MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN’S LEARNING IN SCIENCE (CLIS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA

Authors

  • Dede Sugandi STIT Rakeyan Santang
  • Alfyan Syach STIT Rakeyan Santang
  • Ira Nur Fadilah STIT Rakeyan Santang

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.297

Keywords:

Children’s Learning in Science, Kemampuan Berpikir Kreatif, IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Children’s Learning in Science (CLIS) terhadap kemempuan berpiikir kreatif siswa. Metode yang diugnakan yaitu metode kuasi eksperimen, dengan desain penelitian pretest posttest. Adapun instrument yang digunakan yaitu berupa tes kemampuan berpikir kreatif dengan jumblah soal sebanyak 5 soal. Pengolahan data mengunakan bantuan Software SPSS 17.0  dan Microsoft Excel 2007. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Alun-Alun. Hasil penelitian menyimpulkan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang mendapat pembelajaran Children’s Learning in Science (CLIS) lebih baik secara signifikan dibandingkan dengan siswa yang mendapat pembelajaran Direct Instruction (Pembejaran langsung). Hal ni dapat dilihat dari pengitungan Ngain ternomalisai dimana kelas ekperimen lebih tinggi, dengan demikian model Children’s Learning in Science (CLIS) berpengaruh secara signipikan terhadap kemapuan berpikir kreatif siswa.

References

Arhesa, S. P. (2020). engaruh Model Pembelajaran Directive Instruction Terhadap Keterampilan Gerak Dasar Renang Gaya Dada. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Vol. 2, (pp. 864-869).

Arifudin, O. (2020). Psikologi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Arifudin, O. (2021). Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung : Widina Bhakti Persada

Arini, D. A. (2019). Penerapan Pendekatan Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN Rengasdengklok Selatan II). Jurnal Tahsinia, 1(1), 25–37.

Arisantiani, N. K. (2017). Pengaruh model pembelajaran childrens learning in science (CLIS) berbantuan media lingkungan terhadap kompetensi pengetahuan IPA. Journal of Education Technology, 1(2), 124-132.

Indrawati, S. (2009). Pembelajaran Aktif Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Indriyani, D. &. (2019). The Influence of Children's Learning on Science (CLIS) Model on Student Learning Outcomes Integrated Thematics on Class IV Sd. International Journal of Educational Dynamics, 1(2), 25-32.

Laili, Y. N. (2015). Pengaruh model children learning in science (CLIS) disertai LKS berbasis multirepresentasi terhadap aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika di SMA Kabupaten Jember. Jurnal Pembelajaran.

Samatowa, U. (2010). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Indeks.

Sele, Y. (2019). Optimizing the potential of children learning in science (clis) with brain gym: review on human circulatory concepts. . Biosfer : Jurnal Pendidikan Biologi, 12(2), 238-248.

Sugandi, D. (2020). Peningkatan Minat Belajar Melalui Modelcourse Review Horay (CRH) Pada Mata Pembelajaran IPA Mengidentifikasi Fungsi Organ Tubuh. Jurnal Tahsinia, 1(2), 191–198.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di SD. Jakarta: PT Kencana.

Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.

Ulfah, U. (2020). Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138–146.

Wahyu, Y. E. (2020). Problematika pemanfaatan media pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 107-112.

Wedyawati, N. &. (2019). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Bandung: Deepublish.

Downloads

Published

2021-10-30

How to Cite

Sugandi, D. ., Syach, A. ., & Nur Fadilah, I. . (2021). MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN’S LEARNING IN SCIENCE (CLIS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA. Jurnal Tahsinia, 2(2), 107–113. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.297

Issue

Section

Artikel