PEMBIASAAN LITERASI BACA TULIS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BAHASA PADA MASA TRANSISI PAUD-SD DI SD KATOLIK WIJANA SEJATI MOJOKERTO
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v5i7.586Keywords:
Keterampilan Bahasa, Literasi Baca Tulis, Masa Transisi PAUD-SDAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Kemampuan dan keterampilan bahasa yang ditandai oleh kecakapan berinteraksi sosial merupakan salah satu fondasi dari enam fondasi kemampuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan data tentang manfaat pembiasaan literasi baca dan tulis di SD Katolik Wijana Sejati Mojokerto. Fokus penelitian ini adalah analisis data tentang pembiasaan literasi baca tulis dalam kegiatan pembelajaran di kelas I dan kelas II. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan penelitian kualitatif. Metode ini digunakan dalam penelitian adalah dengan cara mengumpulkan data melalui kegiatan mewawancarai para pendidik kelas I dan II yang menjadi subjek penelitian. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Miles dan Huberman Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gerakan literasi khususnya literasi baca tulis, dapat menguatkan keterampilan bahasa siswa pada masa transisi PAUD-SD di SD Katolik Wijana Sejati Mojokerto. Hal ini terbukti dari meningkatnya kemampuan siswa dalam menguasai bahasa tulis dan bahasa lisan.
References
Agathi dkk. (2015). Guru Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Bahasa Indonesia (Keterampilan Membaca) Tema Cita-Citaku pada Siswa Kelas IV SD Desa Peguyangan. Mimbar PGSD Undiksha., 3(1), 1–11.
Akbar. (2017). Membudayakan Literasi Dengan Program 6M Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 1–11.
Amri & Rochmah. (2021). Pengaruh Kemampuan Literasi Membaca Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edu Humaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru., 13(1), 52–58.
Antony. (2022). The Peran Komunikasi Dialogis Guru dan Mitra Didik dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar Eksperimental Mangunan. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan., 22(2), 1–11.
Arifin, A. (2024). The Relationship Between Classroom Environment, Teacher Professional Development, and Student Academic Performance in Secondary Education. International Education Trend Issues, 2(2), 151–159.
Arifin, B. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.
Arifudin, O. (2020). PKM Pembuatan Kemasan, Peningkatan Produksi Dan Perluasan Pemasaran Keripik Singkong Di Subang Jawa Barat. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, 4(1), 21–36.
Arifudin, O. (2021). Pengaruh Kelas Sosial, Pengalaman dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Penggunaan Kartu Kredit. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(1), 286–298.
Arifudin, O. (2022). Teacher Personality Competence In Building The Character Of Students. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(1), 5–12.
Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.
Arifudin, O. (2024). Research Trends Education Management In Indonesia. Journal of Education Global, 1(2), 165–173.
Bidi. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Episode 24 (Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan) di SDN 01 Duhiadaa Pohuwato. Jurnal Pendidikan Mosikolah., 1(2), 116-120.
Bungsu & Dafit. (2021). Pelaksanaan Literasi Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran., 4(3), 522–527.
Chadijah, S. (2017). Kebanggaan Terhadap Bahasa Indonesia (Language Pride) di Purwakarta. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indo, 11, 121.
Djafri, N. (2024). Development Of Teacher Professionalism In General Education: Current Trends And Future Directions. International Journal of Teaching and Learning, 2(3), 745–758.
Juhadi, J. (2020). Pengaruh Sistem Pengendalian Internal Dan Audit Internal Terhadap Pelaksanaan Good Corporate Governance. Jemasi: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 16(2), 17-32.
Kartika, I. (2022). Implementasi Manajemen Mutu Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 3(2), 144–157.
Lamada dkk. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Siswa SMK Negeri Di Kota Makassar. Jurnal Media Komunikasi Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan., 6(1), 35–42.
Madu & Jediut. (2022). Membentuk Literasi Membaca Pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas., 8(3), 631–647.
Martin & Emidar. (2019). Korelasi Keterampilan Membaca Teks Laporan Hasil Observasi dan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 21 Padang. Pendidikan Bahasa Indonesia., 8(2), 86–96.
Maryati dan Suryawati. (2021). Panduan Guru: Pembelajaran untuk Fase Fondasi (Edisi Revisi). Jakarta: Kemendikbudristek.
Maulidha & Larasati. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keterlambatan Perkembangan Anak Usia 1-3 Tahun di Desa Cangkringsari Kecamatan Sukodono Kabupeten Sidoarjo. Journal Of Issues In Midwifery., 1(1), 51–70.
Nasem, N. (2018). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi terhadap Produktivitas Kerja Tenaga Kependidikan Stit Rakeyan Santang Karawang. Jurnal Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 2(3), 209–218.
Nuary, M. G. (2024). Teacher Strategies In Instilling Nationalist Values In The Millennial Generation In The Technological Era. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 954–966.
Padmadewi & Artini. (2018). Literasi Di Sekolah Dari Teori Ke Praktik. Bali: Nilacakra.
Ramli, A. (2024). Analysis of the Influence of Organizational Commitment on Work Discipline of Public High School Teachers. Journal on Education, 6(2), 12927–12934.
Rifky, S. (2024). Professionalism Of Educators In Learning Development. International Journal of Teaching and Learning, 2(2), 579–588.
Rosdiana dkk. (2021). Tingkat Literasi Membaca Anak Selama Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid-19. Alinea: Jurnal Bahasa Sastra Dan Pengajaran, 10(2), 161–168.
Sanulita, H. (2024). Analysis Of The Effectiveness Of Audio Visual Learning Media Based On Macromedia Flash Usage On School Program Of Increasing Student Learning Motivation. Journal on Education, 6(2), 12641–12650.
Sappaile, B. I. (2024). The Role of Artificial Intelligence in the Development of Digital Era Educational Progress. Journal of Artificial Intelligence and Development, 3(1), 1–8.
Saryono dkk. (2017). Materi pendukung literasi baca-tulis. Gerakan Literasi Nasional.
Setiawan. (2020). Pembelajaran Tematik Berorientasi Literasi Saintifik. Jurnal Basicedu., 3(2), 524–532.
Sumual & Tuerah. (2023). Kegiatan Literasi Dasar dan Minat Baca Siswa SD Kelas Rendah. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan., 9(8), 806–812.
Surya, C. M. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Teknik Gerak Dan Lagu Kuda Lumping Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di PAUD Delta Jati Kota Karawang Timur. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(2), 181–193.
Tanjung, R. (2020). Analisis Pengaruh Penilaian Kinerja Dan Kompensasi Terhadap Produktivitas Kerja Pada PDAM Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 71–80.
Ulfah, U. (2021). Implikasi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) Bagi Pemberdayaan Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengembangkan Kompetensi Konselor. Jurnal Tahsinia, 2(1), 67–77.
Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319.
Widodo & Ruhaena. (2018). Lingkungan literasi di rumah pada anak pra sekolah. Indigenous:Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(1), 1–7.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Wulan Rosa Linda , Carolus Borromeus Mulyatno
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.