PERAN INTEPERSONAL KIAI DALAM PENINGKATAN KUALITAS PONDOK PESANTREN: STUDI KASUS PONDOK PESANTREN AR-RISALAH CIAMIS
DOI:
https://doi.org/10.57171/jt.v6i4.667Keywords:
Kepemimpinan Kiai, Peran Interpersonal, Pondok PesantrenAbstract
Kiai memiliki peran krusial dalam kepemimpinan pondok pesantren, tidak hanya sebagai pendidik tetapi juga sebagai pemimpin spiritual, manajer, dan penghubung sosial. Studi ini bertujuan untuk menganalisis interpersonal roles kiai dalam meningkatkan kualitas pesantren, khususnya sebagai figurehead, leader, dan liaison person. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi deskriptif, yang dilakukan di Pondok Pesantren Ar-Risalah Ciamis. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, studi dokumentasi, dan observasi partisipatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kiai sebagai figurehead berperan sebagai simbol moral dan budaya yang memberikan legitimasi terhadap nilai-nilai Islam. Sebagai leader, kiai mengarahkan kebijakan pendidikan, mengelola tenaga pengajar, serta memastikan keberlanjutan pesantren. Sementara sebagai liaison person, kiai menjalin hubungan dengan pihak eksternal untuk mendukung perkembangan pesantren dari segi ekonomi dan akademik. Dengan menjalankan ketiga peran ini, kiai mampu meningkatkan kualitas pesantren secara holistik, baik dalam aspek pendidikan maupun kemandirian ekonomi.
References
Afifah, H. (2024). Implementasi Technology Acceptance Model (TAM) Pada Penerimaan Aplikasi Sistem Manajemen Pendidikan Di Lingkungan Madrasah. Jurnal Tahsinia, 5(9), 1353–1367.
Ahmad. (2007). Ideologi Pendidikan Pesantren. Semarang: Pustaka Rizki Putra.
Arief & Assya’bani. (2023). Eksistensi Manajemen Pesantren Di Era Digital. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(6), 2548-2567.
Arifudin, O. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Arifudin, O. (2022). Analysis Of Learning Management In Early Childhood Education. Technology Management, 1(1), 16–26.
Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.
Arifudin, O. (2024). Trends in Teaching Research with Technology in Indonesia. Journal of Multidisciplinary Global, 1(2), 107–116.
Arifudin, O. (2025). Application Of Steam Learning Methods To Increase Student Creativity And Innovation. International Journal of Teaching and Learning (INJOTEL), 3(1), 97–108.
As-Shidqi, M. H. (2024). Integrasi Pendidikan Manajemen Dengan Prinsip-Prinsip Tasawuf. Al-Mawardi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 83–95.
As-Shidqi, M. H. (2025). Menggali Potensi Transformasi Islam Dan Perencanaan Pendidikan. JUMADIL: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–15.
Bastomi & Sirozi. (2024). Pola Komunikasi dalam Kepemimpinan Pendidikan Islam: Perbandingan antara Pesantren dan Madrasah. Journal of Education Research, 5(4), 6472-6480.
Dasopang & Hasibuan. (2024). Manajemen Pengelolaan Pesantren. Komprehensif, 2(2), 515-519.
Djuwairiyah et al. (2024). Kepemimpinan kiai pondok pesantren salafiyah syafi’iyah sukorejo terhadap transformasi pendidikan islam. Lisan al-hal: Jurnal Pengembangan Pemikiran dan Kebudayaan, 18(2), 338-359.
Duignan. (2003). Formation of capable, influential, and authentic leaders for times of uncertainty. Paper presented at the Australian Primary Principals’ Association National Conference, Adelaide.
Farid, M. (2025). Mekanisme Pengambilan Keputusan Berbasis Sistem Informasi Manajemen Dalam Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Tahsinia, 6(1), 86–103.
Fiqih. (2022). Peran pesantren dalam menjaga tradisi-budaya dan moral bangsa. PANDAWA, 4(1), 42-65.
Hafidh. (2024). Pengambilan Keputusan Kiai di Pondok Pesantren: Analisis Bibliometrik dengan VOSViewer. Rayah Al-Islam, 8(1), 272–285.
Hafidh et al. (2024). Innovative Revenue Models for Islamic Boarding Schools: Achieving Economic Autonomy. Indonesian Research Journal in Education (IRJE), 8(2), 556-573.
Hasan et al. (2023). Peran dan Kontribusi Masyarakat Pesantren Dalam Berbangsa dan Bernegara. Tabsyir: Jurnal Dakwah dan Sosial Humaniora, 4(1), 19-32.
Hasanah. (2023). Peran Fintech pada Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Parepare (Analisis Manajemen Keuangan Syariah) (Doctoral dissertation). IAIN PAREPARE.
Hasibuddin. (2024). Model Pendidikam Berbasis Pondok Pesantren Perkotaan (Studi Kasus Yayasan Nurul Qur’an) (Doctoral dissertation). Institut Agama Islam Negeri Madura.
Hidayatulloh. (2024). Peran kepemimpinan kiai di Pondok Pesantren al-Khawarizi Kota Bandung (Doctoral dissertation). UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Hifasoh et al. (2024). Sistem Inovasi Kiai Dalam Membangun Strategi Keberhasilan Pondok Pesantren Salafiyah Di Provinsi Jambi. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 933-937.
Hoerudin, C. W. (2023). E-Learning as A Learning Media Innovation Islamic Education. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 15(1), 579–594.
Husen & Husni. (2023). Peran Pesantren Dalam Meneguhkan Identitas Budaya Indonesia di Tengah Arus Modernisasi. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 387-397.
Ilham et al. (2023). Peran Kepemimpinan Kewirausahaan Kyai dalam Kemandirian Ekonomi Pesantren. Journal of Islamic Management, 1(1), 125-135.
Iskandar, I. (2025). Improving Village Entrepreneurship Through The Role Of The Mudharabah Agreement. International Journal Of Science Education and Technology Management (IJSETM), 4(1), 23–39.
Judijanto, L. (2025). Ethics And Security In Artificial Intelligence And Machine Learning: Current Perspectives In Computing. International Journal of Society Reviews (INJOSER), 3(2), 374–380.
Juhji. (2020). Manajemen Humas Sekolah. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Kartika, I. (2020). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 1(2), 137–150.
Kartika, I. (2021). Upaya Mewujudkan Karakter Peserta Didik Pada Pembudayaan Kehidupan Beragama (Religious Culture) Di Sekolah. Jurnal Al-Amar, 2(2), 221–232.
Kartika, I. (2022). Manajemen Kurikulum Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Al-Amar, 3(1), 81–94.
Kusmawan, A. (2025). The Relationship Between Teacher Involvement in Curriculum Development and Student Learning Outcomes. International Journal of Educatio Elementaria and Psychologia, 2(1), 1–12.
Lahiya, A. (2025). Education Administration Reform: A Case Study On The Implementation Of The Merdeka Curriculum. INJOSEDU: International Journal of Social and Education, 2(2), 29–37.
Laila. (2024). Kiai Dan Pejabat Publik: Study Analisis Peran Ganda Kiai Mujib Imron Dalam Mengembangkan Lembaga Pendidikan Berbasis Pesantren Di Pesantren Al-Yasini Pasuruan. Jurnal Keislaman, 7(1), 195-210.
Marantika, N. (2020). Manajemen Humas Sekolah. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Masyhud. (2003). Manajemen Pondok Pesantren. Jakarta: Diva Pustaka.
Nabilla & Hanif. (2024). Kepemimpinan Demokratis dalam Pengembangan Pondok Pesantren Raudlatul Huda Tiparkidul. Global: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(1), 43-50.
Noor et al. (2023). Peran Kiai dalam Pengembangan Pendidikan Modern di Pondok Pesantren. At-Ta’dib, 18(1), 28-42.
Noviana, A. (2020). Effect of accountability, transparency of management amil zakat institutions and poverty alleviation of Muzakki trust. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(6), 199–208. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I6/S20201022
Nuryana, M. L. (2024). Implementasi Dan Transformasi Sistem Informasi Manajemen Di Era Digital. Jurnal Tahsinia, 5(9), 1325–1337.
Rismawati, R. (2024). Peran Sistem Informasi Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan. Jurnal Tahsinia, 5(7), 1099–1122.
Rohani. (2024). Transformasi relasi kyai dan santri dalam tradisi pesantren. Manarul Qur’an: Jurnal Ilmiah Studi Islam, 24(2), 24-42.
Rusmana, F. D. (2020). Pengaruh Penempatan Karyawan Terhadap Efektivitas Kerja Pada PT Agro Bumi. Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 15(2), 14–21.
Suharto. (2011). Dari Pesantren Untuk Umat. Surabaya: Imtiyaz.
Supriani, Y. (2022). Peran Manajemen Kepemimpinan dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 332–338. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v5i1.417
Supriani, Y. (2025). Pelatihan Pembuatan Minuman Sehat Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bakti Tahsinia, 3(1), 85–95.
Suryana, A. (2024). Dampak Penyaluran Zakat Produktif Dalam Bentuk Beasiswa Terhadap Mustahik Pada Lembaga Rumah Zakat. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(6), 6813–6822.
Syarifudin & Priyadi. (2023). Komparasi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kepemimpinan Kiai Di Pesantren Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 6(1), 1-7.
Tsauri & Wahidah. (2023). Strategi kepemimpinan entrepreneurship kiai dalam eskalasi kemandirian santri melalui pendidikan terpadu di pesantren. LEADERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 62-84.
Waluyo, A. H. (2024). Filsafat Perbedaan Dalam Konsep Yin-Yang. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 3(2), 24–29.
Zaelani, I. (2025). The Role And Implementation Of Zakat In The Development Of The Real Sector. International Journal Of Science Education and Technology Management (IJSETM), 4(1), 15–22.
Zakiya et al. (2023). Partisipasi Kiyai Dalam Pembuatan Kebijakan Dan Pengambilan Keputusan Sebagai Upaya Meningkatkan Disiplin Santri Di Pondok Pesantren. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 6006-6013.
Zohriah et al. (2025). Manajemen di Lembaga Pesantren. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 11(2), 8-20.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Zaini Hafidh, Deni Kadarsah, Nurdin Nurdin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.












