KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM

Authors

  • Dede Kusnadi STIT Rakeyan Santang
  • Vina Febiani Musyadad STIT Rakeyan Santang
  • Makky Ma'mun STIT Rakeyan Santang

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.300

Keywords:

Metode Scramble, Kemampuan Membaca Pemahaman, Bahasa Indonesia

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui model pembelajaran learning cycle pada mata pelajaran IPA. Penenlitian ini dilaksanakan dengan metode penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dan pembahasan yang telah dilaksanakan di kelas IV SDN Tanjungsari I Kecamatan Cilebar Kabupaten Karawang maka hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) Pembelajaran dengan menggunakan model Learning Cycle melalui mata pelajaran IPA ternyata mampu meningkatkan mutu dan kualitas proses pembelajaran secara efektif dan efisien; 2) Dapat diperoleh hasil pada saat Proses Pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Learning Cycle Pada tahap Pra Tindakan, Jumlah peserta didik yang serius mengikuti pembelajaran adalah 5 orang atau 25% dan jumlah peserta didik yang tidak serius adalah 15 orang atau 75%. Namun selama proses pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran Learning Cycle ini, Jumlah peserta didik yang serius mengikuti pembelajaran meningkat yaitu 18 orang atau 90% dan jumlah peserta didik yang tidak serius adalah 2 orang atau 10%; 3) Sebanyak 70% peserta didik pada siklus I telah mampu mengerjakan tes evaluasi dan mendapatkan nilai ≥ 60% yaitu batas minimum ketuntasan hasil belajar, sedangkan pada siklus II sebanyak 90% peserta didik telah mampu memenuhi nilai KKM, yang berarti indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas ini telah tercapai dan dikatakan berhasil. Pelaksanaan pembelajaran Learning Cycle materi Sumber daya alam dikatakan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

References

Adilah. (2015). Model Learning Cycle 7E Dalam Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal UNS Surakarta. 6 (1), 60-77.

Andriyani. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Selft Esteem Siswa dalam Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) Dengan Positive Feedback. Seminar Nasional Pascasarjana.

Arifudin, O. (2019). Manajemen Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Perguruan Tinggi. MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(1), 161–169.

Arifudin, O. (2020). Psikologi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Arifudin, O. (2021). Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Bahri, A. S. (2021). Pengantar Penelitian Pendidikan (Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Dahar. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Erlangga.

Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.

Mayasari, A. (2021). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pembelajaran di SMK. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(5), 340–345.

MF AK. (2021). Pembelajaran Digital. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Mulyasa, E. (2010). Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan). Rosda.

Musyadad, V. F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ipa Pada Konsep Perubahan Lingkungan Fisik Dan Pengaruhnya Terhadap Daratan. Jurnal Tahsinia, 1(1), 1–13.

Nasem. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Realistic Mathetmatic Education (RME) Pada Materi Luas Bangun Datar. Jurnal Tahsinia, 1(1), 73–81.

Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Sapriati. (2009). Pembelajaran IPA di SD. Jakarta: Universitas. Terbuka.

Sofyan, Y. (2020). Peranan Konseling Dosen Wali Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Di Perguruan Tinggi Swasta Wilayah LLDIKTI IV. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 10(2), 237–242.

Tanjung, R. (2019). Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Cerita Pendek Dengan Menggunakan Metode Talking Stick Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 1(1), 82–91.

Tanjung, R. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 291–296.

Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.

Ulfah, U. (2020). Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 38–146.

Downloads

Published

2021-10-30

How to Cite

Kusnadi, D. ., Febiani Musyadad, V. ., & Ma’mun, M. . (2021). KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM. Jurnal Tahsinia, 2(2), 134–143. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.300

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)