PEMANFAATAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK TWO STAY TWO STRAY DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Authors

  • Chika Gianistika STIT Rakeyan Santang
  • Dede Ajeng Arini STIT Rakeyan Santang
  • Syifa Azizah STIT Rakeyan Santang

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.301

Keywords:

Cooperative learning, Two Stay Two Stray, Hasil Belajar, Tokoh Sejarah

Abstract

Berdasar studi awal, kemampuan siswa dalam memahami materi tokoh sejarah pada masa Hindu, Budha dan Islam di kelas V SD Negeri Parungjaya. Guru masih melakukan pembelajaran yang tradisional hanya berceramah mengenai materi yang akan diajarkan, jadi konsep-konsep IPS yang diperoleh siswa pun hanya berupa konsep-konsep yang sudah ada, dan hasil belajar siswa berada di bawah KKM. Berdasarkan kondisi tersebut maka diterapkanlah suatu model pembelajaran kooperatif teknik two stay two stray dengan menggunakan media gambar. Melalui metode penelitian tindakan kelas (classroom action research), dengan menggunakan instrument observasi, wawancara, catatan lapangan, dan tes akhir sebagai upaya untuk memperbaiki permasalahan tersebut di atas. Penelitian ini mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif teknik two stay two stray dengan menggunakan media gambar pada materi tokoh sejarah pada masa hindu, budha dan islam di kelas V SD Negeri Parungjaya. Selain dapat meningkatkan hasil belajar siswa, juga dapat meningkatkan  kinerja guru dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil pelaksanaan tindakan sebanyak dua siklus, persentase pencapaian indikator dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan. data awal siswa yang tuntas sebanyak enam siswa dengan persentase 37,5%, pada siklus I menjadi siswa yang tuntas sebanyak 12 siswa dengan persentase 75%, pada siklus II menjadi siswa yang tuntas sebanyak 14 siswa dengan persentase 87,5%. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran kooperatif teknik two stay two stray dengan menggunakan media gambar di kelas V SD Negeri Parungjaya dapat meningkatkan pemahaman materi tokoh sejarah pada masa hindu, budha dan islam dan hasil belajar siswa.

References

Arifudin, O. (2021). Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Arifudin, O. (2020). Psikologi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Arifudin, O. (2019). Manajemen Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Perguruan Tinggi. MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(1), 161–169.

Arikunto, S. (2005). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan . Bandung : PT. Bumi Aksara

Asma, N. (2006). Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Depdiknas

Badan Nasional Standar Pendidikan. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SD Kelas V. Jakarta : Depdiknas.

Bahri, A. S. (2021). Pengantar Penelitian Pendidikan (Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Chabibah, N. (2020). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Tentang Struktur Dan Fungsi Bagian Tumbuhan. Jurnal Tahsinia, 1(2), 199–208.

Depdiknas. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas, 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.

Hanifah, N. 2008. Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Hasbi, I. (2021). Administrasi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktik). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Hendar, H. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MI Tarbiyah Islamiyah Dalam Pelajaran Seni Budaya Dan Prakarya Dengan Metode Sing The National Anthem Melalui Vokalisi. Jurnal Tahsinia, 1(1), 63-72.

Ibrahim. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Kusmiati, E. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalammeningkatkan Hasil Belajar Siswapada Pembelajaran Ipa Dalammemahami Konsep Hubungan Antara Struktur Organ Tubuh Manusia Dengan Fungsi Danpemeliharaannya. Jurnal Tahsinia, 1(1), 49–62.

Kuswandi, S. (2019). Implementasi Metode Guided Inquiry-Discovery Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Amansari 02 Kecamatan Rengasdengklok Kabupaten Karawang. Jurnal Tahsinia, 1(1), 14–24.

Lie, A. (2008). Cooperative Learning. Jakarta : Grasindo.

Nasem, N. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Realistic Mathetmatic Education (RME) Pada Materi Luas Bangun Datar. Jurnal Tahsinia, 1(1), 73–81.

Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Suprijono. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Surabaya : Pustaka Pelajar.

Sutardi, dkk. (2007). Pembaharuan Pembelajaran Di SD. Bandung: UPI Press.

Syach, A. (2019). Upaya Penerapan Metode Probing Promting Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan Mahluk Hidup. Jurnal Tahsinia, 1(1), 38–48.

Tanjung, R. (2019). Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Cerita Pendek Dengan Menggunakan Metode Talking Stick Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 1(1), 82–91.

Tanjung, R. (2020). Model Cooperative Learning Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Sub Pokok Bahasan Jenis-Jenis Tanah. Jurnal Tahsinia, 1(2), 169–180.

Tanjung, R. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 291–296.

Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.

Ulfah, U. (2020). Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138–146.

Downloads

Published

2021-10-30

How to Cite

Gianistika, C. ., Ajeng Arini, D. ., & Azizah, S. . (2021). PEMANFAATAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK TWO STAY TWO STRAY DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL. Jurnal Tahsinia, 2(2), 144–157. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.301

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)