PENDAMPINGAN DALAM PENGEMBANGAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH DENGAN PENDEKATAN EKONOMI SYARIAH

Authors

  • Wina Paul STAI Sabili Bandung

Keywords:

Pengembangan, Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah, Ekonomi Syariah

Abstract

Mengembangkan UMKM tidak hanya skill yang dibutuhkan, melainkan bagaimana pengusaha bisa menerapkan prinsip-prinsip yang terbaik dalam membangun dan mengembangkan usaha, serta memudahkan para pelaku UMKM untuk dapat membangun aktivitas ekonomi. UMKM harus dikembangkan guna menciptakan masyarakat yang sejahtera. Namun apakah cara dan jenis usaha yang ditempuh dalam memenuhi hajat hidup itu sudah sesuai dengan aturan Islam, itulah yang menjadi persoalan dan harus diperhatikan oleh pengusaha. Tujuan pengabdian yakni memberikan pendampingan dalam pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah dengan pendekatan ekonomi syariah. Metode pelaksanaan pengabdian yakni dengan 3 (tiga) tahapan yakni tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan terlihat bahwa dalam mengembangkan usaha mikro, kecil dan menengah sudah sesuai dengan ajaran Islam, dimana dalam menjalankan kegiatan perdagangan, para pedagang mengutamakan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an dan Hadits, bahwasanya segala bentuk kegiatan perdagangan dari proses pengolahan produk yang ingin di perjual belikan sampai dengan proses pemasarannya sudah sesuai dengan prinsip-prinsip agama Islam. Namun masih terdapat kekurangan dari segi aspek pemasaran produk usaha mikro, kecil dan menengah. Terdapat faktor yang mendukung tetapi belum maksimal karena adanya faktor penghambat antara lain ketersediaan bahan baku serta modal usaha.

References

Alief. (2015). Kajian Pola Pengembangan Umkm Di Kampung Batik Laweyan Melalui Modal Sosial Dalam Menghadapi Perdagangan Bebas Kawasan ASEAN. JIEP, 15(2), 71–90.

Arifudin, O. (2020). Pendampingan UMKM Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Dan Hasil Penjualan Opak Makanan Khas Jawa Barat. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 313–322.

Arifudin, O. (2021). Manajemen Strategik Teori Dan Implementasi. Banyumas : Pena Persada.

Arifudin, O. (2022). Perkembangan Peserta Didik (Tinjauan Teori-Teori Dan Praktis). Bandung: CV Widina Media Utama.

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.

Arifudin, O. (2024). Utilization of artificial intelligence in scientific writing. Journal of Technology Global, 1(2), 131–140.

Ariprabowo. (2019). Pengembangan umkm melalui manajemen usaha di desa gondang. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 39–43.

Bairizki, A. (2021). Manajemen Perubahan. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Darmawan, I. P. A. (2021). Total Quality Management Dalam Dunia Pendidikan" Model, Teknik Dan Impementasi". Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Fasa, I. (2020). Eksistensi Bisnis Islami Di Era Revolusi Industri 4.0. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Fitria, N. (2020). Analisis Faktor-Faktor Terhadap Pengambilan Keputusan Calon Mahasiswa Untuk Memilih Jurusan Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 1(2), 120–127.

Fitria, N. (2023). Manajemen Pengelolaan Media Pembelajaran Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(03), 2239–2252.

Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.

Karim. (2012). Ekonomi Makro Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Nurranto. (2019). Tingkat Inovasi Sebagai Strategi Pengembangan Produk. Universitas Indraprasta PGRI, 11(1), 1–15.

Paul, W. (2019). Audit Laporan Keuangan dan Tanggung Jawab Auditor. Al-Intifa’: Jurnal Ilmiah Ilmu Syariah, 1(2), 87–94.

Paul, W. (2020). Cash waqf linked sukuk dalam optimalkan pengelolaan wakaf benda bergerak (uang). Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 4(2), 1–18.

Paul, W. (2021). Cash Waqf Linked Sukuk Alternative Development of Sustainable Islamic Economic Development Sustainable Development Goals (SDG’s). International Journal of Nusantara Islam, 9(1), 134–148.

Paul, W. (2022). Pengembangan Uang Rupiah Digital Melalui Teknologi Blockchain. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 3(1), 17–31.

Paul, W. (2023). Transisi Sumber Energi Bersih Terbarukan (Ebt) Dalam Kelangsungan Ekonomi Di Indonesia. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 4(1), 23–35.

Shavab, F. A. (2021). Dasar Manajemen & Kewirausahaan (Sebuah Tinjauan Teori Dan Praktis). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Silaen, N. R. (2021). Kinerja Karyawan. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Siregar, R. T. (2021). Komunikasi Organisasi. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Sofyan, Y. (2020). Studi Kelayakan Bisnis Telur Asin H-Organik. Jurnal Ecodemica, 4(2), 341–352.

Supriani, Y. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Dalam Pembelajaran. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 1(1), 1–10.

Ulfah, U. (2023). Analisis Teori Taksonomi Bloom Pada Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 4(1), 13–22.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Paul, W. . (2024). PENDAMPINGAN DALAM PENGEMBANGAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH DENGAN PENDEKATAN EKONOMI SYARIAH. Jurnal Bakti Tahsinia, 2(1), 15–25. Retrieved from https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/JBT/article/view/525

Issue

Section

Artikel