqqi, A., Husin, Sudur, Yumesri, Samsu, & Shaluddin. (2024). DASAR-DASAR. Penerbit Salim Media Indonesia.
Nafrin, I. A., & Hudaidah. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462.
Nasem, N. (2018). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi terhadap Produktivitas Kerja Tenaga Kependidikan Stit Rakeyan Santang Karawang. Jurnal Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 2(3), 209–218.
Ningsih, I. W. (2024). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Tahsinia, 5(1), 23–37.
Nur Kurniawan, M., & Syahrani. (2021). Pengadministrasi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pengelolaan Lembaga Pendidikan. Adiba: Journal of Education, 1(1), 69–78.
Nurjanah, N. E., & Mukarromah, T. T. (2021). Pembelajaran Berbasis Media Digital pada Anak Usia Dini di Era Revolusi Industri 4.0 : Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 66–77.
Pasolong, H. (2023). Teori Pengmbilan Keputusan. In Penerbit Alfabeta, Bandung (x. Penerbit Alfabeta Bandung.
Primayana, K. H., & Dewi, P. Y. A. (2021). Manajemen Pendidikan dalam Moderasi Beragama di Era Disrupsi Digital. Tampung Penyang, 19(1), 45–59.
Putri, N., Yulia, F., & Zuliana, E. (2024). Peran Tenaga Administrasi dalam Meningkatkan Mutu Layanan Administrasi di Madrasah Tsanawiyah Al Hidayah Patumbak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 19166–19181.
Rachmayani, A. N. (2015). Administrasi dan Manajemen Pendidikan Sekolah. UIN Sunan Gunung Jati.
Ramli, A. (2024). Analysis of the Influence of Organizational Commitment on Work Discipline of Public High School Teachers. Journal on Education, 6(2), 12927–12934.
Rifky, S. (2024). Professionalism Of Educators In Learning Development. International Journal of Teaching and Learning, 2(2), 579–588.
Santika, A., Ahmad, I., & Muniroh, N. (2023). Implementasi Inovasi Pendidikan di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Studi Islam MULTIDISIPLIN, 1(1), 38–56.
Sanulita, H. (2024). Analysis Of The Effectiveness Of Audio Visual Learning Media Based On Macromedia Flash Usage On School Program Of Increasing Student Learning Motivation. Journal on Education, 6(2), 12641–12650.
Sappaile, B. I. (2024). The Role of Artificial Intelligence in the Development of Digital Era Educational Progress. Journal of Artificial Intelligence and Development, 3(1), 1–8.
Saputra, N. (2021). Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan Abad 21 (P. M. Zaini (ed.)).
Sari, A. P., Melynia, C., Ar Rasyid, H., & Been, L. S. (2020). Pendidikan dan Modernisasi. 1–11.
Sari, M. N., Kurniawan, A., Fayola, ayyesha dara, Nawawi, I., Aprianti, K., Abrudurohim, & Lotulung, christa vike. (2022). Manajemen Pendidikan. Media Akademi.
Satrio, Hasibuan, L., Us, K. A., & Rizki, A. F. (2021). Administrasi Kurikulum, Kesiswaan, Pendidikdan Tenaga Kependidikandalam Tinjauan Administasi Sekolah. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 4(2), 92–101.
Sholeh, M. I., & Efendi, N. (2023). Integrasi Teknologi dalam Manajemen Pendidikan Islam: Meningkatkan Kinerja Guru di Era Digital. Jurnal Tinta, 5(2), 104–126.
Suharyani, Y. D., & Djumarno. (2023). Perencanaan Strategis dan Pembangunan Berkelanjutan. Jurnal Ilmiah Global Education, 2(2), 767–778.
Suherman, A., Firmansyah, Y., & Suherman. (2024). Manajemen Sumber Daya Manusia yang Efektif dan Efisien dalam Pendidikan di Era 5.0. Journal of Education Research, 5(2), 2066–2073.
Supiah. (2023). Ilmu Manajemn Pendidikan Islam. SELAT MEDIA PATNERS.
Tanjung, R. (2020). Analisis Pengaruh Penilaian Kinerja Dan Kompensasi Terhadap Produktivitas Kerja Pada PDAM Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 71–80.
Ulfah, U. (2021). Implikasi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) Bagi Pemberdayaan Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengembangkan Kompetensi Konselor. Jurnal Tahsinia, 2(1), 67–77.
Zein, H. M., & Septiani, S. (2023). Ilmu Administrasi Negara. PT Sada Kurnia Pustaka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Allya Fatimah Azzahra, Nailul Rahmi , Ahmad Sabri, Rully Hidayatullah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.