PENGARUH MEDIA FLASHCARD DALAM MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA PADA MATERI MUFRODAT BAHASA ARAB

Authors

  • Nafsiah Hafidzoh Rahman STAI Sabili Bandung
  • Annisa Mayasari STAI Sabili Bandung
  • Opan Arifudin Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Indah Wahyu Ningsih STAI Al Hidayah Bogor

DOI:

https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.296

Keywords:

Media Pembelajaran, Flashcard, Bahasa Arab, Kemampuan Siswa

Abstract

Prestasi belajar adalah hasil yang telah dicapai dari aktifitas yang menghasilkan perubahan pada diri individu, baik actual maupun potensial. Untuk mencapai tujuan kompetensi maka diperlukan upaya yang lebih lagi dari guru dalam memilih dan menerapkan strategi, metode dan media yang sesuai dengan kompetensi tersebut. Saat ini siswa kelas II terkadang merasa kesulitan dalam memahami pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Flashcard Dalam meningkatkan Daya Ingat Siswa kelas II SD Ar Rahman Darul Ilmi Pada Pembelajaran Bahasa Arab materi “Mufrodat”. Adapun metode penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif deskriptif dengan cara melakukan penelitian tindakan kelas. Teknik pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa terjadi peningkatkan disetiap siklusnya, dari mulai pra-sikus yang hanya 40%, kemudian meningkat pada siklus I sebanyak 65% dan siklus II sebanyak 85% yang artinya media penggunaan flashcard ini berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan daya ingat siswa pada materi mufrodat bahasa arab.

References

Arifudin, O. (2018) ‘Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Tenaga Kependidikan STIT Rakeyan Santang Karawang’, MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(3), pp. 209–218.

Arifudin, O. (2019) ‘Manajemen Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Perguruan Tinggi’, MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(1), pp. 161–169.

Arifudin, O. (2020) Psikologi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Arifudin, O. (2021) Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Arini, D. A. (2019) ‘Penerapan Pendekatan Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN Rengasdengklok Selatan II)’, Jurnal Tahsinia, 1(1), pp. 25–37.

Bahri, A. S. (2021) Pengantar Penelitian Pendidikan (Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Hamid (2012) Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Maliki Press.

Hanafiah, H. (2021) ‘Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa’, Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), pp. 213–220.

Hendar (2019) ‘Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MI Tarbiyah Islamiyah Dalam Pelajaran Seni Budaya Dan Prakarya Dengan Metode Sing The National Anthem Melalui Vokalisi’, Jurnal Tahsinia, 1(1), pp. 63-72.

Mayasari, A. (2021) ‘Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pembelajaran di SMK’, JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(5), pp. 340–345..

MF AK (2021) Pembelajaran Digital. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Munir (2012) Pembelajaran Jarak Jauh. Bandung: Alfabeta.

Musyadad, V. F. (2019) ‘Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Pada Konsep Perubahan Lingkungan Fisik Dan Pengaruhnya Terhadap Daratan’, Jurnal Tahsinia, 1(1), pp. 1–13.

Nasser, A. A. (2021) ‘Sistem Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Dalam Meningkatkan Mutu Siswa Di Era Pandemi’, Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 7(1), pp. 100–109.

Rahayu, Y. N. (2020) Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Sadimin. (2003) Media Kartu Bergambar Pengertian Pengembangan Dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Syazali (2017) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash.’, Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), pp. 179–189.

Ulfah, U. (2019) ‘Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik’, Jurnal Tahsinia, 1(1), pp. 92–100.

Ulfah, U. (2020) ‘Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dalam Kurikulum 2013’, Jurnal Tahsinia, 1(2), pp. 38–146.

Downloads

Published

2021-10-30

How to Cite

Hafidzoh Rahman, N. ., Mayasari, A. ., Arifudin, O. ., & Wahyu Ningsih, I. . (2021). PENGARUH MEDIA FLASHCARD DALAM MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA PADA MATERI MUFRODAT BAHASA ARAB. Jurnal Tahsinia, 2(2), 99–106. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.296

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>