PENGARUH MEDIA VISUAL PADA MATERI PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.303Keywords:
Media Pembelajaran, Gambar, Pazzle, PancasilaAbstract
Saat ini siswa kelas 3 terkadang merasa malas dalam memahami materi pembelajaran. Menurut peneliti hal ini disebabkan siswa pada usia ini belum dihadapkan langsung dengan hal yag bersifat nyata atau kontekstual. Terlebih melihat karakteristik dari anak usia kelas 3 SD adalah operasional konkrit, yaitu harus dihadapkan dengan sesuatu yang nyata. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media visual dalam motivasi siswa pada materi “Pancasila” di Mi Fathul Khoer. Adapun metode penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif deskriptif dengan cara melakukan penelitian tindakan kelas. Teknik pengambilan data dilakukan dengan observasi, kuesioner dan dokumentasi. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pengaruh media visual pada materi pancasila terhadap kelas 3 Mi Fathul Khoer, 90% siswa/ siswi menyetujuai bahwa pembelajaran menggunakan media visual sangan berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa.
References
Arifudin, O. (2018) ‘Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Tenaga Kependidikan Stit Rakeyan Santang Karawang’, MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(3), pp. 209–218.
Arifudin, O. (2020) Psikologi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.
Arifudin, O. (2021) Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Arsyad (2009) Media Pembelajaran. Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada.
Bahri, A. S. (2021) Pengantar Penelitian Pendidikan (Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.
Hanafiah, H. (2021) ‘Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa’, Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), pp. 213–220.
MF AK (2021) Pembelajaran Digital. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Munir (2012) Pembelajaran Jarak Jauh. Bandung: Alfabeta.
Musyadad, V. F. (2019) ‘Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Pada Konsep Perubahan Lingkungan Fisik Dan Pengaruhnya Terhadap Daratan’, Jurnal Tahsinia, 1(1), pp. 1–13.
Nasser, A. A. (2021) ‘Sistem Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Dalam Meningkatkan Mutu Siswa Di Era Pandemi’, Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 7(1), pp. 100–109.
Pilemon (2014) ‘Penerapan pembelajaran dengan media visual untuk meningkat hasil belajar pada siswa kelas V SD Inpres 012 Bajawali Kecamatan mamuju utara.’, Jurnal Kreatif Online, 3(2), pp. 1–9.
Rahayu, Y. N. (2020) Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.
Sardiman (2016) Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Sardiman, A. M. (2011) Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo.
Sugiyono (2015) Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif dan R&D). Bandung : CV. Alfabeta.
Syazali (2017) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash.’, Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), pp. 179–189.
Tanjung, R. (2019) ‘Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Cerita Pendek Dengan Menggunakan Metode Talking Stick Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia’, Jurnal Tahsinia, 1(1), pp. 82–91.
Ulfah, U. (2019) ‘Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik’, Jurnal Tahsinia, 1(1), pp. 92–100.
Ulfah, U. (2020) ‘Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dalam Kurikulum 2013’, Jurnal Tahsinia, 1(2), pp. 38–146.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Annisa Mayasari, Windi Pujasari, Ulfah, Opan Arifudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.