UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN MEMBUAT ALAT PERMAINAN EDUKASI DARI LIMBAH AMPAS TAHU

Authors

  • Ade Ismail Fahmi STIT Rakeyan Santang
  • Erna Hartanti STIT Rakeyan Santang
  • Nisa Sholihat STIT Rakeyan Santang
  • Siti Ningrat STIT Rakeyan Santang

Keywords:

Alat Permainan Edukasi, Kreatifitas, Limbah Ampas Tahu

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih kurangnya pembelajaran yang mendukung kreativitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperkenalkan alat permainan edukasi yang berasal dari limbah ampas tahu. Bagaimana cara guru memberikan edukasi kepada peserta didik untuk peka terhadap lingkungan sekitar dan tetap mempertahankan kearifan lokal sebagai sumber belajar dan alat permainan edukasi yang menyenangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dimana pendekatan kualitatif adalah suatu proses penelitian dan pemahaman yang berdasarkan pada metodologi yang menyelidiki suatu fenomena sosial dan masalah manusia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan sekitar adalah wahana anak untuk berkreasi termasuk lingkungan pabrik yang identik dengan kearifan lokalnya. Dimanapun dan apapun bahan alam di lingkungan sekitar kita dapat dijadikan sebagai bahan bermain anak, termasuk di lingkungan “Pabrik Tahu Tiga Putri” Cisaat khususnya. Terdapat banyak bahan alam yang dapat dijadikan ide main oleh anak diantaranya; ampas tahu, balok kayu bakar, abu, arang bekas pembakaran kayu bakar, kunyit, bahkan lingkungan area pabrik tahu yang memiliki area yang luas sebagai pembelajaran anak.

References

Arifudin, O. (2020). Psikologi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Arifudin, O. (2021). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Arifudin, O. (2022). Perkembangan Peserta Didik (Tinjauan Teori-Teori Dan Praktis). Bandung: CV Widina Media Utama.

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.

Bahri, A. S. (2021). Pengantar Penelitian Pendidikan (Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Cecep, C. (2022). Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Melalui Metode Demonstrasi. Jurnal Tahsinia, 3(1), 63–70.

Fikriyah, S. (2022). Peran Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Dalam Menyikapi Bullying. Jurnal Tahsinia, 3(1), 11–19.

Gianistika, C. (2021). Metode Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ipa Di SDN TANJUNGSARI I Dan SDN MEKARPOHACI III. Jurnal Tahsinia, 2(1), 39–46.

Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.

Hanafiah, H. (2022). Implementation Of Character Strengthening In Boarding School Students. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(2), 49–54.

Hasbi, I. (2021). Administrasi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktik). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Irwansyah, R. (2021). Perkembangan Peserta Didik. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Kusmiati, E. (2021). Penerapan Model Pictorial Riddle Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS. Jurnal Tahsinia, 2(2), 114–123.

Mawati, A. T. (2023). Dampak Pergantian Kurikulum Pendidikan Terhadap Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Primary Edu, 1(1), 69–82.

Mayasari, A. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173–179.

Nasser, A. A. (2021). Sistem Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Dalam Meningkatkan Mutu Siswa Di Era Pandemi. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 100–109.

Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Rahman, N. H. (2021). Pengaruh Media Flashcard Dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa Pada Materi Mufrodat Bahasa Arab. Jurnal Tahsinia, 2(2), 99–106.

Sinurat, J. (2022). Pengembangan Moral & Keagamaan Anak Usia Dini. Bandung: CV Widina Media Utama.

Sugandi, D. (2021). Model Pembelajaran Children’s Learning in Science (CLIS) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Tahsinia, 2(2), 107–113.

Sulaeman, D. (2022). Implementasi Media Peraga dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 71–77.

Supriani, Y. (2022). Peran Manajemen Kepemimpinan dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 332–338.

Surya, C. M. (2020). Upaya Meningkatkan Pengenalan Warna Melalui Metode Bermain Dengan Alat Penjepit Pakaian. Jurnal Tahsinia, 1(2), 147–154.

Tanjung, R. (2020). Pengaruh Penilaian Diri Dan Efikasi Diri Terhadap Kepuasan Kerja Serta Implikasinya Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 4(1), 380–391.

Tanjung, R. (2022). Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29–36.

Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.

Ulfah, U. (2020). Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138–146.

Ulfah, U. (2022). Kepemimpinan Pendidikan di Era Disrupsi. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 153–161.

Downloads

Published

2023-02-03

How to Cite

Ismail Fahmi, A. ., Hartanti, E. ., Sholihat, N. ., & Ningrat, S. . (2023). UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI KEGIATAN MEMBUAT ALAT PERMAINAN EDUKASI DARI LIMBAH AMPAS TAHU. Plamboyan Edu, 1(1), 58–65. Retrieved from https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/plamboyan/article/view/322

Issue

Section

Artikel