UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAH-SURAH PENDEK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AL-QUR’AN DIGITAL PEN

Authors

  • Asep Dudin Abdul Latip STIT Rakeyan Santang
  • Siti Hamidah STIT Rakeyan Santang
  • Gina Kania STIT Rakeyan Santang

Keywords:

Al-Qur’an Digital Pen, Kemampuan, Menghafal Surah-Surah Pendek

Abstract

Upaya PAUD bukan hanya dari sisi pendidikan saja, tetapi termasuk upaya pemberian gizi dan kesehatan anak sehingga dalam pelaksanaan PAUD dilakukan secara terpadu dan komprehensif. Usia 0-6 tahun, merupakan masa peka bagi anak sehingga para ahli menyebutnya The Golden Age. Pada masa ini seluruh potensi dan kecerdasan serta dasar-dasar perilaku seseorang mulai terbentuk, sehingga pendidikan anak usia dini dikatakan sebagai peletak dasar atau fondasi tumbuh kembang anak selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan kemampuan menghafal surah-surah pendek pada anak usia 5-6 tahun dengan menggunakan media al-qur’an digital pen di PAUD Mawar kelompok B Desa Cintalaksana. Penelitian tersebut dibahas melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di PAUD Mawar kelompok B Desa Cintalaksana dijadikan sumber data untuk mengetahui kemampuan anak dalam menghafal surat pendek. Penelitian ini menunjukan bahwa pada pra siklus, kondisi kemampuan hafalan surah-surah pendek, dari jumlah siswa 12 hanya 4 siswa yang dinilai sudah berkembang sesuai harapan, sisanya masih belum berkembang dan mulai berkembang. Faktor penyebabnya adalah penggunaan metode konvensional yang kurang menarik perhatian anak dan mengakibatkan kejenuhan dan mudah bosan. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran siklus I mencapai 69% dan siklus II mencapai 78% kategori Berkembang, demikian pula aktivitas siswa pun meningkat pada siklus I mencapai 67% dan siklus II mencapai 80% kategori Berkembang. Beberapa aspek tersebut mengalami peningkatan tiap siklus sebagai bukti bahwa penerapan media Al-qur’an digital pen dapat meningkatkan kemampuan menghafal surat pendek.

References

Aisyah dkk. (2014). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arifudin, O. (2022). Perkembangan Peserta Didik (Tinjauan Teori-Teori Dan Praktis). Bandung: CV Widina Media Utama.

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.

Arikunto. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.

Hanafiah, H. (2022). Implementation Of Character Strengthening In Boarding School Students. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(2), 49–54.

Komariyah, N. (2019). Agar Anak Zaman Now Bisa Hafal Al Quran. Yogyakarta: Solusi Group.

Nurbaeti, N. (2022). Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Literasi Anak Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 3(2), 98–106.

Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Riyadh, S. (2007). Mendidik Anak Cinta Al Quran. Jakarta: Gema Insani.

Sulaeman, D. (2022). Implementasi Media Peraga dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 71–77.

Supriani, Y. (2023). Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Plamboyan Edu, 1(1), 95–105.

Supriatna, A. (2022). Upaya Melatih Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. Jurnal Tahsinia, 3(1), 37–44.

Tanjung, R. (2022). Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29–36.

Tanjung, R. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menulis Jurnal Ilmiah. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 1(1), 42–52.

Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.

Ulfah, U. (2020). Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138–146.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Dudin Abdul Latip, A. ., Hamidah, S. ., & Kania, G. . (2023). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAH-SURAH PENDEK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AL-QUR’AN DIGITAL PEN. Plamboyan Edu, 1(2), 166–175. Retrieved from https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/plamboyan/article/view/209

Issue

Section

Artikel