MENUMBUHKAN PEMBIASAAN KEDISIPLINAN MENYIMPAN BARANG PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PEMBERIAN REWARD DI TK ISLAM AL-BAROKAH KARAWANG
Keywords:
Motivasi, Pembiasaan Kedisiplinan Anak, Melalui pemberian RewardAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar anak melalui pemberian reward berupa cap berbentuk bintang, di kelompok A TK Islam AL-Barokah Kabupaten Karawang. Metode penelitian ini yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas melalui 2 siklus. Dengan model penelitian adalah Kemmis dan McTaggart. Setiap siklus terdiri dari empat tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah 7 anak di Kelompok A TK Islam AL- Barokah Kabupaten Karawang yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 2 anak perempuan. Obyek penelitian dengan pemberian Reward berupa cap bintang. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Indikator kinerja penelitian tindakan kelas ini untuk mengukur ketuntasan individual, diukur dengan BSH ( Berkembang Sesuai Harapan) dan untuk mengukur ketuntasan klasikal peneliti mengukur dengan 70%. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningktan motivasi belajar anak setelah diterapkannya reward berupa cap bintang.Hal ini dapat dilihat dari rata-rata yang menunjukan kegiatan pada prasiklus dengan rata-rata 45% ( Belum Berkembang), siklus I dengan rata-rata 56% ( Mulai Berkembang), dan siklus II dengan rata-rata 70% ( Berkembang Sesuai Harapan) dan telah memenuhi indikator yang diharapkan.
References
Agus. (2012). Reinventing Human Character:Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Dan Etika Di Sekolah. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.
Ali. (2011). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Anggraeni, C. E. & M. S. (2021). Metode Pembiasaan Untuk Menanamkan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Di Ra Daarul Falaah Tasikmalaya. Jurnal PAUD Agapedia, 5(1), 100–109.
Arifudin, O. (2020). Psikologi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.
Arifudin, O. (2022). Perkembangan Peserta Didik (Tinjauan Teori-Teori Dan Praktis). Bandung: CV Widina Media Utama.
Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.
Arikunto. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Fikriyah, S. (2022). Peran Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Dalam Menyikapi Bullying. Jurnal Tahsinia, 3(1), 11–19.
Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.
Hanafiah, H. (2022). Implementation Of Character Strengthening In Boarding School Students. International Journal Of Education And Digital Learning (IJEDL), 1(2), 49–54.
Lickona. (2013). Pendidikan Karakter (Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar Dan Baik). Bandung:Penerbit Nusa Media.
Maksudin. (2013). Pendidikan Karakter Non- Dikotomik. Yogyakarta : UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Rachman, T. (2018). Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Kemampuan Pengembangan Diri Berpakaian Pada Anak Autis Kelas Iv Di Slb Autisma Dian Amanah. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 10–27.
Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.
Supriani, Y. (2023). Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Plamboyan Edu, 1(1), 95–105.
Tanjung, R. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menulis Jurnal Ilmiah. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 1(1), 42–52.
Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.
Ulfah, U. (2022). Kepemimpinan Pendidikan di Era Disrupsi. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 153–161.
Wuryandani Dkk. (2014). Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar. Cakrawala Pendidikan, 33(2), 285–295.