Penerapan Pendekatan Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN Rengasdengklok Selatan II)
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v1i1.33Keywords:
Pendekatan Inkuiri, Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran IPAAbstract
Berdasarkan hasil observasi di SDN Rengasdengklok Selatan II, banyak pembelajaran IPA yang memiliki masalah dalam penyampaiannya, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahaminya. Guru sering terjebak dengan masalah klasik yaitu proses pembelajaran yang monoton dan membosankan. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum penerapan pendekatan inkuiri pada pokok bahasan pesawat sederhana dalam pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Masing-masing siklus meliputi perencanaan tindakan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan di SDN Rengasdengklok Selatan II yang berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan Desa Rengasdengklok Selatan Kecamatan Rengasdengklok Kabupaten Karawang. Subjek Penelitian Tindakan Kelas adalah siswa kelas V SDN Rengasdengklok Selatan II tahun ajaran 2019/2020. Yang berjumlah 31 siswa, terdiri dari 12 orang laki-laki dan 19 orang perempuan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa pada siklus 2 sudah mencapai KKM yaitu 61,60. Aktivitas siswa sebesar pada siklus 1 aktivitas siswa meningkat dengan prosentase sebesar 35%. Pada siklus 2, aktivitas siswa mengalami peningkatan kembali dengan prosentase sebesar 85%.
References
Amalia sapriati, D. (2009) Pembelajaran IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Amri, S. dan A. K. I. (2010) Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif Dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya.
Arifudin, O. (2018) ‘Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Tenaga Kependidikan Stit Rakeyan Santang Karawang’, MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(3), pp. 209–218.
Asy’ari, D. (2007) Ilmu Pengetahuan Sosial SD untuk kelas V. Jakarta: Erlangga.
Hermawan, H. (2007) Media Pembelajaran SD. Bandung: Upi Press.
Kaligis, H. D. dan (2003) Pendidikan IPA II. Jakarta: Departemen P dan K Dirjen Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kerja.
Margaretha, H. K. dan (2002) Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi 2. Bandung: Bina Media Informasi.
Mudjiono, D. dan (2006) Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta.
Mulyasa, E. (2010) Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan). Bandung: Rosda.
R., T. (2008) Penelitian Tindakan Kelas pada Kegiatan Pengembangan Profesi Guru IPA SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK. Bandung: PT Gasindo.
Samatowa, U. (2006) Bagaimana Membelajarkan IPA Di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.
Sanjaya, W. (2010) Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Sudjana, N. (2006) Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tanjung, R. (2019) ‘Manajemen Pelayanan Prima Dalam Meningkatkan Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Pembelajaran (Studi Kasus di STIT Rakeyan Santang Karawang)’, Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(1), pp. 234–242.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Dede Ajeng Arini, Chika Gianistika, Rahmat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.