MENINGKATKAN KEPEDULIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN PADA TANAMAN POT MELALUI PEMBIASAAN PERAWATAN DI PAUD AL KAUTSAR

Authors

  • Narsidah STIT Rakeyan Santang
  • Deden Thosin Waskita STIT Rakeyan Santang
  • Rahman Tanjung STIT Rakeyan Santang

Keywords:

Kepedulian, Tanaman Pot, Pembiasaan Perawatan

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh masih banyak anak usia 5-6 tahun di PAUD Alkautsar yang belum mampu menunjukkan rasa kepedulian terhadap tanaman pot diantaranya belum masih kurangnya kepedulian anak terhadap tanaman pot di sekitar, banyaknya tanaman pot yang layu disekitar sekolah, belum mampu menunjukkan sikap kepedulian terhadap tanaman pot dengan pembiasaan perawatan. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kepedulian anak usia 5-6 tahun melalui pembiasaan perawatan.  Peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas pada anak usia 5-6 tahun, kegiatan Pembiasaan Perawatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dilaksanakan di kelompok usia 5-6 tahun di PAUD Al Kautsar sebanyak 20 peserta didik. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data yang diperoleh dari lapangan sebagai berikut: 1) Kondisi awal perilaku prososial memperoleh persentase 25%, pada pratindakan 2) Penerapan Pembiasaan Perawatan dalam upaya meningkatkan Kepedulian terhadap tanaman potanak usia 5-6 tahun mengunakan jenis gerak lagu dan permainan mencari teman. 3) Hasil penelitian setelah penerapan Kegiatan Pembiasaan Perawatan dalam upaya meningkatkan kepedulian anak terhadap tanaman pot pada siklus I terjadi peningkatan pada perilaku kepedulian terhadap tanaman pot pada anak usia 5-6 tahun dengan persentase 55%. Pada siklus II kenaikan persentase pada kepedulian terhadap tanaman pot pada anak usia 5-6 tahun mencapai 80%. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa Pembiasaan Perawatan Pada tanaman pot dapat meningkatkan kepedulian anak terhadapa tanaman pot pada anak usia 5-6 tahun

References

Aisyah dkk. (2014). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arifudin, O. (2020). Psikologi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Arifudin, O. (2022). Perkembangan Peserta Didik (Tinjauan Teori-Teori Dan Praktis). Bandung: CV Widina Media Utama.

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.

Arikunto. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Asmariani. (2016). Konsep media pembelajaran PAUD. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1), 25–42.

Bashori. (2017). Menyemai Perilaku Prososial di Sekolah. Sukma: Jurnal Pendidikan, 1(1), 57-92.

Benawa. (2018). Eko-Spiritual. Jurnal PASUPATI, 5(2), 153–177.

Cecep, C. (2022). Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Melalui Metode Demonstrasi. Jurnal Tahsinia, 3(1), 63–70.

Farida dkk. (2022). Pengenalan Karakter Peduli Tanaman Di Masa Belajar Dari Rumah. Wawasan Pendidikan, 2(1), 81-92.

Fikriyah, S. (2022). Peran Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Dalam Menyikapi Bullying. Jurnal Tahsinia, 3(1), 11–19.

Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.

Hanafiah, H. (2022). Implementation Of Character Strengthening In Boarding School Students. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(2), 49–54.

Istianti. (2018). Pengembangan Keterampilan Sosial Untuk Membentuk Prilaku Sosial Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 32–38.

Nurbaeti, N. (2022). Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Literasi Anak Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 3(2), 98–106.

Rahayu dkk. (2022). Penggunaan Alat Peraga Edukatif Media Tanah Liat Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 27-36.

Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Sabardila. (2019). Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan melalui Kegiatan Penghijauan pada Siswa MIM Derasan Sempu, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan., 1(2), 35-41.

Sinurat, J. (2022). Pengembangan Moral & Keagamaan Anak Usia Dini. Bandung: CV Widina Media Utama.

Sulaeman, D. (2022). Implementasi Media Peraga dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 71–77.

Supriani, Y. (2023). Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Plamboyan Edu, 1(1), 95–105.

Syauqi. (2022). Menanamkan Sikap Peduli Lingkungan Yang Bersih Melalui Media Berupa Gambar-Gambar. Ibtidaiyyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(4), 288-297.

Tanjung, R. (2022). Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29–36.

Tanjung, R. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menulis Jurnal Ilmiah. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 1(1), 42–52.

Trenggonowati. (2018). Analisis Faktor optimalisasi golden age anak usia dini studi kasus di kota cilegon. Journal Industrial Servicess, 4(1), 1–10.

Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.

Ulfah, U. (2020). Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138–146.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Narsidah, Thosin Waskita, D. ., & Tanjung, R. . (2023). MENINGKATKAN KEPEDULIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN PADA TANAMAN POT MELALUI PEMBIASAAN PERAWATAN DI PAUD AL KAUTSAR. Plamboyan Edu, 1(2), 157–165. Retrieved from https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/plamboyan/article/view/212

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)