PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION DALAM PENGENALAN BERBAGAI GERAK KEMAMPUAN MOTORIK KASAR PADA PAUD AL HIKMAH

Authors

  • Yogha Zulvian Iskandar STIT Rakeyan Santang
  • Rima Tsania STIT Rakeyan Santang
  • Eni Suhaeni STIT Rakeyan Santang
  • Epih Puspitasari STIT Rakeyan Santang

Keywords:

Model Group Investigation, Motorik Kasar, Hasil Belajar

Abstract

Pengenalan Gerakan Motorik Kasar, seperti Berjalan dan Melompat merupakan pembelajaran yang sangat penting pada anak usia dini. Penelitian ini dilakukan karena terdapat rendahnya kemampuan pengenalan gerakan motorik kasar pada anak-anak di PAUD tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui model group investigation di kelas B Paud AL Hikmah Dusun Gempol Tengah Telukjambe Timur Karawang, Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Berdasarkan analisis data, ditemukan beberapa hal sebagai berikut. 1) model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan perhatian siswa dari kategori Baik (B) pada siklus I menjadi kategori baik sekali (BS) pada siklus II. 2) Model pembelajaran Group Investigation meningkatkan aktivitas siswa dengan kategori cukup (C) pada siklus I menjadi kategori baik (B) pada siklus II. 3) Model pembelajaran Group Investigation meningkatkan kesungguhan siswa dalam menyelesaikan soal-soal pada siklus I adalah kategori cukup (C) meningkat menjadi kategori baik (B) pada siklus II. 4) Model pembelajaran Group Investigation meningkatkan hasil pembelajaran sebesar 1,68. 5) Model pembelajaran Group Investigation meningkatkan jumlah siswa yang memperoleh kenaikan nilai yaitu sebesar 79,82%. 6) Model Group Investigation meningkatkan jumlah siswa yang memperoleh penurunan nilai yaitu sebesar 2,33%. Berdasarkan temuan, sepertinya model pembelajaran Group Investigation dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran matematika. Hal ini karena sudah terbukti bahwa metode Group Investigation berdampak positif terhadap proses belajar mengajar di kelas.

References

Adri. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar. Jurnal: Of Physical Education and Sports, 4(1), 1–10.

Arifudin, O. (2022). Perkembangan Peserta Didik (Tinjauan Teori-Teori Dan Praktis). Bandung: CV Widina Media Utama.

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.

Arikunto. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arini, D. A. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Picture And Picture Pada Mata Pelajaran IPS Materi Peninggalan Sejarah Di Indonesia. Jurnal Tahsinia, 2(1), 110–124.

Gianistika, C. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Gaya Pada Peserta Didik Kelas IV SDN Cengkong II Kecamatan Purwasari Kabupaten Karawang Tahun Akademik 2021/2022. Jurnal Tahsinia, 1(2), 181–190.

Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.

Hanafiah, H. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru melalui Supervisi Klinis Kepala Sekolah. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4524–4529.

Mayasari, A. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173–179.

Mayasari, A. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175.

Nasem, N. (2021). Penerapan Metode Probing Promting Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 2(1), 47–57.

Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Sulaeman, D. (2022). Implementasi Media Peraga dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 71–77.

Tanjung, R. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menulis Jurnal Ilmiah. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 1(1), 42–52.

Trianto. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Kencana Prenada Media Group.

Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.

Ulfah, U. (2022). Kepemimpinan Pendidikan di Era Disrupsi. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 153–161.

VF Musyadad. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1936–1941.

Waskita, D. T. (2022). Kemampuan Motorik Kasar Melalui Teknik Permainan Lari Estafet Pada Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Tahsinia, 3(1), 53–62.

Yusuf, R. N. (2022). Menstimulus Keterampilan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Tradisional Engklek Di Kelompok B TK Armawiyah 1. Agapedia : Jurnal PIAUD, 6(1), 20-20.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Zulvian Iskandar, Y. ., Tsania, R. ., Suhaeni, E. ., & Puspitasari, E. . (2023). PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION DALAM PENGENALAN BERBAGAI GERAK KEMAMPUAN MOTORIK KASAR PADA PAUD AL HIKMAH. Plamboyan Edu, 1(2), 140–146. Retrieved from https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/plamboyan/article/view/208

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)