PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 KARAWANG

Authors

  • Adela Kiswatun Nurul Khotimah STIT Rakeyan Santang
  • Nur Chabibah STIT Rakeyan Santang
  • Diah Widiawati STIT Rakeyan Santang

Keywords:

Media pembelajaran, Media Gambar, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial

Abstract

Berdasarkan hasil obervasi yang dilakukan oleh peneliti bahwa pembelajaran IPAS di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Karawang belum optimal disebabkan oleh kurangnya keragaman media yang digunakan dalam proses pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Karawang dan ketidaktahuan guru terhadap media gambar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh media gambar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Karawang. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif One Group Pre-Test Post-Test Design. Sampel penelitian ini berjumlah 27 siswa kelas 5. Metode penyebaran pre-test dan post-test berupa soal tes pilihan ganda IPS materi hidrosfer, litosfer, dan atmosfer yang dibagikan kepada sisswa kelas 5. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah pemberian media gambar dengan nilai rata-rata pre-test sebesar 54,78, sedangkan nilai rata-rata post-test sebesar 81,18. Adapun hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Independent Sample Test terdapat hasil sig (2-tailed) sebesar 0,000 dimana nilai sig harus < 0,05, dengan demikian, H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media gambar terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran IPAS khususnya mata pelajaran IPS kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Karawang.

References

Amir, A. (2016). Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Matematika. JURNAL EKSAKTA, 2(1), 34–40.

Annisa, D. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Aktiviitas dan Hasil Belajar Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Kelas V SD Putra Jaya Depok. Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah.

Arif, M. (2024). Tantangan dan Peluang dalam Inovasi Pembelajaran Islam di Era Digital. Global Education Journal, 2(1), 73–80.

Arifin, B. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.

Djaali. (2020). Teori Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Bumi Aksara.

Djafri, N. (2024). Development Of Teacher Professionalism In General Education: Current Trends And Future Directions. International Journal of Teaching and Learning, 2(3), 745–758.

Elyati, E., Idi, A., & Samiha, Y. T. (2022). Sekolah/Madrasah Sebagai Organisasi. Jurnal Pendidikan Islam, 173–190.

Fateqah & Nuswardhani. (2024). Teori dan praktik Metode Penelitian Kuantitataif Kualitatif. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.

Hasmawati, H., Usman, U., & Ahsan. (2022). Peningkatan Kemampuan Peserta Didik Dalam Menjumlah Bilangan Pecahan Dengan Menggunakan Media Gambar Luas Daerah Di Kelas VII MTs.N 1 Enrekang. Journal of Mathematics Learning Innovation (Jmli), 1(1), 17–32. https://doi.org/10.35905/jmlipare.v1i1.3259

Irfan. (2017). Pengaruh Media Gambar Terhadap Kemampuan Bercerita dalam Bahasa Bugis. Makassar: Universitas Negeri MAkassar.

Judijanto, L. (2025). Ethics And Security In Artificial Intelligence And Machine Learning: Current Perspectives In Computing. International Journal of Society Reviews (INJOSER), 3(2), 374–380.

Kartika, I. (2021). Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Model Berbasis Aktivitas Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Al-Amar., 2(1), 36–46.

Kusmawan, A. (2025). The Relationship Between Teacher Involvement in Curriculum Development and Student Learning Outcomes. International Journal of Educatio Elementaria and Psychologia, 2(1), 1–12.

Lahiya, A. (2025). Education Administration Reform: A Case Study On The Implementation Of The Merdeka Curriculum. INJOSEDU: International Journal of Social and Education, 2(2), 29–37.

Musyadad, V. F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ipa Pada Konsep Perubahan Lingkungan Fisik Dan Pengaruhnya Terhadap Daratan. Jurnal Tahsinia, 1(1), 1–13.

Nuary, M. G. (2024). Teacher Strategies In Instilling Nationalist Values In The Millennial Generation In The Technological Era. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 954–966.

Sembiring, I. M. (2024). Pendidikan Agama Islam Berwawasan Global Sebagai Dasar Paradigma Dan Solusi Dalam Menghadapi Era Society 5. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 305–314.

Surya, C. M. (2023). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Bermain Finger Painting. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 9–14.

Susanti & Endayani. (2018). Konsep Dasar IPS. Medan: CV. Widya Puspita.

Vinayasari, N. M. (2016). Pengaruh Penerapan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas III Di SDN 173 Kertoraharjo Kabupaten Luwu Timur. Makasar: Universitas Bosowa.

Downloads

Published

2025-02-27

How to Cite

Kiswatun Nurul Khotimah, A. ., Chabibah, N. ., & Widiawati, D. . (2025). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 KARAWANG. Jurnal Primary Edu, 3(1), 1–15. Retrieved from https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/primary/article/view/638

Issue

Section

Artikel