UPAYA PENERAPAN METODE PROBING PROMTING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAHLUK HIDUP
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v1i1.34Keywords:
Upaya Penerapan, Probing Promting, Pembelajaran IPA, Materi PertumbuhanAbstract
Keberhasilan pencapaian kompetensi suatu mata pelajaran tergantung kepada beberapa aspek. Salah satu aspek yang sangat mempengaruhi adalah bagaimana cara seorang guru melaksanakan pembelajaran. Kenyataan dilapangan khususnya di SDN Sumurlaban II pada pembelajaran IPA di Kelas VI, proses pembelajaran belum maksimal sesuai dengan harapan kurikulum. Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatan proses aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alamdengan menggunakan metodepembelajaran Probing Prompting. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang membahas “Upaya Menerapkan Metode Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas VI di SDN Sumurlaban II Kecamatan Tirtajaya Tahun Pelajaran 2019/2020”. Hasil penelitian ini bahwa hasil belajar IPA kelas VI pada materi pertumbuhan dan perkembangan mahluk hidup meningkat dengan menerapkan model Probing Prompting, hal ini terbukti dari perolehan nilai rata-rata hasil belajar pada setiap siklus. Dalam kegiatan prasiklus nilai rata-rata siswa 61,39 dengan prosentase 38,9%, sedangkan perolehan nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 66,37 dengan prosentase 66,6%, hal ini mengalami peningkatan sebesar 27,7%. Pada siklus II perolehan nilai rata-rata siswa 69,7 dengan prosentase 77,7%, hal ini mengalam peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 11,1%, begitu pun di siklus III mengalami peningkatan sebesar 11,1% dengan perolehan nilai rata-rata 87,83 dengan prosentase 94,4%.
References
Abdorrakhman, G. (2008) Esensi Praktis Belajar & Pembelajaran. Bandung: Humaniora.
Arifudin, O. (2018) ‘Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Tenaga Kependidikan Stit Rakeyan Santang Karawang’, MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(3), pp. 209–218.
Arifudin, O. (2019) ‘Manajemen Sistem Penjaminan Mutu Internal (Spmi) Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Perguruan TinggI’, MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(1), pp. 161–169.
Depdikbud (1997) Buku Panduan Pendidikan Sistem Ganda. Jakarta: Depdikbud.
Hamalik, O. (2002) Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Jacobson, W. J. & Bergman, A. B. (1980) Science for Children: A Book for Teacher. New Jersey: Prentice- Hall.
Mayasari, Y. (2014) ‘Penerapan Teknik Probing Prompting dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Lubuk Buaya Padang’, Jurnal pendidikan Matematika FMIPA UNP, Vol. 3 No.
Muttaqin, R. F. (2013) Efektifitas Penerapan Teknik Pembelajaran Probing-Prompting Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Nawawi, H. (1989) Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas. Jakarta: PT. Haji Mas Agung.
Nurjanah, S.N., Maemunah, A. S., & Badriah, D. L. (2013) Asuhan Kebidanan Post Partum Dilengkapi dengan Asuhan Kebidanan Post Sectio Caesarea. Bandung: PT Refrika Aditama.
Rusna, R. A. (2010) Pedoman Penyusunan Laporan Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Jakarta: Departemn Pendidikan Nasional.
Sudjana, N. (2006) Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suherman, E. (2012) ‘Model Belajar Dan Pembelajaran Berorientasi Kompetensi Siswa’, Educare, 5(2), pp. 31–43.
Sukarnyana, K. K. E. . dan W. (2006) Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Malang: Universitas Negeri Malang (UM PRESS).
Tanjung, R. (2019) ‘Manajemen Pelayanan Prima Dalam Meningkatkan Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Pembelajaran (Studi Kasus di STIT Rakeyan Santang Karawang)’, Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(1), pp. 234–242.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Alfyan Syach, Dede Sugandi, Saepul Hayati Yusup

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.