PELATIHAN PEMBUATAN ALAT PEMBELAJARAN EDUKATIF DAN MELUKIS LINGKUNGAN BELAJAR PADA PAUD CEMPAKA 07 AL-IKHLAS DESA PANCAWATI KECAMATAN KLARI

Authors

  • Asep Supriatna STIT Rakeyan Santang
  • Sera Novalia STIT Rakeyan Santang
  • Siti Khumairoh Solihat STIT Rakeyan Santang
  • Siti Nurjanah STIT Rakeyan Santang
  • Syahra Auliya Rohman STIT Rakeyan Santang
  • Andriana Andriana STIT Rakeyan Santang

Keywords:

Alat Pembelajaran Edukatif, Melukis, Lingkungan Belajar

Abstract

Pengembangan lingkungan belajar yang menarik dan kondusif sangat penting untuk mendukung proses pembelajaran di tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD). Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membuat alat pembelajaran edukatif serta melukis gambar-gambar lingkungan belajar di ruang kelas PAUD Cempaka 07 Al-Ikhlas Desa Pancawati Kecamatan Klari, dengan tujuan menciptakan lingkungan belajar yang interaktif dan menyenangkan bagi anak-anak. Metode pengabdian yang dilakukan yakni dengan melakukan tahapan awal, tahapan pelaksanaan dan tahapan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini menunjukan bahwa dengan menggunakan bahan yang ramah lingkungan dan teknik melukis yang sederhana, program ini berhasil meningkatkan daya tarik kelas dan memfasilitasi pembelajaran anak-anak. APE (Alat Peraga Edukatif) merupakan sesuatu yang dapat dipergunakan sebagai sarana atau peralatan untuk bermain yang mengandung nilai pendidikan (edukatif) dan dapat mengembangkan seluruh kemampuan anak. APE PAUD adalah segala sesuatu yang dapat digunakan sebagai sarana atau peralatan bermain anak usia dini, yang mengandung nilai pendidikan dan dapat mengoptimalkan perkembangan anak. Faktor-faktor yang berperan dalam menunjang perkembangan anak di Pendidikan anak usia dini adalah kualitas guru, program kegiatan dan lingkungan fisik. Agar program kegiatan dapat berjalan dengan baik dan perkembangan anak optimal, maka perlu didukung oleh ruang kelas sebagai bagian dari lingkungan fisik, yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan anak. Warna dan furniture yang cocok serta kenyamanan ruang dapat berperan dalam mendukung kondisi interior kelas yang menunjang program kegiatan belajar sesuai kebutuhan anak agar perkembangan mereka dapat optimal.

References

Amelia, C., Pratiwi, I., Muhammadiyah, U., & Utara, S. (2021). Pelatihan Pembuatan Alat Permainan Edukatif Bagi Guru TK Al-Munawwaroh Dan TK Dewantara. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.30596/ihsan.v3i2.7724

Arifudin, O. (2020). Pendampingan UMKM Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Dan Hasil Penjualan Opak Makanan Khas Jawa Barat. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 313–322.

Fatimah, F. N., Afifah, H. U. N., Auliani, R., & Larasati, S. A. (2023). Alat Permainan Edukatif Sebagai Sumber Dan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 7(1), 44–56. https://doi.org/10.19109/ra.v7i1.15436

Hijriati, P. R. (2021). Proses Belajar Anak Usia 0 Sampai 12 Tahun Berdasarkan Karakteristik Perkembangannya. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 152. https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i1.9295

Irhamna, I., & Purnama, S. (2022). Peran Lingkungan Sekolah dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di PAUD Nurul Ikhlas. Jurnal Pendidikan Anak, 11(1), 68–77. https://doi.org/10.21831/jpa.v11i1.46688

Istiana, Y. (2014). Konsep-Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Didaktika, 20(2), 90–98.

Kartika, I. (2020). Peran Guru Dalam Proses Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(1), 31–39.

Kartika, I. (2021). Upaya Mewujudkan Karakter Peserta Didik Pada Pembudayaan Kehidupan Beragama (Religious Culture) Di Sekolah. Jurnal Al-Amar, 2(2), 221–232.

Kartika, I. (2022). Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 3(1), 81–94.

Kusmawan, A. (2025). The Relationship Between Teacher Involvement in Curriculum Development and Student Learning Outcomes. International Journal of Educatio Elementaria and Psychologia, 2(1), 1–12.

Lahiya, A. (2025). Education Administration Reform: A Case Study On The Implementation Of The Merdeka Curriculum. INJOSEDU: International Journal of Social and Education, 2(2), 29–37.

Marantika, N. (2020). Manajemen Humas Sekolah. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Paturochman, I. R. (2024). Pluralism And Multiculturalizm Education. International Journal Of Society Reviews, 2(3), 564–573.

Rusmana, F. D. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Transaksional Dengan Kinerja Karyawan BRI Syariah Subang. Jurnal Makro Manajemen, 5(2), 157–163.

Surya, C. M. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Teknik Gerak Dan Lagu Kuda Lumping Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di PAUD Delta Jati Kota Karawang Timur. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(2), 181–193.

Thenius, H. P., Joedawinata, A., & Asmarandani, D. (2019). Kajian Dampak Elemen Interior Pada Fasilitas Ruang Belajar Taman Kanak-Kanak Terhadap Perkembangan Kreatifitas Anak. Jurnal Seni dan Reka Rancang: Jurnal Ilmiah Magister Desain, 1(2), 261–290. https://doi.org/10.25105/jsrr.v1i2.6738

Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319.

Downloads

Published

2025-01-30

How to Cite

Supriatna, A. ., Novalia, S. ., Khumairoh Solihat, S. ., Nurjanah, S. ., Auliya Rohman, S. ., & Andriana, A. (2025). PELATIHAN PEMBUATAN ALAT PEMBELAJARAN EDUKATIF DAN MELUKIS LINGKUNGAN BELAJAR PADA PAUD CEMPAKA 07 AL-IKHLAS DESA PANCAWATI KECAMATAN KLARI. Jurnal Bakti Tahsinia, 3(1), 35–45. Retrieved from https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/JBT/article/view/571

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)