MENGGALI POTENSI TRANSFORMASI ISLAM DAN PERENCANAAN PENDIDIKAN

Authors

  • Muhammad Haikal As-Shidqi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mulyawan Safwandy Nugraha UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Opan Arifudin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Islam, Perencanaan Pendidikan, Transformasi

Abstract

Islam tidak hanya menjadi pandangan dunia bagi banyak individu, tetapi juga menjadi fondasi dalam menetapkan nilai-nilai moral yang krusial bagi perencanaan pendidikan. Dalam konteks ini, perencanaan pendidikan bukanlah sekadar serangkaian kegiatan rutin, melainkan sebuah usaha mendalam untuk memaksimalkan potensi transformasi dengan mengintegrasikan prinsip-prinsip Islam ke dalam struktur pendidikan. Tujuan penelitian ini dirancang untuk menggali lebih dalam potensi transformasi yang mungkin terjadi dalam perencanaan pendidikan melalui lensa nilai-nilai Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi Pustaka, dimana data-data yang digunakan dalam artikel ini, diperoleh dari sumber primer dan sekunder, termasuk buku-buku dan jurnal ternama, baik tingkat internasional maupun nasional. Hasil penelitian ini menyoroti urgensi dan kompleksitas perencanaan pendidikan dalam konteks Islam. Pentingnya perencanaan mencakup berbagai aspek, mulai dari menetapkan visi lembaga, merancang program pendidikan, memfasilitasi kolaborasi, hingga memonitor kemajuan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Perencanaan pendidikan dalam konteks Islam melibatkan refleksi mendalam, analisis kritis, konstruksi ide, dan pengambilan keputusan yang cermat. Ini semua bertujuan untuk memastikan bahwa pendidikan yang disajikan sesuai dengan prinsip-prinsip Islam dan relevan untuk memenuhi kebutuhan umat Muslim. Dengan demikian, bahwa melalui perencanaan pendidikan yang terintegrasi dengan nilai-nilai Islam, kita dapat menggali potensi transformasi yang signifikan untuk pendidikan yang lebih berkualitas dan sesuai dengan tuntutan zaman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, S. (2018). Perencanaan Dalam Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 715–731.

Arif, M. (2024). Tantangan dan Peluang dalam Inovasi Pembelajaran Islam di Era Digital. Global Education Journal, 2(1), 73–80.

Arifin, A. (2024). The Relationship Between Classroom Environment, Teacher Professional Development, and Student Academic Performance in Secondary Education. International Education Trend Issues, 2(2), 151–159.

Arifin, B. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.

Arifudin, O. (2020). Pendampingan UMKM Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Dan Hasil Penjualan Opak Makanan Khas Jawa Barat. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 313–322.

Arifudin, O. (2021). Pengaruh Kelas Sosial, Pengalaman dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Penggunaan Kartu Kredit. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(1), 286–298.

Arifudin, O. (2022). Teacher Personality Competence In Building The Character Of Students. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(1), 5–12. https://doi.org/https://doi.org/10.47353/ijedl.v1i1.3

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.

Arifudin, O. (2024). Research Trends Education Management In Indonesia. Journal of Education Global, 1(2), 165–173.

Djafri, N. (2024). Development Of Teacher Professionalism In General Education: Current Trends And Future Directions. International Journal of Teaching and Learning, 2(3), 745–758.

Fardiansyah, H. (2022). Manajemen Pendidikan (Tinjaun Pada Pendidikan Formal). Bandung: Widina Media Utama.

Febrianty, F. (2020). Kepemimpinan & Prilaku Organisasi Konsep Dan Perkembangan. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Fitria, N. (2023). Manajemen Pengelolaan Media Pembelajaran Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(03), 2239–2252.

Hasbi, I. (2021). Administrasi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktik). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Hidayat, F. (2023). Karakteristik Entrepreneur Syariah Pada Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM). Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen dan Pendidikan, 4(2), 231–239.

Hoerudin, C. W. (2023). E-Learning as A Learning Media Innovation Islamic Education. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 15(1), 579–594.

Kartika, I. (2020). Peran Guru Dalam Proses Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(1), 31–39.

Kartika, I. (2021). Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Model Berbasis Aktivitas Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen dan Pendidikan, 2(1), 36–46.

Kartika, I. (2022). Implementasi Manajemen Mutu Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 3(2), 144–157.

Kartika, I. (2023). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 4(2), 147–160.

Kartika, I. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar, 5(2), 171–187.

Marantika, N. (2020). Manajemen Humas Sekolah. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Nadeak, B. (2020). Manajemen Humas Pada Lembaga Pendidikan. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Ningsih, I. W. (2019). Konsep Hakikat Tujuan Pendidikan Islam Perspektif Ulama Nusantara: Study Pemikiran Kh. Hasyim Asy’ari, Kh. Ahmad Dahlan Dan Buya Hamka. Jurnal Tahsinia, 1(1), 101–107.

Ningsih, I. W. (2020). Pengaruh Kepuasan Tilawati Cabang Jabotabek dan Banten Terhadap Kualitas Mutu Pelayanan Tilawati Pusat (Analisis Studi Diklat Metode Tilawati). Program Pascasarjana Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta.

Ningsih, I. W. (2021). The Influence of Tilawati Method Satisfaction Branch of Jabodetabek and Banten on Service Quality of Central Tilawati Method (The Analysis of Tilawati Method Training Studies). At-Ta’dib, 16(1), 101–118.

Ningsih, I. W. (2022). Implementasi Study Living Qur’an di Pesantren Mahasiswa Institut Ilmu Al-Qur’an Jakarta. Journal Analytica Islamica, 11(2), 340–352.

Ningsih, I. W. (2023). The Use of the Tilawati Mobile Android Application as an Effort to Assist the Learning Process of Reading the Qur’an for the Elderly Community in the Bogor Mengaji Class. Teumulong: Journal of Community Service, 1(2), 82–91.

Ningsih, I. W. (2024). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Tahsinia, 5(1), 23–37.

Nuary, M. G. (2024). Teacher Strategies In Instilling Nationalist Values In The Millennial Generation In The Technological Era. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 954–966.

Paturochman, I. R. (2024). Pluralism And Multiculturalizm Education. International Journal Of Society Reviews, 2(3), 564–573.

Ramli, A. (2024). Analysis of the Influence of Organizational Commitment on Work Discipline of Public High School Teachers. Journal on Education, 6(2), 12927–12934.

Rifky, S. (2024). Professionalism Of Educators In Learning Development. International Journal of Teaching and Learning, 2(2), 579–588.

Rohimah, R. B. (2024). Madrasah’s Contribution To The Empowerment Of The Village Community In Indonesia. International Journal of Teaching and Learning, 2(4), 1088–1101.

Sappaile, B. I. (2024). The Role of Artificial Intelligence in the Development of Digital Era Educational Progress. Journal of Artificial Intelligence and Development, 3(1), 1–8.

Sembiring, I. M. (2024). Pendidikan Agama Islam Berwawasan Global Sebagai Dasar Paradigma Dan Solusi Dalam Menghadapi Era Society 5. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 305–314.

Supriani, Y. (2022). Peran Manajemen Kepemimpinan dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 332–338. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.417

Susanto, R. D. (2022). Strategi Penghimpunan Dana Zakat Lima Lembaga Pengelola Zakat. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 3(2), 170–179.

Syahlarriyadi, S. (2023). The role of leaders of islamic educational institutions in increasing the quality of islamic education in madrasah. Proceeding of The Postgraduate School Universitas Muhammadiyah Jakarta, 1, 443–470.

Toharoh, T. (2024). The Impact of Using Digital Novel Applications on the Psychology of Adolescents in the 21st Century Era. International Conference of Bunga Bangsa, 2(1), 32–41.

Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319.

Zulfahmi, Z. (2021). Participation Banks in Turkey: Issues and Proposes Strategies Based on SWOT Analysis. International Journal of Islamic Economics and Finance (IJIEF), 4, 121–152.

Downloads

Published

2025-02-15

How to Cite

Haikal As-Shidqi, M., Safwandy Nugraha, M., & Arifudin, O. (2025). MENGGALI POTENSI TRANSFORMASI ISLAM DAN PERENCANAAN PENDIDIKAN. JUMADIL: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–15. Retrieved from https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/JUMADIL/article/view/655

Issue

Section

Articles