PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DALAM MEMAHAMI KONSEP HUBUNGAN ANTARA STRUKTUR ORGAN TUBUH MANUSIA DENGAN FUNGSI DAN PEMELIHARAANNYA

Authors

  • Ety Kusmiati STIT Rakeyan Santang
  • Dede Kusnadi STIT Rakeyan Santang
  • Latipah STIT Rakeyan Santang

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v1i1.36

Keywords:

Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, Struktur Organ Tubuh Manusia

Abstract

Dalam kegiatan pembelajaran, guru memelukan metode pembelajaran yang tepat untuk keberhasilan proses kegiatan belajar mengajar. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran problem based learning. Model problem based learning adalah rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada pembelajaran berdasarkan masalah, artinya siswa dituntut untuk dapat berfikir secara kritis dan analisis untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ditemukan dalam kehidupan nyata. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mencoba dan mencari solusi atau titik temu dalam memecahkan masalah yang ada di dalam kelas (siswa). Penelitian ini dilaksanakan dikelas IV SDN SRIJAYA III Kecamatan Tirtajaya Kabupaten Karawang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran problem based learning ternyata memberikan dampak yang baik kepada hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Peningkatan hasil belajar siswa mengalami perbaikan dari pra siklus, ke-1, dan ke-2. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi pada nilai pra siklus yaitu dengan rata-rata 48 hanya 6 orang siswa (27 %) yang telah mencapai KKM dengan nilai tertinggi 74. Siklus I mengalami peningkatan rata-rata menjadi 71 dengan sebanyak 16 siswa atau 73 % dinyatakan telah mencapai KKM. Dan pada siklus ke-2 juga mengalami peningkatan yaitu dengan rata-rata 76 dengan 85 % siswa telah mencapai KKM.

References

Abdurrahman, M. (1994) Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arifudin, O. (2018) ‘Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Tenaga Kependidikan Stit Rakeyan Santang Karawang’, MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(3), pp. 209–218.

Arifudin, O. (2019) ‘Manajemen Sistem Penjaminan Mutu Internal (Spmi) Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Perguruan Tinggi’, MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(1), pp. 161–169.

Bundu, P. (2006) Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalamPembelajaran Sains. Jakarta: Depdiknas.

Dahar, R. W. (1989) Teori Belajar. Jakarta: Erlangga Press.

Dalyono, M. (2010) Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Daouas, T. and Dahmane, R. G. (2015) ‘Problem-Based Learning Problem-Based Learning’, (October 2012).

Duch, J. . (2010) Problems: A Key Factor in PBL.

Jacobson, W. J. & Bergman, A. B. (1980) Science for Children: A Book for Teacher. New Jersey: Prentice- Hall.

Kaligis, H. D. dan (2003) Pendidikan IPA II. Jakarta: Departemen P dan K Dirjen Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kerja.

Mulyasa, E. (2010) Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan). Bandung: Rosda.

Purwanto (2011) Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rita Eka Izzaty, D. (2008) Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.

Samatowa, U. (2006) Bagaimana Membelajarkan IPA Di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Sugihartono, D. (2007) Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers.

Sukarnyana, K. K. E. . dan W. (2006) Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Malang: Universitas Negeri Malang (UM PRESS).

Suradijono, S. (2004) Problem Based Learning. Jogjakarta: ANDI.

Tanjung, R. (2019) ‘Manajemen Pelayanan Prima Dalam Meningkatkan Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Pembelajaran (Studi Kasus di STIT Rakeyan Santang Karawang)’, Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(1), pp. 234–242.

Trianto (2012) Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Winkel, W. S. (2004) Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2019-08-30

How to Cite

Kusmiati, E. ., Kusnadi, D. ., & Latipah, L. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DALAM MEMAHAMI KONSEP HUBUNGAN ANTARA STRUKTUR ORGAN TUBUH MANUSIA DENGAN FUNGSI DAN PEMELIHARAANNYA. Jurnal Tahsinia, 1(1), 49–62. https://doi.org/10.57171/jt.v1i1.36