UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG KONSEP BANGUN RUANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE INQUIRI DI SDN MEKARJAYA I KECAMATAN RAWAMERTA KABUPATEN KARAWANG
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.307Keywords:
Hasil Belajar Siswa, Konsep Bangun Ruang, Metode InquiriAbstract
Pembelajaran mengenai volume bangun ruang lumayan sulit, ditambah dengan kurang minatnya siswa terhadap pembelajaran matematika dan selalu menganggap sulit pelajaran ini maka dapat mempengaruhi proses KBM dan aktivitas belajarpun sering pasif di dalam kelas. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep bangun ruang dengan metode inquiri di kelas V SDN Mekarjaya I. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini diadakan di kelas V SDN Mitrabudaya, penelitian ini menggunakan dua siklus, dimana setiap siklusnya ada empat tahapan yaitu perencanaa, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil peniltian ini menunjukan bahwa dengan menggunakan metode Inquiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat menggambarkan peningkatan aktivitas siswa dalam kelas. Sehingga direkomendasikan untuk Guru SD, Kepala Sekolah, serta pihak lain yang terkait dengan pendidikan untuk dapat menerapkan dan mengembangkan metode inquiri sebagai alternatif untuk meningkatkan dan hasil belajar siswa. Metode inquiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep bangun ruang di kelas V. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rerata kelas dari siklus I pretes adalah 38,52, postes 62,2, dan post tes siklus II adalah 82,78.
References
Arifudin, O. (2018) ‘Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Tenaga Kependidikan STIT Rakeyan Santang Karawang’, MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(3), pp. 209–218.
Arifudin, O. (2020) Psikologi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.
Arifudin, O. (2021) Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Asra (2009) Metode Pembelajaran. Jakarta: Wacana Prima.
Bahri, A. S. (2021) Pengantar Penelitian Pendidikan (Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.
Chabibah, N. (2020) ‘Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Tentang Struktur Dan Fungsi Bagian Tumbuhan’, Jurnal Tahsinia, 1(2), pp. 199–208.
Depdiknas (2006) Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Dikti.
Djafar (2010) Panduan Pendidik Pendekatan Kontekstual dan Realistik dalam Pengajaran Matematika. Jakarta: Ghina Walafafa.
Hamalik, O. (2010) Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hanafiah, H. (2021) ‘Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa’, Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), pp. 213–220.
Irwansyah, R. (2021) Perkembangan Peserta Didik. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Kuswandi, S. (2019) ‘Implementasi Metode Guided Inquiry-Discovery Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Amansari 02 Kecamatan Rengasdengklok Kabupaten Karawang’, Jurnal Tahsinia, 1(1), pp. 14–24.
Nasem, N. (2019) ‘Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Realistic Mathetmatic Education (RME) Pada Materi Luas Bangun Datar’, Jurnal Tahsinia, 1(1), pp. 73–81.
Nurhayanti, H. (2020) ‘Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Pada Kelas IV MI Hidayatul Muta’alimin Kota Bekasi’, Jurnal Tahsinia, 1(2), pp. 108–116.
Rahayu, Y. N. (2020) Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.
Ruseffendi (2005) Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.
Sudjana, N. (2006) Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugandi, D. (2020) ‘Peningkatan Minat Belajar Melalui Modelcourse Review Horay (CRH) Pada Mata Pembelajaran IPA Mengidentifikasi Fungsi Organ Tubuh’, Jurnal Tahsinia, 1(2), pp. 191–198.
Supriyadi. (2011) Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Cakrawala Ilmu.
Suryadi (2007) Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung : Imtima.
Triyono (2019) ‘Efektivitas Program Sekolah Lima Hari di Sekolah Menengah Atas dan Sederajat di Jawa Tengah: Pandangan Psikologis dan Akademik.’, Inovatif Kurikulum Dan Teknologi Pendidikan, 1(2), pp. 11–16.
Ulfah, U. (2019) ‘Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik’, Jurnal Tahsinia, 1(1), pp. 92–100.
Ulfah, U. (2020) ‘Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dalam Kurikulum 2013’, Jurnal Tahsinia, 1(2), pp. 138–146.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Rudiyana, Sony Kuswandi , Dadan Ridwan Nurzaman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.