MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN AWAL MELALUI APLIKASI QUIZIZZ
Keywords:
Keaksaraan awal, Aplikasi QuizizzAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya peningkatan keaksaraan awal kelompok B2 di RA. Nurul Huda Sirnabaya Kecamatan Telukjambe Timur Karawang. Anak yang dikatakan mampu dalam keaksaraan awal hanya 11,11%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan aplikasi quizizz dalam meningkatkan kemampuan keaksaraan awal anak kelompok B2 di RA. Nurul Huda Sirnabaya Kecamatan Telukjambe Timur Karawang. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian yaitu anak kelas B2 di RA. Nurul Huda Sirnabaya Kecamatan Telukjambe Timur Karawang yang berjumlah 18 anak. Penelitian dilaksanakan sebanyak 3 siklus dengan melakukan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi di setiap siklusnya. Satu siklus dilaksanakan selama 2 hari dengan subjek seluruh anak kelas B2 di RA. Nurul Huda Sirnabaya Kecamatan Telukjambe Timur Karawang yang berjumlah 18 anak. Hasil penelitian pada siklus I rata-rata anak belum berkembang sesuai harapan. Pada siklus II ada peningkatan namun belum maksimal dalam pencapaian. Kemudian melakukan kembali penelitian pada siklus III rata-rata anak sudah berkembang sangat baik dibandingkan pada siklus I dan siklus II. Hal itu dapat disimpulkan bahwasanya penggunaan aplikasi quizizz dapat meningkatkan kemampuan keaksaraan awal.
References
Arifudin, O. (2022). Perkembangan Peserta Didik (Tinjauan Teori-Teori Dan Praktis). Bandung: CV Widina Media Utama.
Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.
Arikunto. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Febriyani dkk. (2022). Pembelajaran Keaksaraan Awal Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Pengembangan Media Pak Tua (Papan Kartu Membaca Awal). Jurnal PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 7(2), 1–10.
Gianistika, C. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Bahasa Indonesia Melalui Pertanyaan Terstruktur Di Sekolah Dasar. Jurnal Tahsinia, 3(2), 117–126.
Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.
Hanafiah, H. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru melalui Supervisi Klinis Kepala Sekolah. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4524–4529.
Hasanah, D. H. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Quizizz untuk Melatih Kemampuan Gramatika Mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang. Malang: Universitas Negeri Malang.
Mayasari, A. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173–179.
Nurbaeti, N. (2022). Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Literasi Anak Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 3(2), 98–106.
Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.
Salsabila dkk. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 4(2), 163–173.
Suhartono. (2005). Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
Sulaeman, D. (2022). Implementasi Media Peraga dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 71–77.
Tanjung, R. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menulis Jurnal Ilmiah. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 1(1), 42–52.
Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.