PEMANFAATAN MEDIA MASSA ELEKTRONIK UNTUK MENINGKATAN KINERJA PENGAJARAN DI PTKIS

Authors

  • Junaidi Junaidi STAI Yasba Kalianda Lampung Selatan

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v5i7.359

Keywords:

Media Massa Elektronik, Kinerja Mengajar, PTKIS.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemanfaatan media massa elektronik dalam meningkatkan kinerja mengajar di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIS). Banyak PTKIS yang masih menggunakan metode pengajaran tradisional yang terkadang kurang relevan dengan kebutuhan pembelajaran modern. Media massa elektronik dapat menjadi solusi untuk mengatasi keterbatasan tersebut dengan menyajikan materi yang lebih kaya dan bervariasi. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan responden dari 4 PTKIS yaitu STAI Yasba Kalianda, Institut Agama Islam (IAI) Darul Fatah, Universitas Ma'arif Lampung (Umala), dan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pringsewu, data dianalisis menggunakan metode Aplikasi SPSS untuk menguji signifikansi pengaruh media massa elektronik terhadap kinerja mengajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media massa elektronik mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja pembelajaran, dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05). Besarnya pengaruh tersebut mencapai 36%, sedangkan 64% masih dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel yang diteliti. Penelitian ini menegaskan bahwa pemanfaatan media massa elektronik dapat menjadi strategi yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di PTKIS. Media massa elektronik berkontribusi dalam meningkatkan kinerja pembelajaran, khususnya website yang diikuti oleh televisi dan radio.

References

Arifin, A. (2024). The Relationship Between Classroom Environment, Teacher Professional Development, and Student Academic Performance in Secondary Education. International Education Trend Issues, 2(2), 151–159.

Arifudin, O. (2019). Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Di PT. GLOBAL (PT.GM). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(2), 184–190.

Arifudin, O. (2022). Teacher Personality Competence In Building The Character Of Students. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(1), 5–12.

Arifudin, O. (2024). Research Trends Education Management In Indonesia. Journal of Education Global, 1(2), 165–173.

Ipaenin dkk. (2023). Pemanfaatan Media Massa dalam Meningkatkan Komptensi Siswa Menuju Industri 5.0. Mangente: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat., 2(2), 207-216.

Nasem, N. (2018). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi terhadap Produktivitas Kerja Tenaga Kependidikan Stit Rakeyan Santang Karawang. Jurnal Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 2(3), 209–218.

Ningsih, I. W. (2024). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Tahsinia, 5(1), 23–37.

Nuary, M. G. (2024). Teacher Strategies In Instilling Nationalist Values In The Millennial Generation In The Technological Era. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 954–966.

Ramli, A. (2024). Analysis of the Influence of Organizational Commitment on Work Discipline of Public High School Teachers. Journal on Education, 6(2), 12927–12934.

Rifky, S. (2024). Professionalism Of Educators In Learning Development. International Journal of Teaching and Learning, 2(2), 579–588.

Sanulita, H. (2024). Analysis Of The Effectiveness Of Audio Visual Learning Media Based On Macromedia Flash Usage On School Program Of Increasing Student Learning Motivation. Journal on Education, 6(2), 12641–12650.

Sappaile, B. I. (2024). The Role of Artificial Intelligence in the Development of Digital Era Educational Progress. Journal of Artificial Intelligence and Development, 3(1), 1–8.

Shavab, F. A. (2021). Dasar Manajemen & Kewirausahaan (Sebuah Tinjauan Teori Dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Silaen, N. R. (2021). Kinerja Karyawan. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Tanjung, R. (2020). Analisis Pengaruh Penilaian Kinerja Dan Kompensasi Terhadap Produktivitas Kerja Pada PDAM Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(1), 71–80.

Ulfah, U. (2023). Analisis Teori Taksonomi Bloom Pada Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 4(1), 13–22.

Downloads

Published

2024-10-30

How to Cite

Junaidi, J. (2024). PEMANFAATAN MEDIA MASSA ELEKTRONIK UNTUK MENINGKATAN KINERJA PENGAJARAN DI PTKIS. Jurnal Tahsinia, 5(7), 1044–1054. https://doi.org/10.57171/jt.v5i7.359

Issue

Section

Artikel