UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHETMATIC EDUCATION (RME) PADA MATERI LUAS BANGUN DATAR

Authors

  • Nasem STIT Rakeyan Santang
  • Nur Chabibah STIT Rakeyan Santang
  • Ismi Melaniadari STIT Rakeyan Santang

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v1i1.42

Keywords:

Realistic Mathetmatic Education (RME), Materi luas bangun datar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masih rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika khususnya materi luas bangun datar, salah satu faktor penyebabnya adalah penggunaan pendekatan yang masih menggunakan pendekatan konvensional. Dalam pembelajaran di SD khususnya di SDN Melati masih menggunakan pendekatan atau metode yang kurang sesuai dengan materi yang diajarkan, guru hanya menjelaskan materi, memberikan contoh-contoh, dan menyuruh siswa mengerjakan latihan soal. Untuk itu peneliti mencoba menggunakan pendekatan RME yang dimana pembelajarannya dikaitkan dengan kehidupan nyata (real) dengans siswa, sehingga siswa dapat menemukan sendiri konsep yang diajarkan dan siswa pun dapat memberikan ide-idenya sendiri sesuai dengan pengalaman siswa. Berdasarkan latarbelakang di atas maka dapat di rumuskan beberapa masalah yaitu :(1)Apakah ada peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika denganmenggunakan pendekatan RME pada penyelesaian soal luas bangun datar? (2) Apakah ada peningkatan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran matematika dengan menggunaan pendekatan RME dalam menyelesaikan soal luas bangun datar? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) ingin meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan RME dalam menyelesaikan soal luas bangun datar. (2) ingin meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan-pendekatan RME dalam menyelesaikan soal luas bangun datar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas atau PTK yang dilaksanakan ke dalam beberapa tahapan yaitu: prasiklus, siklus I, dan siklus II, dan setiap siklus terdiri dari: perencanaan, tindakan, observasi dan releksi. Sedangkan instumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes tertulis. Berdasarkan pengolahan data hasil analisis dan pembahasan terhadap meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan RME ini setiap siklus semakin meningkat dapat di lihat dari nilai rata-rata siklus, yaitu siklus I nilai rata-ratanya 58 dan siklus II nilai rata-ratanya 78,66 siklus .Dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa penggunaan pendekatan RME pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada konsep luas bangun datar.

References

Arifudin, O. (2019). Manajemen Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Perguruan Tinggi. MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(1), 161–169.

Arikunto,S. (1992 ). Prosedur penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, S. dkk. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Asikin.(2001).Pembelajaran Matematika di SD. [Online]. Tersedia: http://asikin.wordpress.com [ 24 Mei 2014]

BSNP. (2006). Standar Isi Mata Palajaran Matematika SD/MI. Jakarta: Depdiknas.

Depdikbud. (1996). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan. Jakarta.

Djamarah.(2011). Aktivitas Belajar Siswa. [Online]. Tersedia: http://mathematic.wordpress.com [ 20 Juni 2014]

Freudental.(1979). Realistic Mathematic Realistic. [Online]. Tersedia: http://mathematic.wordpress.com [ 22 Juni 2014]

Grave Meijer.(1994). Realistic Mathematic Realistic. [Online]. Tersedia: http://mathematic.wordpress.com [ 20 Juni 2014]

Kusnandar.(2008). Penelitian Tindakan Kelas. [Online]. Tersedia: http://kusnandar.wordpress.com [ 24 Mei 2014].

Muchtar.(1996).Simbol Matematika. [Online]. Tersedia: http://muchtar.wordpress.com [ 24 Mei 2014].

Setiamiharja, R dan Kusmiyati. (2008 ). Pendekatan Open Ended dalam Pembelajaran matematika di Sekolah. Bandung: Jurnal Pendidikan Dasar.

Slamet. (1988). Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bumi Aksara.

Slaettenhaar.(2000). Realistic Mathematic Realistic. [Online]. Tersedia: http://mathematic.wordpress.com [ 23 Juni 2014]

Sudjana, N. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : SB Algensindo.

Sudjatmiko, P. (2004). Matematika Kreatif Konsep dan Terapannya. Solo: PT Tiga serangkai Pustaka mandiri.

Tim MKPBM. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: FMIPA UPI.

Tiurlina.(2004). Teori Belajar. [Online]. Tersedia: http://tiurlina.wordpress.com [ 23 Juni 2014]

Wahyudin. (2008). Pembelajaran dan Model-model Pembelajaran. Ipa Abong: Jakarta.

Windayana, H. (2007). Pembelajaran Matematiak Realistik Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Logis, Kreatif Dan Kritis, Serta Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Dasar. Bandung: Jurnal Pendidikan Dasar

Zainurie. (2007). Pembelajaran Matematika Realistik. [Online]. Tersedia: http://zainurie.wordpress.com/2007/04/13 [ 10 Mei 2014]

Downloads

Published

2019-08-30

How to Cite

Nasem, N., Chabibah, N. ., & Melaniadari, I. . (2019). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHETMATIC EDUCATION (RME) PADA MATERI LUAS BANGUN DATAR. Jurnal Tahsinia, 1(1), 73–81. https://doi.org/10.57171/jt.v1i1.42

Most read articles by the same author(s)