UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN APE DIORAMA LAUT

Authors

  • Deden Thosin Waskita PIAUD, STIT Rakeyan Santang, Indonesia
  • Nasem PIAUD, STIT Rakeyan Santang, Indonesia
  • Ira Ratnawati PIAUD, STIT Rakeyan Santang, Indonesia

Keywords:

Motivasi, Belajar, Alat Peraga Education

Abstract

Pentingnya motivasi dalam proses pembelajaran perlu dipahami oleh guru agar dapat membantu atau melakukan berbagai bentuk tindakan kepada anak dalam belajar. Untuk mencapai tujuan dari pembelajaran maka sangat diperlukan pemberian motivasi belajar oleh guru. Di dalam kegiatan pembelajaran guru dapat membantu anak untuk mengembangkan kemandirian, kepercayaan diri, memberikan dukungan agar anak tidak mudah putus asa. Selain itu juga usaha yang dilakukan guru dalam melakukan motivasi belajar dapat dengan menciptakan suasana kelas yang menyenangkan untuk dilaksanakan kegiatan pembelajaran, salah satunya Mengenalkan alat peraga education Diorama Laut. Tujuan pengabdian yakni memberikan motivasi pada para guru dapat dengan menciptakan suasana kelas yang menyenangkan untuk dilaksanakan kegiatan pembelajaran, salah satunya mengenalkan alat peraga education Diorama Laut. Metode pengabdian yang dilakukan yakni dengan melakukan sosialisasi, dan praktikum pada para guru PAUD. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan terlihat bahwa Sebagian besar siswa menunjukkan keinginannya untuk mengikuti kegiatan belajar menjadi lebih semangat dan antusias karena membuat alat peraga Diorama laut. Selain itu guru terbantu akan adanya program PKM ini, karena mendapatkan masukkan dan arahan, untuk dapat membuat alat peraga education ini dengan berbagai variasi dan kombinasi serta bagaimana menerapkan dalam pembelajarannya.

References

Apiyani, A. (2022). Implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Madrasah Dalam Meningkatkan Keprofesian. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 499–504.

Arifudin, O. (2020). Pendampingan UMKM Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Dan Hasil Penjualan Opak Makanan Khas Jawa Barat. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 313–322.

Arifudin, O. (2021). Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Arifudin, O. (2022). Teacher Personality Competence In Building The Character Of Students. International Journal of Education and Digital Learning (IJEDL), 1(1), 5–12.

Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.

Hanafiah, H. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru melalui Supervisi Klinis Kepala Sekolah. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4524–4529.

Musyadad, V. F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ipa Pada Konsep Perubahan Lingkungan Fisik Dan Pengaruhnya Terhadap Daratan. Jurnal Tahsinia, 1(1), 1–13.

Putra, R. H., & Wibowo, S. (2022). Identifikasi Kendala Pembelajaran Daring PJOK di SMK SE-Kabupaten Gresik. Berajah Journal, 2(3), 513-524.

Rohi, I. R., Nafie, A. J., Baun, A., & Masi, P. W. (2022). Potret kompetensi pedagogik guru mengoptimalisasi pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan melalui google classroom. Jurnal Olahraga Pendidikan Indonesia (JOPI), 2(1), 28-41.

Sinurat, J. (2022). Pengembangan Moral & Keagamaan Anak Usia Dini. Bandung: CV Widina Media Utama.

Sofyan, Y. (2020). Peranan Konseling Dosen Wali Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Di Perguruan Tinggi Swasta Wilayah LLDIKTI IV. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 10(2), 237–242.

Sulaeman, D. (2022). Implementasi Media Peraga dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 71–77.

Sumiyati. (2011). PAUD Inklusi Paud Masa Depan, cet. 1. Yogyakarta: Cakrawala Institute.

Tanjung, R. (2020). Pengembangan UKM Turubuk Pangsit Makanan Khas Kabupaten Karawang. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 323–332.

Tanjung, R. (2022). Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29–36.

Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.

VF Musyadad. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1936–1941.

Downloads

Published

2023-01-01

How to Cite

Thosin Waskita, D. ., Nasem, N., & Ratnawati, I. . (2023). UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN APE DIORAMA LAUT. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 1–8. Retrieved from https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/JBT/article/view/252

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)