PENINGKATAN KOMPETENSI GURU BERBASIS KEGIATAN SUPERVISI AKADEMIK DI SMA AN NAJA BOARDING SCHOOL

Authors

  • Zaini Hafidh Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yayah Rahyasih Universitas Pendidikan Indonesia
  • Abdul Muhyi Alawiy Athallah Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v4i1.338

Keywords:

Kompetensi Guru, Pembinaan Guru, Supervisi Akademik

Abstract

Manajemen sumber daya manusia dalam bidang pendidikan sangat dibutuhkan dalam mewujudkan tujuan baik pada sekolah maupun lembaga pendidikan lainnya untuk mencapai tujuan organisasi tersebut Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kompetensi guru berbasis kegiatan supervisi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan studi dokumen. Analisis data berupa unitisasi data, kategorisasi dan penafsiran data serta uji absah data.. Kegiatan supervisi akademik di SMA An Naja Boarding School dilakukan dengan tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang dilakukan setiap semester. Kegiatan pembinaan guru yang dilaksanakan sekolah dalam meningkatkan kualitas guru di SMA An Naja Boarding School yaitu IHT, workshop, dan seminar pendidikan. Adanya pembinaan guru dan supervisi akademik tersebut sangat membantu guru dalam mengembangkan dan meningkatkan kompetensinya.

References

Almasri, M. N. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia: Imlementasi Dalam Pendidikan Islam. European Journal of Immunology, 43(10), 2783–2783.

Apiyani, A. (2022). Implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Madrasah Dalam Meningkatkan Keprofesian. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 499–504.

Cresswell, J. (2015). Riset Pendidikan, Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi, Kuantitatif dan Kualitatif. Pustaka Pelajar.

Firdaus, M. I., & Sutarsih, C. (2021). Implementasi Teknik Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran. Jurnal Administrastrasi Pendidikan, 27(2), 32–41.

Hafidh, Z., Rahyasih, Y., & Oktaviani, T. (2022). Pengembangan Karir Tenaga Pendidikan Di Sekolah Menengah Atas Swasta Laboratorium Percontohan UPI. INCARE : International Journal of Educational Resources., 03(03).

Hanafiah, H. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru melalui Supervisi Klinis Kepala Sekolah. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4524–4529.

Iskandar, A. (2020). Manajemen Supervisi Akademik Kepala Madrasah ‎. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 5(1), 69–82.

Muliawan, J. U. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan dengan Studi Kasus. Gava Media.

Prastania, M. S., & Sanoto, H. (2021). Korelasi antara Supervisi Akademik dengan Kompetensi Profesional Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 861–868.

Saefudin, A., Latif, A. D. A., & Farida, I. (2022). Usia Dini Melalui Penggunaan Media Cerita Bergambar. Jurnal Tahsinia, 3(1), 80–87.

Siagian, L. (2016). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Melalui Bimbingan Berbasis MGMP DI SMKN 7 Muaro Jambitahun Pelajaran 2018/2019. 1(3), 1–23.

Sudargini, Y. (2021). Peran Supervisi Akademik dan Motivasi Kerja Terhadap Peningkatan kompetensi Guru SMA Negeri di Pati. Journal of Industrial Engineering & Management …, 2(6), 13–21.

Tanjung, R. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 291–296.

Tanjung, R. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menulis Jurnal Ilmiah. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 1(1), 42–52.

Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.

Utamy, R., Ahmad, S., & Eddy, S. (2020). Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia. Journal of Education Research, 1(3), 225–236.

VF Musyadad. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1936–1941.

Widodo, J. (2007). Supervisi Guru Mata Pelajaran Ekonomi Di Indonesia: Antara Teori Dan Realita. Dinamika Pendidikan, 2(2), 291–313.

Downloads

Published

2023-04-18

How to Cite

Hafidh, Z., Rahyasih, Y., & Muhyi Alawiy Athallah , A. . (2023). PENINGKATAN KOMPETENSI GURU BERBASIS KEGIATAN SUPERVISI AKADEMIK DI SMA AN NAJA BOARDING SCHOOL. Jurnal Tahsinia, 4(1), 12–18. https://doi.org/10.57171/jt.v4i1.338

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)