PENERAPAN MODEL PICTORIAL RIDDLE DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS

Authors

  • Ety Kusmiati STIT Rakeyan Santang
  • Nur Chabibah STIT Rakeyan Santang
  • Mala Khoiri Rizkiah STIT Rakeyan Santang

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.298

Keywords:

Model Pictorial Riddle, Kreativitas Belajar, IPS

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa dengan penerapan model pictorial riddle pada pembelajaran IPS. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Mulyasejati II dengan jumlah 19 orang siswa, yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan. sumber data dalam penelitian tindakan kelas ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Mulyasejati II, data siswa yang diambil berupa tes hasil belajar. Guru sebagai peneliti berupa aktifitas guru dalam pembelajaran, dan interaksi antara guru dengan siswa dalam proses pembelajaran. Hasil dari penelitian ini bahwa penerapan model pictorial riddle (Kunci kesuksesan) dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar kreatifitas siswa. Melalui dua siklus tindakan yaitu siklus ke-1 dan siklus ke-3 keterlibatan siswa secara fisik, emosional, dan social dalam proses pembelajaran baik secara klasikal maupun individual terus mengalami peningkatan. Kemudian berdasarkan hasil ulangan juga mengalami peningkatan hal ini dibuktikan pula dengan jumlah siswa yang mencapai KKM sebelum penelitian dilaksanakan yaitu hanya 19 siswa dengan presentase 39,57%.

References

Arifudin, O. (2020). Psikologi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Arifudin, O. (2021). Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Arini, D. A. (2019). Penerapan Pendekatan Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN Rengasdengklok Selatan II). Jurnal Tahsinia, 1(1), 25–37.

Bahri, A. S. (2021). Pengantar Penelitian Pendidikan (Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Effendi, M. (2016). Integrasi pembelajaran active learning dan internet-based learning dalam meningkatkan keaktifan dan kreativitas belajar. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 283-309.

Febriana, M. A. (2018). Penerapan model pembelajaran Inquiry Pictorial Riddle untuk meningkatkan keaktifan siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 4(1), 10-16.

Gianistika, C. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Gaya Pada Peserta Didik Kelas IV SDN Cengkong II Kecamatan Purwasari Kabupaten Karawang Tahun Akademik 2021/2022. Jurnal Tahsinia, 1(2), 181–190.

Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.

Haryono. (2013). Pembelajaran IPA yang Menarik dan Mengasyikan : Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Kapel Press.

Hendar. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Mi Tarbiyah Islamiyah Dalam Pelajaran Seni Budaya Dan Prakarya Dengan Metode Sing The National Anthem Melalui Vokalisi. Jurnal Tahsinia, 1(1), 63-72.

Isnawati, N. &. (2015). Kemandirian belajar ditinjau dari kreativitas belajar dan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal pendidikan ilmu sosial, 25(1), 128-144.

Kusmiati, E. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalammeningkatkan Hasil Belajar Siswapada Pembelajaran IPA Dalammemahami Konsep Hubungan Antara Struktur Organ Tubuh Manusia Dengan Fungsi Danpemeliharaannya. Jurnal Tahsinia, 1(1), 49–62.

Nasem. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Realistic Mathetmatic Education (RME) Pada Materi Luas Bangun Datar. Jurnal Tahsinia, 1(1), 73–81.

Ngalimun. (2013). Perkembangan dan Pengembangan Kreativitas. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Rizkiah, A. W. (2018). LKPD Discussion Activity Terintegrasi Keislaman dengan Pendekatan Pictorial Riddle pada Materi Pecahan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 39-47.

Samsudin, A. (2011). Kreativitas dalam Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Setyowati, D. &. (2016). Pengaruh minat, kepercayaan diri, dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar matematika. . Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 5(1), 66-72.

Siagian, R. E. (2015). Metode pembelajaran inquiry dan pengaruhnya terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kreativitas belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(1).

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Surya, C. M. (2020). Upaya Meningkatkan Pengenalan Warna Melalui Metode Bermain Dengan Alat Penjepit Pakaian. Jurnal Tahsinia, 1(2), 147–154.

Tanjung, R. (2019). Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks Cerita Pendek Dengan Menggunakan Metode Talking Stick Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 1(1), 82–91.

Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.

Ulfah, U. (2020). Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138–146.

Downloads

Published

2021-10-30

How to Cite

Kusmiati, E. ., Chabibah, N. ., & Khoiri Rizkiah, M. . (2021). PENERAPAN MODEL PICTORIAL RIDDLE DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS. Jurnal Tahsinia, 2(2), 114–123. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.298

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)