PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA PADA KONSEP PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK DAN PENGARUHNYA TERHADAP DARATAN
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v1i1.13Keywords:
Penerapan Model, Problem Based Learning, Hasil BelajarAbstract
Dalam kegiatan pembelajaran, guru membeutuhkan sebuah metode pembelajaran yang tepat untuk keberhasilan proses kegiatan belajar mengajar. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran problem based learning. Model problem based learning adalah rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada pembelajaran berdasarkan masalah, artinya siswa dituntut untuk dapat berfikir secara kritis dan analisis untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ditemukan dalam kehidupan nyata. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) karena penelitian ini bertujuan untuk berusaha mencoba dan mencari solusi atau titik temu dalam memecahkan masalah yang ada didalam kelas (siswa). Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Kertarahayu I Kecamatan Cibuaya Kabupaten Karawang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami perbaikan dari pra siklus, ke-1, dan ke-2. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi pada proses pembelajaran siswa pada pra siklus hanya mencapai 30 %. Siklus ke-1 mengalami peningkatan dengan proses pembelajaran meningkat menjadi 70 %. Dan pada siklus ke-2 juga mengalami peningkatan menjadi 83 %.
References
Arifudin, O. (2018) ‘Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Produktivitas Kerja Tenaga Kependidikan Stit Rakeyan Santang Karawang’, MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(3), pp. 209–218.
Bundu, P. (2006) Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalamPembelajaran Sains. Jakarta: Depdiknas.
Dahar, R. W. (1989) Teori Belajar. Jakarta: Erlangga Press.
Duch, J. . (2010) Problems: A Key Factor in PBL.
Jacobson, W. J. & Bergman, A. B. (1980) Science for Children: A Book for Teacher. New Jersey: Prentice- Hall.
Kaligis, H. D. dan (2003) Pendidikan IPA II. Jakarta: Departemen P dan K Dirjen Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kerja.
Mulyasa, E. (2010) Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan). Bandung: Rosda.
Purwanto (2011) Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rita Eka Izzaty, D. (2008) Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.
Samatowa, U. (2006) Bagaimana Membelajarkan IPA Di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.
Sugihartono, D. (2007) Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers.
Suradijono, S. (2004) Problem Based Learning. Jogjakarta: ANDI.
Tanjung, R. (2019) ‘Manajemen Pelayanan Prima Dalam Meningkatkan Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Pembelajaran (Studi Kasus di STIT Rakeyan Santang Karawang)’, Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(1), pp. 234–242.
Trianto (2012) Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Winkel, W. S. (2004) Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Vina Febiani Musyadad, Asep Supriatna, Sri Mulyati Parsa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.