PENGALAMAN GURU MENERAPKAN PEMBELAJARAN DIFERENSIASI BERBASIS GAYA BELAJAR DI SD KATOLIK WIJANA SEJATI MOJOKERTO
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v5i7.585Keywords:
kemandirian siswa, pembelajaran diferensiasi, potensi siswa, strategi pembelajaranAbstract
Penelitian bertujuan untuk menggali makna dari pengalaman guru SD Katolik Wijana Sejati Mojokerto dalam menerapkan pembelajaran berbasis gaya belajar. Subjek penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah guru di SD Katolik Wijana Sejati Mojokerto. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menekankan pada ketentuan dalam Interpretative Phenomenological Analysis (IPA). Data dalam penelitian ini diperoleh melalui menggunakan wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran diferensiasi berfungsi untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa yang beragam. Selain itu, pembelajaran diferensiasi juga dapat membantu mengembangkan potensi dan kemandirian siswa di dalam proses pembelajaran. Meskipun demikian terdapat hambatan dalam menerapkan pembelajaran diferensiasi terutama dalam mempersiapkan berbagai materi yang beragam dalam waktu yang cepat. Oleh karena itu, dibutuhkan kolaborasi dan kerja sama antar guru untuk memastikan tersedianya sumber belajar yang mendukung kebutuhan siswa.
References
Ahmujab. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi: Pendekatan Efektif dalam menjawab kebutuhan diversitas siswa. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi., 8(1), 1–12.
Alhafiz. (2022). Analisis Profil Gaya Belajar Siswa Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi Di SMP 23 Pekanbaru. J-Abdi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(8), 1–11.
Andini. (2016). Differentiated Instruction: Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman Peserta Didik di Kelas Inklusif. Trihayu : Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 2(3), 340-349.
Arifin, B. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.
Arifudin, O. (2021). Pengaruh Kelas Sosial, Pengalaman dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Penggunaan Kartu Kredit. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(1), 286–298.
Arifudin, O. (2022). Teacher Personality Competence In Building The Character Of Students. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(1), 5–12. https://doi.org/https://doi.org/10.47353/ijedl.v1i1.3
Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.
Arifudin, O. (2024). Research Trends Education Management In Indonesia. Journal of Education Global, 1(2), 165–173.
Breaux & Magee. (2013). How the Best Teachers Differentiate Instruction. NY : Routledge.
Djafri, N. (2024). Development Of Teacher Professionalism In General Education: Current Trends And Future Directions. International Journal of Teaching and Learning, 2(3), 745–758.
Halimah dkk. (2023). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai Bentuk Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 5019–5033.
Huda & Nurhuda. (2023). Asesmen Diagnostik Non-Kognitif Gaya Belajar Siswa SMP Kelas 7 di Lembang, Indonesia. Nusantara Journal of Behaviour and Social Science, 2(3), 55–60.
Idamayanti. (2022). Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi di SMP Negeri 4 Pangkajene di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. UMMAT Scientific Journals, 2(1), 75-83.
Jang & Wagner. (2013). Diagnostik Feedback in the Classroom. The Companion to Language Assessment, 2(1), 693–711.
Kartika, I. (2022). Implementasi Manajemen Mutu Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 3(2), 144–157.
Kusuma dan Luthfah. (2022). Praktik Pembelajaran yang Berpihak pada Murid. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Leavy. (2017). Quantitative, Qualitative, Mixed Methods, Arts-Based, and Community-Based Participatory Research Approaches. New York and London: The Guilford Press.
Mangunwijaya. (2020). Sekolah Merdeka: Pendidikan Pemerdekaan. Jakarta: Kompas.
Marlina dkk. (2019). Model Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Peningkatan Keterampilan Sosial Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif. Laporan Akhir Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi UNP.
Miles dan Huberman. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. London: Sage.
Mulyatno dan Widodo. (2024). Ontological Dimension of Community Education Refers to Augustine’s Thought in The City of God. Verbum Vitae, 42(2), 361-376.
Nasem, N. (2018). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi terhadap Produktivitas Kerja Tenaga Kependidikan Stit Rakeyan Santang Karawang. Jurnal Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 2(3), 209–218.
Natalia. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi : Adaptif dan Bermakna bagi Murid?. https://bgpsulawesiutara.kemdikbud.go.id/2024/05/28/pembelajaran-berdiferensiasi-adaptif-dan-bermakna-bagi-murid/.
Nuary, M. G. (2024). Teacher Strategies In Instilling Nationalist Values In The Millennial Generation In The Technological Era. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 954–966.
Paturochman, I. R. (2024). Pluralism And Multiculturalizm Education. International Journal Of Society Reviews, 2(3), 564–573.
Pebriyanti. (2023). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pemenuhan Kebutuhan Belajar Peserta Didik Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Kridatama Dan Teknologi., 5(1), 1–11.
Purwanto. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Ilmiah Pedagogy., 2(1), 1–11.
Putranti. (2007). Gaya belajar anda visual, auditori, atau kinestetik?. Diunduh dari https://nuritaputranti.wordpress.com./2007/2/28/gaya-belajar-anda-visual-auditori-kinestetik/.
Qomari dkk. (2022). Learning Trajectory pada Pembelajaran Berdiferensiasi Materi Keliling Bangun Datar Berdasarkan Perbedaan Gaya Belajar. Jurnal Pemikiran Pendidikan, 28(2), 29–41.
Ramli, A. (2024). Analysis of the Influence of Organizational Commitment on Work Discipline of Public High School Teachers. Journal on Education, 6(2), 12927–12934.
Rifky, S. (2024). Professionalism Of Educators In Learning Development. International Journal of Teaching and Learning, 2(2), 579–588.
Rukmi dkk. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Menumbuhkan Percaya Diri Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 1(1), 1–12.
Sanulita, H. (2024). Analysis Of The Effectiveness Of Audio Visual Learning Media Based On Macromedia Flash Usage On School Program Of Increasing Student Learning Motivation. Journal on Education, 6(2), 12641–12650.
Sappaile, B. I. (2024). The Role of Artificial Intelligence in the Development of Digital Era Educational Progress. Journal of Artificial Intelligence and Development, 3(1), 1–8.
Sukadi. (2008). Progressive learning “learning by spirit”. Bandung: MQS Publishing.
Surya, C. M. (2020). Upaya Meningkatkan Pengenalan Warna Melalui Metode Bermain Dengan Alat Penjepit Pakaian. Jurnal Tahsinia, 1(2), 147–154.
Tanjung, R. (2020). Analisis Pengaruh Penilaian Kinerja Dan Kompensasi Terhadap Produktivitas Kerja Pada PDAM Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 71–80. https://doi.org/https://doi.org/10.32502/jimn.v10i1.2719
Tomlinson & Moon. (2013). Assessment and Student Success in a Differentiated Classroom. VA : ASCD.
Ulfah, U. (2022). Peran Guru Dalam Upaya Pengembangan Bakat Dan Minat Peserta Didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 3(1), 9–16.
Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319.
Wardani. (2023). Analisis Pendekatan Berdiferensiasi pada Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI di SD Negeri Bandungrejo. Semarang : Universitas Islam Sultan Agung.
Willig & Rogers. (2017). The SAGE Handbook of Qualitative Research in Psychology. In Eatough, V. & Smith, J.A. (Eds.), Interpretative Phenomenological Analysis. UK: SAGE Publications Inc.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Theresia Sumartina, Rian Antony
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.