PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENYUSUNAN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA BERBASIS TEKNOLOGI DIGITAL BAGI MAHASISWA

Authors

  • Nurul Fahimah STIT Rakeyan Santang Karawang
  • Fatiha Khoirotunnisa Elfahmi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Abdul Fatah STIT Rakeyan Santang
  • Siti Aminah STIT Rakeyan Santang

Keywords:

Pendampingan, Penyusunan Modul Ajar, Kurikulum Merdeka, Teknologi Digital

Abstract

Modul ajar dalam Kurikulum Merdeka merupakan materi pembelajaran yang disusun secara sistematis untuk mendukung proses pembelajaran yang lebih efektif dan efisien. Modul ajar disusun sesuai dengan fase atau tahap perkembangan peserta didik, mempertimbangkan apa yang akan dipelajari dengan tujuan pembelajaran, dan berbasis perkembangan jangka panjang. Guru perlu memahami konsep mengenai modul ajar agar proses pembelajaran lebih menarik dan bermakna. Tujuan utama pelatihan adalah untuk memberikan keterampilan praktis yang dapat meningkatkan kemampuan penyusunan modul ajar kurikulum merdeka berbasis teknologi digital bagi mahasiswa. Metode pengabdian yang dilakukan yakni dengan melakukan tahapan awal, tahapan pelaksanaan dan tahapan evaluasi. Calon guru yang dalam hal ini mahasiswa pada bidang ilmu pendidikan perlu mengikuti perkembangan kurikulum merdeka. Modul ajar sebagai salah satu perangkat pembelajaran dalam kurikulum merdeka yang perlu dikembangkan dengan dukungan media pembelajaran yang berbasis digital. Dengan menggunakan teknologi digital, mahasiswa dapat menyusun media pembelajaran inovatif.

References

Akhiruddin et al. (2023). Pendampingan Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Dan Pelatihan Aplikasi Bandicam Sebagai Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Digital Bagi Guru Di SMP. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat., 4(5), 10315–10328.

Alhamuddin. (2014). Sejarah Kurikulum Di Indonesia. Nur El-Islam, 1(1), 48–58.

Arifudin, O. (2020). Pendampingan UMKM Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Dan Hasil Penjualan Opak Makanan Khas Jawa Barat. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 313–322.

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.

Arifudin, O. (2024). Research Trends Education Management In Indonesia. Journal of Education Global, 1(2), 165–173.

Arifudin, O. (2025). Application Of Steam Learning Methods To Increase Student Creativity And Innovation. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 3(1), 97–108.

As-Shidqi, M. H. (2025). Menggali Potensi Transformasi Islam Dan Perencanaan Pendidikan. JUMADIL: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–15.

Farid, M. (2025). Mekanisme Pengambilan Keputusan Berbasis Sistem Informasi Manajemen Dalam Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Tahsinia, 6(1), 86–103.

Judijanto, L. (2025). Ethics And Security In Artificial Intelligence And Machine Learning: Current Perspectives In Computing. International Journal of Society Reviews (INJOSER), 3(2), 374–380.

Kartika, I. (2020). Peran Guru Dalam Proses Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(1), 31–39.

Kartika, I. (2021). Upaya Mewujudkan Karakter Peserta Didik Pada Pembudayaan Kehidupan Beragama (Religious Culture) Di Sekolah. Jurnal Al-Amar, 2(2), 221–232.

Kartika, I. (2022). Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 3(1), 81–94.

Kusmawan, A. (2025). The Relationship Between Teacher Involvement in Curriculum Development and Student Learning Outcomes. International Journal of Educatio Elementaria and Psychologia, 2(1), 1–12.

Lahiya, A. (2025). Education Administration Reform: A Case Study On The Implementation Of The Merdeka Curriculum. INJOSEDU: International Journal of Social and Education, 2(2), 29–37.

Marantika, N. (2020). Manajemen Humas Sekolah. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Maulinda. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi., 5(2), 130–138.

Paturochman, I. R. (2024). Pluralism And Multiculturalizm Education. International Journal Of Society Reviews, 2(3), 564–573.

Rismawati, R. (2024). Peran Sistem Informasi Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan. Jurnal Tahsinia, 5(7), 1099–1122.

Rusmana, F. D. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Transaksional Dengan Kinerja Karyawan BRI Syariah Subang. Jurnal Makro Manajemen, 5(2), 157–163.

Soekamto, H. (2022). Perencanaan pembelajaran kurikulum merdeka. Jakarta: CV. Bayfa Cendekia.

Tanjung, R. (2020). Pengembangan UKM Turubuk Pangsit Makanan Khas Kabupaten Karawang. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 323–332.

Ulimaz, A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312–9319.

Zaki. (2022). Desain kurikulum merdeka era revolusi 4.0. Jakarta: Penyelaras Aksara.

Downloads

Published

2025-01-30

How to Cite

Fahimah, N. ., Khoirotunnisa Elfahmi, F. ., Fatah, A. ., & Aminah, S. . (2025). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENYUSUNAN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA BERBASIS TEKNOLOGI DIGITAL BAGI MAHASISWA. Jurnal Bakti Tahsinia, 3(1), 13–24. Retrieved from https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/JBT/article/view/350

Issue

Section

Artikel