STIMULASI MOTORIK HALUS MELALUI METODE MENJIPLAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS HURUF HIJAIYAH DI TKAT AL FIKRI LAMARAN

Authors

  • Devi Sulaeman STIT Rakeyan Santang
  • Fitria Agustina STIT Rakeyan Santang

Keywords:

Stimulasi, Motorik Halus Anak, Metode Menjiplak, Kemampuan Menulis

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah mengingat pentingnya perkembangan motorik halus pada anak usia dini, maka dari itu dibutuhkan stimulasi agar perkembangan motorik halus terus meningkat dan berkembang dengan optimal. Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Hijaiyah dilakukan dengan Metode Menjiplak bertujuan untuk Menstimulasi agar perkembangan motorik halus terus meningkat dan berkembang dengan optimal. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui sebelum dilakukan Stimulasi Motorik Halus di kelompok B2 TKAT AL FIKRI Lamaran selanjutnya dengan kegiatan Menjiplak apakah dapat meningkatkan Motorik Halus pada anak-anak. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, alat pengumpulan data yang peneliti gunakan untuk penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi dengan jumlah responden 13 anak. Hasil dari penelitian ini adalah (pra siklus) diperoleh persentase 48,07%, tindakan pada siklus I mengalami peningkatan yaitu diperoleh persentase 65,38 % dan pada siklus II meningkat 84,61 %. Berdasarkan uraian di atas motorik halus pada anak-anak meningkat setelah diberi stimulus dengan kegiatan metode menjiplak.

References

Arifudin, O. (2020). Psikologi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Arifudin, O. (2022). Perkembangan Peserta Didik (Tinjauan Teori-Teori Dan Praktis). Bandung: CV Widina Media Utama.

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.

Arikunto. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Astuti. (2016). Penggunaan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Ditkintan Komara Kelompok B. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1–9.

Cecep, C. (2022). Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Melalui Metode Demonstrasi. Jurnal Tahsinia, 3(1), 63–70.

Febrianta. (2017). Model Pembelajaran Motorik Yang Menyenangkan. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An., 3(3), 184–188.

Fikriyah, S. (2022). Peran Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Dalam Menyikapi Bullying. Jurnal Tahsinia, 3(1), 11–19.

Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.

Kumalasari. (2019). Pengaruh Stimulasi Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini di TK Dharma Wanita Desa Pepe Kecamatan Tegowanu Kabupaten Grobogan. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang, 2(1), 1–16.

Latif, A. D. A. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Mengikat Tali Sepatu Melalui Metode Demonstrasi. Jurnal Tahsinia, 3(1), 71–79.

Mukaromah. (2015). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menjiplak Pada Anak Kelas I Di SD Negeri 9 Terangun. Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 667–672.

Musyadad, V. F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Pada Konsep Perubahan Lingkungan Fisik Dan Pengaruhnya Terhadap Daratan. Jurnal Tahsinia, 1(1), 1–13.

Musyadad, V. F. (2021). Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 2(1), 10–18.

Nasem, N. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Anak Usia Dini Melalui Petualangan Maharaja. Jurnal Tahsinia, 3(2), 107–116.

Nurbaeti, N. (2022). Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Literasi Anak Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 3(2), 98–106.

Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Septiani. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Kreatifitas Seni. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif)., 2(3), 74–83.

Sulaeman, D. (2022). Implementasi Media Peraga dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 71–77.

Supriani, Y. (2023). Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Plamboyan Edu, 1(1), 95–105.

Surya, C. M. (2021). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Dasar Pada Anak Kelompok A Melalui Metode Tebak Gambar. Jurnal Tahsinia, 2(1), 78–89.

Tanjung, R. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menulis Jurnal Ilmiah. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 1(1), 42–52.

Ulfa, A. (2021). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Berbagai Kegiatan (Kajian Jurnal PIAUD) (Skripsi). Banda Aceh: UIN Ar-Raniry Darussalam.

Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.

Ulfah, U. (2020). Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138–146.

Waskita, D. T. (2022). Kemampuan Motorik Kasar Melalui Teknik Permainan Lari Estafet Pada Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Tahsinia, 3(1), 53–62.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Sulaeman, D. ., & Agustina, F. . (2023). STIMULASI MOTORIK HALUS MELALUI METODE MENJIPLAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS HURUF HIJAIYAH DI TKAT AL FIKRI LAMARAN. Plamboyan Edu, 1(2), 176–185. Retrieved from https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/plamboyan/article/view/220

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)