MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MI TARBIYAH ISLAMIYAH DALAM PELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA DENGAN METODE SING THE NATIONAL ANTHEM MELALUI VOKALISI

Authors

  • Hendar STIT Rakeyan Santang
  • Hani Nurhayanti STIT Rakeyan Santang
  • Ruhama Kamila STIT Rakeyan Santang

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v1i1.41

Keywords:

Hasil belajar siswa, metode

Abstract

Tertera jelas pada Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003 Nomor 20 Bab 1 Pasal 1 Ayat 1: "Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara". Begitu pentingnya pendidikan bagi setiap orang maka sudah seharusnya pendidikan yang ada di negara ini harus berjalan dan berlangsung secara maksimal. Berdasarkan hasil observasi awal kelas IV MI Tarbiyah Islamiyah bahwa hasil bernyanyi lagu nasional masih rendah dibanding dengan materi lainnya. Rendahnya hasil belajar ditandai dengan banyaknya siswa yang belum mencapai KKM. Melihat hal tersebut maka peneliti melakukan penelitian tentang “Meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Tarbiyah Islamiyah dalam pelajaran Seni Budaya Dan Prakarya dengan metode "sing the national anthem" melalui vokalisi. Dari hasil ini terjadi peningkatan keterampilan bernyanyi lagu nasional siswa kelas IV di MI Tarbiyah Islamiyah Tahun Ajaran 2019-2020. Peningkatan hasil pembelajaran dapat dilihat dari pra-siklus ke siklus I sebesar 25%. Kemudian dari siklus I ke siklus II nilai rata-rata kembali mengalami peningkatan sebesar 20%. Dengan demikian menunjukkan bahwa nilai rata-rata Pra-Siklus sebesar 60,00 meningkat menjadi sebesar 80,00 pada siklus II telah mencapai kriteria BAIK.

References

Arifudin, O. (2018). Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Tenaga Kependidikan Stit Rakeyan Santang Karawang. MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(3), 209–218.

Astuti, dkk. 2013. Apresiasi Generasi Muda Terhadap Lagu-Lagu Perjuangan. Yogyakarta: Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB);

Fitri, Urvia Syahra. 2016. Pelaksanaan Pembelajaran Seni Budaya Dan Keterampilan (Sbk) Dalam Membentuk Karakter Kerjasama Siswa Kelas Tinggi Di Sdn Tambakaji 05 Semarang. Melalui akses dari : http://lib.unnes.ac.id/24469/.

Kristanto, M. 2013. Pendidikan Seni Budaya dan Keterampilan sebagai Pendidikan Karakter. Hlm 39-52. Jakarta: Prosiding Seminar Nasional dan Bedah Buku Pendidikan Karakter dalam Implementasi Kurikulum 2013.

Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif, (Edisi Revisi) Bandung. CV. Rosdakarya.

Mintargo dkk. 2012. Kontinuitas dan Perubahan Makna Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Jurnal Kawistara 2(3):225-328.

Muttaqin dkk. 2008. Seni Musik Klasik Untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan;

Nurhayati, Lusi. 2009. Penggunaan Lagu Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Siswa SD. Pada Jurnalnya Halaman 5. Melalui akses dari : https://media.neliti.com/media/publications/220186-penggunaan-lagu-dalam-pembelajaran-bahas.pdf. Pada tanggal 12 September 2020.

Nur, Gina Dewi Lestari. 2014. Pembelajaran Vokal Grup dalam Kegiatan Pembelajaran Diri di SMP Negeri 1 Panumbangan. Melalui akses dari : http://repository.upi.edu/7374/5/S_SDT_0901886_Chapter2.pdf. Pada tanggal 15 September 2020

Nugraha, Nicolas Aditiya. 2015. Upaya Peningkatan Keterampilan Bernyanyi Melalui Vokalisi Dalam Ekstrakurikuler Paduan Suara Di Smp Pangudi Luhur Santo Aloysius Bayat. Melalui akses dari : https://eprints.uny.ac.id/17405/2/Skripsi_Nicolas%20Aditya%20Nugraha_11208241022.pdf.

Satrio, 2011. Peningkatan Motivasi Belajar Bernyanyi Lagu Nasional Melalui Pemanfaatan Media Audiovisual di SDN Pejuang VII Medan Satria Bekasi. Jurnal Ilmiah PGSD Volume III Nomor 2.

Sudjana, Nana. 2015. Penilaian Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sudijono, Anas. 2013. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta : Rajawali Pers.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung.

Sukardi. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Susanto, Ahmad. 2015. Teori Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Triatnasari, Vera. 2017. Penggunaan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas III B MIN 11 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017. Melalui akses dari :http://repository.radenintan.ac.id/621/1/skripsi_lengkap_1.pdf.

Downloads

Published

2019-08-30

How to Cite

Hendar, H., Nurhayanti, H. ., & Kamila, R. . (2019). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MI TARBIYAH ISLAMIYAH DALAM PELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA DENGAN METODE SING THE NATIONAL ANTHEM MELALUI VOKALISI. Jurnal Tahsinia, 1(1), 63–72. https://doi.org/10.57171/jt.v1i1.41

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.