KONSEP HAKIKAT TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF ULAMA NUSANTARA: STUDY PEMIKIRAN KH. HASYIM ASY’ARI, KH. AHMAD DAHLAN DAN BUYA HAMKA

Authors

  • Indah Wahyu Ningsih STAI Al Hidayah Bogor

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v1i1.46

Keywords:

Pendidikan Islam, Perspektif, Ulama Nusantara

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan mendeskripsikan hasil kajian konsep hakikat tujuan pendidikan Islam perspektif ulama nusantara dengan studi pemikiran KH.Hasyim Asy’ari, KH.Ahmad Dahlan dan Buya Hamka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur, studi literatur atau penelitian kepustakaan bisa diartikan rangkaian kegiatan yang berkaitan dengan metode pengumpulan data kepustakaan, membaca, mencatat serta menganalisa bahan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan tujuan pendidikan Islam yang digagas tiga ulam tersebut pada dasarnya memiliki persamaan yang besar yakni menciptakan generasi manusia paripurna (Insan kamil), manusia yang mampu menjalankan dua dimensi tugasnya baik sebagai hamba Allah (Abdullah) dan juga sebagai pembangun, penggerak dan pemakmur di muka bumi (khalifah fil ardh). Dengan corak yang sedikit berbeda antara KH.Hasyim Asy’ari, KH.Ahmad Dahlan dan Buya Hamka, ragam corak tujuan pendidikan inilah yang juga mewarnai organisasi serta lembaga yang dibentuk.

References

Alfian. (2019) Pemikiran Pendidikan Islam Buya Hamka. Jurnal Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman. 19 (2), 1-12.

Arifin. (2018) Pemikiran-pemikiran Emas Para Tokoh Pendidikan Islam dari Klasik Hingga Modern. Yogyakarta : IRCisod.

Arifudin, O. (2018) ‘Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Tenaga Kependidikan STIT Rakeyan Santang Karawang’, MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(3), pp. 209–218.

Burhanudin dan Baedowi. (2003). Transformasi Otoritas Keagamaan. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Hamka. (2013). Ayah Kisah Buya Hamka. Jakarta : Republika.

Jalaludin. (2003). Teologi Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers.

Khuluq. (2000). Fajar Kebangunan Ulama. Yogyakarta : LKIS.

Langgulung (2002) Peralihan Paradigma Dalam Pendidikan Islam dan Sains Sosial. Jakarta: Gaya Media Pratama.

Marimba. (1986). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung : Al-Ma’arif.

Mahmud. (2011). Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung : Pustaka setia.

Muhammad. (2016). Membedah Tujuan Muhammadiyah. Jurnal studi Islam. 12 (1), 1-12.

Prasetya. (2014). Pahlawan-Pahwalan Bangsa yang Terlupakan. Yogyakarta : Saufa.

Sanusi. (2013). Kebiasaan-kebiasaan Inspiratif KH. Ahmad Dahlan dan KH.Hasyim Asy’ari. Yogyakarta : Diva Press.

Suwito. (2003). Sejarah Pemikiran dan Para Tokoh Pendidikan. Bandung : Angkasa.

Shodiq. (2008). Pertemuan Tarekat dan NU. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Sugiyono (2012) Metode penelitian pendidikan. Bandung:Alfabeta.

Tanjung, R. (2019) ‘Manajemen Pelayanan Prima Dalam Meningkatkan Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Pembelajaran (Studi Kasus di STIT Rakeyan Santang Karawang)’, MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(1), pp. 234–242.

Downloads

Published

2019-08-30

How to Cite

Wahyu Ningsih, I. . (2019). KONSEP HAKIKAT TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF ULAMA NUSANTARA: STUDY PEMIKIRAN KH. HASYIM ASY’ARI, KH. AHMAD DAHLAN DAN BUYA HAMKA. Jurnal Tahsinia, 1(1), 101–107. https://doi.org/10.57171/jt.v1i1.46