MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MENGENAI PENGENALAN KONSEP KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA DAKON BILANGAN

Authors

  • Hani Nurhayanti STIT Rakeyan Santang
  • Hendar Hendar STIT Rakeyan Santang
  • Wulandari Wulandari STIT Rakeyan Santang

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.304

Keywords:

Matematika, KPK, Dakon Bilangan

Abstract

Pembelajaran matematika mengenai materi Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) sangat penting diajarkan di SD karena alasan berhubungan dengan kenyataan. Berdasarkan pengamatan, materi ini dianggap sulit karena metode yang digunakan oleh guru masih konvensional tidak menggunakan media pembelajaran, dari hasi studi wawancara yang dilakukan pada 18 siswa hanya satu siswa yang bisa menjawabnya, oleh karena itu perlu metode baru dalam mengatasi masalah ini. Peneliti menggunakan media dakon dengan alasan, dalam proses pembelajaran siswa diajak untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran dengan diberikan stimulus berupa media. Sesuai pada teori belajar responden dimana belajar dihasilkan dari pengalaman dengan lingkungan yang didalamnya terjadi hubungan antara stimulus dan respon. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) mengetahui peningkatan pemahaman pada materi KPK, (2) mengetahui minat siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan media dakon. Penelitian ini mengunakan metode PTK yang mengadopsi model Kemmis & Taggart yang terdiri dari dua siklus. Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan wawancara, observasi, pengisian angket dan tes, dianalisis dengan refleksi pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan secara signifikan baik dari pemahaman siswa dan minat siswa. Perolehan hasil belajar siswa dengan rata-rata pada siklus I mencapai 70 dengan persentase ketuntasan 44%, siklus II dengan rata-rata 92 dan persentase ketuntasan 100%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan media dakon bilangan pada matapelajaran matematika materi KPK dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Rangdumulya II, Kecamatan Pedes, Kabupaten Karawang.

References

Andriyani. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Selft Esteem Siswa dalam Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) Dengan Positive Feedback. Seminar Nasional Pascasarjana,

Arifudin, O. (2019). Manajemen Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Perguruan Tinggi. MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(1), 161–169.

Arifudin, O. (2020). Psikologi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Arsyad. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada.

Bahri, A. S. (2021). Pengantar Penelitian Pendidikan (Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Dahar. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Erlangga.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP) untuk Sekolah Dasar/ MI. Depdiknas.

Fathani. (2012). Matematika: Hakikat dan Logika. Yogyakarta: Ar-. Ruzz Media.

Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.

Hendar, H. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MI Tarbiyah Islamiyah Dalam Pelajaran Seni Budaya Dan Prakarya Dengan Metode Sing The National Anthem Melalui Vokalisi. Jurnal Tahsinia, 1(1), 63-72.

Mayasari, A. (2021). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pembelajaran di SMK. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(5), 340–345.

MF AK. (2021). Pembelajaran Digital. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Nasem. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Realistic Mathetmatic Education (RME) Pada Materi Luas Bangun Datar. Jurnal Tahsinia, 1(1), 73–81.

Nasem, N. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Realistic Mathetmatic Education (RME) Pada Materi Luas Bangun Datar. Jurnal Tahsinia, 1(1), 73–81.

Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Simanungkalit. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Terapan. 1 (2), 1-11.

Sofyan, Y. (2020). Peranan Konseling Dosen Wali Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Di Perguruan Tinggi Swasta Wilayah LLDIKTI IV. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 10(2), 237–242.

Sumardyono. (2004). Karakteristik Matematika dan Implementasinya Terhadap. Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Depdiknas.

Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.

Musyadad, V. F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ipa Pada Konsep Perubahan Lingkungan Fisik Dan Pengaruhnya Terhadap Daratan. Jurnal Tahsinia, 1(1), 1–13.

Downloads

Published

2021-10-30

How to Cite

Nurhayanti, H. ., Hendar, H., & Wulandari, W. (2021). MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MENGENAI PENGENALAN KONSEP KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL (KPK) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA DAKON BILANGAN. Jurnal Tahsinia, 2(2), 180–189. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.304

Issue

Section

Artikel